redesain-navbar Portlet

null

Blog

Manajemen Waktu: Seni dalam Memilah, Menentukan, dan Mengendalikan

Ketidakmampuan dan ketidakmauan mengatur waktu dapat membawa kesiaan dan kesialan.

manajemen waktu, Photo by JESHOOTS.com on Pexels

Manajemen waktu yang efektif sepertinya masalah semua orang. Iya nggak sih, Sobat? Tau kok, kalau ada tugas yang mesti dikelarin. Kita kan cuma mau santai sebentar. Dan sebentar itu berubah menjadi... seharian.

Akibatnya, ada waktu-waktu tertentu saat kita kelabakan menuntaskan tugas yang menumpuk. Kalau sudah begitu, yang ada justru kita dibuat frustrasi, kan? Nah, untuk menghindari masa-masa yang bikin bete seperti ini, ada baiknya kita tahu bagaimana cara mengatur waktu sebaik dan seefektif mungkin.

 

Pengertian Manajemen Waktu

cara memanage waktu

Photo by Pixabay on Pexels

Manajemen waktu adalah kemampuan kita untuk merencanakan dan mengendalikan alokasi waktu tertentu untuk mengerjakan kegiatan tertentu. Misalnya, kita akan menggunakan waktu 30 menit untuk olahraga di sore hari. Selama 30 menit tersebut, kita tidak akan menjawab telepon, membalas pesan singkat, atau main media sosial. Waktu yang telah direncanakan benar-benar kita gunakan untuk menuntaskan sesuatu yang sudah direncanakan, bukan untuk kegiatan yang lain.

 

Manfaat dan Fungsi Manajemen Waktu

manajemen waktu yang efektif

Photo by Mike on Pexels 

Mungkin ada yang tak setuju, "Olahraga kan bisa sambil sesekali lihat ponsel!" Eitts, dari sesekali melihat ponsel selama 30 menit berolahraga, lama-kelamaan kita bisa menghabiskan 15 menit untuk duduk dan sibuk membalas pesan, misalnya. Kalau sudah begitu, manajemen waktu kita jadi amburadul, deh.

Sebenarnya apa manfaat mengatur waktu dengan baik? Jika kita menyita 15 menit untuk membalas pesan, seperti pada contoh di atas, kita akan membutuhkan 15 menit tambahan untuk berolahraga. Artinya, ada 15 menit lagi alokasi waktu untuk kegiatan lain yang tersita. Atau, kita berolahraga selama 15 menit saja. Yang manapun itu, keduanya sama-sama bukan alternatif yang efektif.

Ingat, bukankah kita tak ingin lagi begadang mengejar deadline tugas yang menumpuk? Itulah sebabnya kita membutuhkan manajemen waktu yang efektif, Sobat Pintar.

 

Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Waktu

cara mengatur waktu

Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Tapi kenapa sampai sekarang pun rasanya tak mudah menemukan cara mengatur waktu yang baik? Ada beberapa kemungkinan kenapa kita masih kesulitan mengatur waktu, Sobat Pintar.

Kemungkinan pertama, kita belum mengenali ritme diri sendiri. Ada tipe orang early birds yang lebih suka membereskan tugas-tugasnya di pagi hari, saat badan, pikiran, dan udara masih segar. Ada pula tipe orang night owls yang lebih aktif dan kreatif di malam hari. Manajemen waktu yang efektif dapat dilakukan bila kita memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Kemungkinan kedua, kita belum memiliki prioritas. Ada beberapa tugas yang harus tuntas hari ini, ada pula yang bisa dikerjakan esok hari. Pada dasarnya, manajemen waktu adalah tentang kemahiran kita menentukan mana tugas yang lebih mendesak dan penting untuk dikerjakan.

Ada berbagai kemungkinan lain yang membuat kita kesulitan menemukan cara memanage waktu yang baik – entah disebabkan oleh jumlah tugas yang terlalu banyak, gangguan atau distraksi yang kelewat susah ditolerir, atau sebab-sebab yang lain.

 

Cara Manajemen Waktu yang Baik

©campuspedia.id

Kalau begitu, bagaimana agar kita bisa mengatur waktu dengan baik? Ada beberapa tips mengatur waktu yang bisa dicoba, Sobat. Pertama, misalnya, dengan membuat jadwal atau agenda di kalender. Nggak harus kalender dinding, kok. Coba cari organizer di ponselmu dan gunakan salah satu yang paling cocok buatmu. Dengan mengaktifkan reminder atau alarmnya, kegiatan kita bakal menjadi lebih teratur.

Cara mengatur waktu yang lain, misalnya, dengan menggolongkan kegiatan-kegiatan kita ke dalam empat kategori:

1. mendesak dan penting

2. tidak mendesak dan penting

3. mendesak dan tidak penting

4. tidak mendesak dan tidak penting

Tugas-tugas di kategori pertama harus dikerjakan sekarang. Pada kategori kedua, buat jadwal untuk mengerjakannya, dan seterusnya. Klasifikasi seperti ini dapat menghasilkan manajemen waktu yang efektif, Sobat.

 

Contoh Manajemen Waktu

tips mengatur waktu

Photo by Marko Klaric on Pexels

Olahraga, seperti pada contoh di awal, memiliki kategori tidak mendesak dan penting. Itulah sebabnya, kita membuat jadwal tiga kali seminggu, misalnya. Seberapa sering dan seberapa lama, dua variabel ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing.

Tugas akhir semester Bahasa Inggris yang harus dikumpulkan besok, misalnya, masuk dalam kategori penting dan mendesak. Entah sudah dikerjakan sejak jauh hari sebelumnya atau belum dikerjakan sama sekali, kita harus meluangkan waktu sekarang juga untuk memeriksa atau mengerjakan tugas itu.

Begitulah gambaran manajemen waktu yang efektif, Sobat Pintar. Pada praktiknya, tentu saja kita harus menyesuaikan dengan keadaan. Misalnya, jika ada telepon darurat saat kita berolahraga, Sobat tentu tahu mana yang harus didahulukan, bukan?

0
180

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet