APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Macam-macam gerak: Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya

Apa yang dimaksud dengan gerak? Apa saja macam dan jenis gerak benda maupun tumbuhan? Bagaimana contohnya? Yuk Sobat, Kita bahas dalam artikel ini!

Photo by Sane Sodbayar on Unsplash

Halo, Sobat Pintar! Kira-kira maksud dari gambar di atas itu apa yah?  Nah ini merupkan contoh dari gerak benda loh, yaitu kendaraan yang berjalan. Tapi, kamu sudah tau belum, gerak benda itu apa sih?

Gerak adalah perpindahan atau pergeseran benda. Secara umum, benda dikatakan bergerak apabila terjadi perubahan posisi dari satu titik ke titik lain. Artinya, benda bergerak ketika posisinya berubah. Gerak pada benda terbagi menjadi tiga macam, yaitu berdasarkan bentuk lintasannya, acuan pengamatannya, dan sifat kecepatannya. Biar paham, yuk cari tahu, Sobat!

Gerak Benda Berdasarkan Bentuk Lintasan

Gerak lurus

Gerak lurus adalah gerak benda yang lintasannya berupa garis lurus. Contohnya, kendaraan yang berjalan, seperti motor, mobil, sepeda, kereta api yang melaju pada rel yang lurus, buah apel yang jatuh dari pohonnya, dan semua objek yang bergerak pada lintasan lurus.


(sumber: dribbble.com)

Gerak melingkar

Gerak melingkar adalah gerak benda yang terjadi pada lintasan melingkar dengan jari-jari di pusat lingkaran. Dalam hal ini, jarak dari pusat putaran adalah sama, hanya posisinya yang berubah. Sobat dapat melihat contoh gerak melingkar ketika melihat roda kendaraan yang bergerak melingkar pada porosnya, jarum jam analog, bianglala, bumi yang berotasi, dan baling-baling pesawat.


​​​​​​​(sumber: dribbble.com)

Gerak parabola

Gerak parabola adalah gerak yang dalam lintasannya membentuk parabola atau melengkung. Contohnya, pada meriam yang bisa meluncurkan peluru dan bola yang melambung ketika ditendang atau dilemparkan ke atas.


​​​​​​​(sumber: dribbble.com)

Gerak Benda Berdasarkan Acuan Pengamatan

Gerak semu

Gerak semu memberikan kesan kita sedang melihat benda bergerak. Misalnya, ketika sobat melihat pemandangan dari dalam pesawat yang bergerak seperti gambar dibawah ini.


​​​​​​​(sumber: dribbble.com)

Di dalam pesawat, tampak seperti kapal, awan, dan benda lain yang bergerak di luar. Faktanya, pesawatlah yang sedang bergerak. Sebagai contoh lain, kita melihat matahari dan benda langit lainnya seolah-olah bergerak mengelilingi bumi, tetapi bumi berputar pada porosnya sehingga mengelilingi matahari.

Gerak Relatif

Gerak benda  ini memiliki sifat-sifat yang bergantung pada posisi pengamatan atau titik acuan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


​​​​​​​(sumber: dribbble.com)

Ketika ada dua orang di posisi yang berbeda. Misalnya, Sintia  di dalam taxi dan Bella  di luar. Nah, jika acuannya adalah Bella, maka yang bergerak adalah Sintia. Di sisi lain, jika titik acuannya adalah Sintia, itu berarti yang sedang bergerak adalah Bella.

Gerak Benda Berdasarkan Sifat Kecepatan

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda dengan lintasan berupa garis lurus dengan kecepatan tetap. Contohnya seperti mobil atau motor yang berjalan lurus dengan kecepatan tetap atau stabil.


​​​​​​​(sumber: dribbble.com)

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan yaitu gerak suatu benda dengan lintasan berupa garis lurus dengan kecepatan yang berubah secara beraturan karena mengalami percepatan tetap. GLBB memiliki dua kemungkinan yaitu dipercepat atau diperlambat. Contohnya sepeda bergerak menuruni bukit.


​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​(sumber: mynes2.blogspot.com)

Wah ternyata banyak yah contoh gerak benda disekitar kita!  Nah sekarang menurutmu apakah tumbuhan juga bisa bergerak? Bagaimana gerakan pada tumbuhan? Ayo kita pelajari sistem gerak pada tumbuhan sobat!

Bagi tumbuhan, bergerak itu merupakan bentuk respon dalam menanggapi rangsangan atau disebut juga sebagai iritabilitas yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut, tetapi gerakan yang dilakukan sangat terbatas loh. Gerak pada tumbuhan itu dibagi menjadi tiga jenis gerak, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.

Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak yang disebabkan oleh adanya rangsangan yang berasal dari dalam. Contohnya terjadi pada kloroplas yang bergerak berkeliling (rotasi) di dalam sel yang disebut gerak siklosis. Gerakan tersebut muncul akibat dari pergerakan sitoplasma di dalam sel.

Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis adalah gerak pada tumbuhan akibat adanya perubahan kadar air dalam sel tumbuhan, sehingga menyebabkan penyusutan pada tumbuhan yang tidak merata. Pecahnya buah polong-polongan yang kering merupakan salah satu contoh gerak higroskopis. Selain itu, membukanya dinding sporangium (kotak spora) tumbuhan paku dan membukanya biji tumbuhan pinus.


​​​​​​​​​​​​​​(sumber: materikimia.com)

Gerak Esionom

Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan (lingkungan sekitar). Berdasarkan respons gerak yang dilakukan tumbuhan, gerak esionom dapat dibedakan menjadi gerak tropisme, gerak taksis, dan gerak nasti.

Tropisme

Gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dari luar disebut gerak tropisme. Gerak tropisme ini dibagi lagi menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme .
​​​​​​​-Fototropisme: gerak karena dipengaruhi oleh rangsangan cahaya.


​(sumber: aupdentata.com)

-Geotropisme: gerak karena rangsangan yang berupa gaya tarik bumi. Contohnya, tanaman jagung diletakkan pada posisi miring, batang menjadi bengkok dan tumbuh kembali menuju ke bawah.
​​​​​​​-Hidrotropisme: gerak rangsangan dari sumber air. Contohnya, pertumbuhan akar tanah yang selalu menuju ke sumber air.
​​​​​​​-Kemotropisme: gerak pada tumbuhan dengan rangsangan berupa zat kimia.
-Tigmotropisme: gerak dengan rangsangan berupa persinggungan. Contohnya, sulur markisa yang membelit dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.


(sumber: makeagif.com)

Taksis

Gerak pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber rangsangan. Taksis dapat dibedakan menjadi dua yaitu kemotaksis dan fototaksis.
​​​​​​​-Kemotaksis: gerak yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa zat kimia. Contohnya, gerakan spermatozoa tumbuhan lumut dan paku.
-Fototaksis: bergerak mendekati sumber cahaya. Contohnya, pada Euglena viridis yang bergeak ke arah cahaya.


​​​​​​​(sumber: gfycat.com)

Nasti

Gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu fotonasti, seismonasti, niktinasti, dan termonasti.
-Fotonasti: gerak nasti pada tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan berupa cahaya. Contohnya, bunga pukul empat (Mirabilis Jalapa) mekar setiap sore, bunga kembang sepatu yang mekar pada siang hari.


​​​​​​​(sumber: materikimia.com)

-Seismonasti: gerak dengan rangsangan berupa sentuhan. Contohnya, daun putri malu yang menguncup ketika disentuh, namun arah daunnya tidak mengikuti atau menjauhi arah sentuhan.


​​​​​​​(sumber: quizizz.com)

-Niktinasi: pergerakan daun tumbuhan karena adanya rangsangan berupa kondisi siang hari dan malam hari. Contohnya, menutupnya daun tumbuhan bunga merak dan daun tumbuhan lamtoro saat malam hari namun akan membuka saat siang hari.
-Termonasti: gerak karena adanya rangsangan berupa suhu. Contoh, mekarnya bunga tulip pada musim semi.


​​​​​​​(sumber: consumer-tkbdownload.huawei.com)

Sekarang kalian sudah tahu kan, macam-macam gerak pada benda dan tumbuhan. Nah, segitu dulu yah sobat. Jangan lupa untuk download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store, ya! Ada fitur Belajar Pintar yang bakal nemenin Sobat belajar di rumah. Simak juga artikel-artikel lainnya, yaa.

Writer: Alifya Nabila Subaedi
​​​​​​​Editor: Fifa Pransiska Indra Loseta

0
10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog