redesain-navbar Portlet

null

Blog

Memilih Jurusan Kuliah: Tips Penting untuk Calon Mahasiswa

Ada cara jitu dan cermat memilih jurusan kuliah. 

Memilih Jurusan Kuliah, photo by Lilian Dibbern on Unsplash

Ketika orang tua memberimu kebebasan memilih jurusan kuliah, apakah Sobat Pintar masih bertanya-tanya, "Jurusan apa yang harus saya ambil?" Iya, sebagian kita memiliki kebebasan penuh untuk menentukan pilihan jurusan kuliah. On one side, it's cool isn't it? On the other side, it means a huge responsibility.

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Photo by Mary Taylor on Pexels

Boleh jadi orang tua memberi kita kebebasan untuk memilih jurusan kuliah, boleh jadi justru sebaliknya. Namun terlepas dari bagaimanapun keadaan yang dihadapi, setiap kita memang harus bisa menjawab pertanyaan masing-masing, "Jurusan apa yang harus saya ambil?" Untuk itu, kita perlu tahu trik terbaik dalam memilih jurusan kuliah nih, Sobat!

Lantas, bagaimanakah cara menentukan jurusan kuliah? Let's get to know three important tips down below.

Riset Jurusan Kuliah yang Jadi Incaran

Tak kenal, maka tak sayang. Tak sayang, maka tak dipilih. Begitu juga dengan jurusan kuliah. Misalnya, hasil dari tes kecocokan jurusan kuliah merekomendasikan Sistem Informasi. Kita bisa mulai dulu dengan mencari tahu semua hal tentang Sistem Informasi. Apa yang dipelajari di jurusan ini? Di mana kuliahnya? Bagaimana peluang masuknya?

Dengan kata lain, perbanyak informasi tentang kampus dan jurusan yang Sobat incar. Pastikan Sobat tahu betul apa yang akan dijalani selama kuliah dan bagaimana prospek masa depannya. Jadi ketika sudah menentukan jurusan kuliah, semestinya kita sudah mengenal betul seluk beluk jurusan tersebut. Jangan sampai beli kucing dalam karung, deh!

Ketahui Keadaan Alumni Jurusan itu Sekarang

Menjatuhkan pilihan jurusan berdasarkan rekomendasi hasil tes jurusan kuliah adalah cara menentukan jurusan kuliah yang cerdas. But, hold on there. Bagaimana prospek jurusan itu, Sobat?

Salah satu tips memilih jurusan kuliah adalah dengan mengetahui keadaan alumni jurusan itu sekarang. Ibu Menkeu Sri Mulyani, misalnya, meraih gelar Sarjana Ekonomi dari FE UI. Menkeu bisa menjadi salah satu gambaran peluang karier terbaik dari Jurusan Ilmu Ekonomi UI. Demikian pula dengan jurusan-jurusan lain.

Tiap-tiap jurusan kuliah memiliki prospek karier dan profesi yang berbeda satu sama lain. Lantas, apakah profesi itu yang Sobat cita-citakan – yang Sobat inginkan dan impikan? Dalam hal ini, perlu disadari bahwa menentukan jurusan kuliah adalah keputusan yang akan berdampak seumur hidup.

Belajar tentang Ilmu Ekonomi, misalnya, takkan berhenti setelah kuliah selesai. Kita akan terus belajar hal-hal baru di bidang Ekonomi selama bekerja. Amat disayangkan jika kita sampai merasa salah menentukan jurusan kuliah, kemudian berkarier pada bidang lain yang berbeda setelah lulus. It's going to feel like learning something new all over again.

Jadi, tak ada salahnya berhati-hati saat menentukan jurusan kuliah, bukan? Amat disayangkan bila harus menyia-nyiakan tahun-tahun kuliah yang penuh perjuangan dan cucuran keringat itu, Sobat.

Bidang Ilmu yang Terus Menarik untuk Dipelajari

Let's say, Sobat menyukai mata pelajaran Matematika. Saat ada satu soal yang belum terpecahkan, Sobat akan terus-menerus memikirkan bagaimana cara memecahkan soal tersebut – hampir-hampir terobsesi. Sebaliknya jika tidak suka Matematika, barangkali kita akan mengerjakan soal itu secara asal-asalan saja atau bahkan tak mengerjakannya sama sekali.

Contoh di atas bisa menjadi analogi sederhana tentang cara menentukan jurusan kuliah. Kuliah pada bidang ilmu yang disukai akan membuat kita terus bersemangat untuk belajar. Sebaliknya, jika tak memiliki ketertarikan yang cukup kuat pada bidang ilmu tersebut, boleh jadi kita akan menjalani kuliah dengan setengah hati.

Menyadari minat dan ketertarikan diri sendiri memang tips memilih jurusan kuliah yang cukup penting. Maka jika ada tes kecocokan jurusan kuliah, kenapa tak digunakan saja, Sobat?

 

Dengerin Podcast tentang Dilema Milih Jurusan

Selain ketiga tips di atas, apakah Sobat Pintar punya cara menentukan jurusan kuliah yang lain? Setiap kita tentu memiliki cara menentukan jurusan kuliah sendiri – yang tak harus sama. And it's okay because every one has their own priorities. But again, tes jurusan kuliah seperti Tes Penjurusan akan sangat membantu ketika kita bersikap cermat dan hati-hati dalam menentukan jurusan kuliah.

Going back to the question, "Jurusan apa yang harus saya ambil?" Sudah punya jawabannya, Sobat?

210

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Kunjungi Pameran