CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Macam-Macam Gagasan Utama

Mengenal Gagasan Utama Beserta Jenis-Jenisnya

Ilustrasi (Photo by istockphoto)

Pengertian Gagasan Utama

Gagasan menurut Wikipedia merupakan hasil dari pemikiran, sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diartikan sebagai rancangan yang tersusun di dalam pikiran; atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran.
Sementara itu, menurut ahli, pengertian gagasan utama adalah sebagai berikut:
-Nur Cholis, Hanif, dkk, (2007): gagasan utama adalah inti atau isi dari suatu bacaan.
-Tim Reality, (2008): gagasan utama adalah pembicaraan dalam satu paragraf.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan, gagasan utama atau yang populer juga disebut sebagai gagasan pokok adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan. Gagasan ini biasanya berupa kalimat dalam paragraf. Dengan kata lain, gagasan utama merupakan kalimat yang menjadi dasar dari sebuah penjelas atau pengembang dalam sebuah paragraf.

Gagasan utama dalam suatu paragraf mengandung informasi apa yang diinginkan penulis terhadap topik yang sudah ada, sebab topik tersebut adalah  inti pembicaraan. Gagasan utama berperan penting dalam paragraf karena setiap kalimat dalam paragraf harus mengacu dan berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap gagasan utamanya.

Ciri-Ciri Gagasan Utama

Adapun ciri-ciri gagasan utama antara lain, yaitu:

  • Mengandung topik permasalahan 
  • Dapat dijabarkan;
  • Dapat berdiri sendiri karena merupakan kalimat lengkap;
  • Memiliki arti atau makna yang jelas;
  • Merupakan sebuah kesimpulan paragraf jika terletak di bagian akhir paragraf

Fungsi Gagasan Utama

Secara umum, fungsi gagasan utama adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan pokok masalah yang ada di dalam bacaan. Pokok masalah dalam paragraf biasanya digambarkan secara abstrak pada kalimat utama.
  2. Mengetahui informasi yang ingin disampaikan oleh penulis
  3. Memudahkan pembaca memahami maksud bacaan yang ada dalam setiap paragraf.
  4. Kesimpulan dari semua kalimat yang membentuk paragraf.
  5. Sebagai bentuk satuan pikiran perasaan sehingga membentuk serangkaian kalimat yang tersusun secara logis.
  6. Sebagai batasan penulis dalam mengembangkan sebuah paragraf  Lalu, apa saja macam-macam paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya? Simak penjelasannya berikut ini, Sobat!

Macam-macam paragraf
 

Gagasan Utama Deduktif

Gagasan utama deduktif merupakan ide dan gagasan pada awal kalimat atau paragraf. Umumnya, deduktif terdiri dari pernyataan umum yang memiliki penjelasan khusus sehingga ketika gagasan ditempatkan pada awal kalimat maka penjelasan yang lebih khusus ada di kalimat-kalimat selanjutnya. 

Gagasan Utama Induktif

Gagasan utama induktif adalah paragraf yang meletakkan ide dan gagasannya di akhir kalimat dan penjelasan umum di bagian akhir. Dengan kata lain, induktif ini mengharuskan pembaca agar tertarik untuk membaca hingga akhir paragraf sehingga dapat menerima kesimpulan akhir yang dituju. 

Gagasan Utama Campuran
Gagasan utama campuran merupakan kombinasi dari dua metode paragraf deduktif dan induktif sehingga gagasan atau ide utamanya terletak pada bagian awal dan akhir paragraf. Meskipun gagasan atau ide paragraf dijelaskan dua kali dalam satu paragraf, bukan berarti kalimat penjelasannya berlawanan. Hal ini dilakukan untuk mempertegas gagasan utama di awal kalimat dalam paragraf

Contoh Gagasan Utama

Paragraf Deduktif 
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seseorang yang berperilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah perilaku sehat merupakan pilar utama

Paragraf Induktif
Dalam bekerja, keselamatan dan kesehatan adalah hal yang paling penting. Untuk itu, pengusaha diminta tetap memperhatikan keselamatan para pekerjanya. Di sisi lain, para pekerja juga harus mengutamakan keselamatan pada setiap kegiatan yang mereka lakukan. Peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja bukan hanya penting bagi pekerja, namun juga bagi masyarakat selaku konsumen.
Gagasan utama paragraf di atas adalah keselamatan dan kesehatan adalah hal yang penting dalam bekerja.

Paragraf Campuran
Sering terjadi pembakaran hutan pada lahan perkebunan memberikan dampak buruk. Dampak buruk tersebut bisa berupa tanah longsor. Bila dibiarkan dalam waktu lama, bisa terjadi banjir. Hal itu bisa terjadi karena kurangnya cadangan air tanah. Banyak sekali akibat yang ditimbulkan dari adanya pembakaran hutan. Oleh sebab itu, dampak buruk pembakaran hutan perlu diwaspadai
Gagasan utama paragraf di atas adalah dampak buruk pembakaran hutan.

 

Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

Writer: Ainuni Rahmita

Editor: Khusnia

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog