redesain-navbar Portlet

null

Blog

Mengenal Jenis Tulang Penyusun Rangka pada Sistem Gerak Manusia

Jenis Tulang dan Kerangka Pembentuk Tubuh Manusia

Photo by Danielle MacInnes on Unsplash

Anatomi tubuh manusia memiliki struktur yang sangat kompleks jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu contohnya adalah kerangka yang menyusun tubuh kita, Sobat. 

Ada organisme tingkat rendah yang lunak tanpa tulang, sedangkan kerangka manusia tersusun dari berbagai jenis tulang dengan berbagai bentuk yang disesuaikan dengan posisi dan fungsi masing-masing. Tulang pada tubuh kita yang tersusun secara rapi dan sistematis memberi bentuk tubuh yang proporsional dan memungkinkan kita untuk melangkah, menggenggam, mengunyah, berolah raga, dan bergerak bebas untuk beraktivitas. Bahkan ada jenis tulang khusus yang melindungi organ vital yang ada di dalam tubuh Sobat Pintar. 

Seperti apa susunan tulang penyusun rangka tubuh manusia? Langsung saja Sobat cermati gambar rangka manusia, jenis tulang penyusun rangka, dan juga fungsi rangka manusia berikut ini dengan teliti.

Picture by Openstax on Khan Academy

 

Rangka Aksial

Apa itu rangka aksial? Aksial berasal dari kata  “axis” yang memiliki makna pusat karena tulang aksial terletak di bagian tengah sebagai pusat tubuh kita. Rangka aksial merupakan bagian kerangka yang meliputi tulang penyusun kepala hingga keseluruhan tulang belakang vertebrata. Pada manusia, rangka aksial terdiri dari total 80 tulang. Rangka aksial memiliki fungsi sebagai pelindung organ vital dan penjaga postur tubuh.

Sumber: Training SEER

 

Rangka Apendikular

Rangka apendikular merupakan kerangka yang menyusun anggota gerak tubuh kita. Apendikular berasal dari kata “appendage” yang berarti sebagai bagian yang bergabung dengan sesuatu yang lebih besar. Rangka apendikular terdiri dari anggota gerak atas, anggota gerak bawah, dan tulang panggul. Pada manusia, rangka apendikular tersusun atas 126 tulang yang dapat digerakkan secara bebas.

Sumber: Training SEER

Sendi dan Pergerakan Tulang Manusia

Picture by Openstax on Khan Academy

Untuk mendukung pergerakan rangka dan menjaga agar rangka tetap melekat antara satu dengan yang lain dibutuhkan penghubung yang kuat tapi tetap elastis. Bagian penghubung antar tulang yang memiliki sifat kuat dan elastis tersebut kita sebut dengan istilah sendi. 

Sendi tersusun atas kartilago, ligamen, dan tendon. Kartilago berfungsi sebagai peredam ketika terjadi benturan dan mengurangi gesekan, ligamen berfungsi untuk menstabilkan sendi dan menjaga agar tulang tidak bergerak secara berlebihan di luar jangkauan, sedangkan tendon berfungsi sebagai penghubung antara kerangka atau alat gerak pasif dengan otot atau alat gerak aktif. 

Sementara itu, suture merupakan sendi yang tidak dapat digerakkan. Sendi kartilago yang berbentuk disk dan terletak di tulang belakang (vertebral disk) memiliki pergerakan yang terbatas. sedangkan sendi sinovial merupakan sendi yang dapat bergerak bebas.

 

Fungsi Tulang

Rangka merupakan bagian penting dari tubuh kita. Tanpa adanya sistem rangka manusia yang tersusun secara sistematis, tubuh kita akan lembek seperti siput dan kita tidak bisa berdiri tegak. Secara umum rangka berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tubuh sehingga manusia dapat berdiri tegak. Rangka juga berfungsi untuk memberi bentuk tubuh sehingga setiap individu memiliki ciri khasnya masing-masing. Pula, rangka berfungsi sebagai tempat melekatnya otot yang merupakan alat gerak aktif, sehingga setiap bagian tubuh dapat saling bekerja sama untuk bergerak bebas. Rangka pun berfungsi untuk melindungi organ vital yang rapuh seperti otak, jantung, dan paru-paru.

Ingin tahu lebih banyak tentang sistem gerak pada manusia? Penjelasan lengkap tentang sistem gerak bisa Sobat simak di fitur Belajar Pintar. Sobat Pintar jangan lupa download aplikasi Aku Pintar di Play Store atau App Store biar ada yang nemenin kalian belajar di rumah. Simak juga artikel Biologi lainnya tentang Bioteknologi, Siklus Air, dan Fotosintesis.

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet