APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mengenal Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Pola kalimat Present Continuous Tense dibagi menjadi dua, yakni verbal dan nominal.

Photo by Mark König on Unsplash

Simple Present Continuous itu salah satu tenses dalam Bahasa Inggris atau bukan, Sobat Pintar? Coba jawab dalam hati, iya atau tidak, sebelum lanjut baca bahasan materi Bahasa Inggris di bawah ini.

Saking banyaknya tenses dalam Bahasa Inggris, kita suka bingung tuh, “Present Continuous pakai to be is, am, are atau enggak sih?” Kadang kita juga bingung, “Kalimat Present Continuous pakai verb apa ya?” Di lain waktu, kita terheran-heran, “Loh, emang ada verb yang ga bisa ditambahi -ing?“

Nah, kira-kira kenapa ya, kok bisa kebingungan pas ditanya materi tenses, terutama Present Continuous Tense? Coba diingat-ingat lagi, Sobat, barangkali kita jarang mengerjakan latihan soal Present Continuous Tense, apalagi menggunakannya. Makanya, yuk kita sama-sama belajar mengenai pengertian, rumus, fungsi, contoh kalimat, dan jenis kata kerja yang tidak bisa ditambahi -ing di belangkangnya.

 

Tentang Present Continuous Tense

fungsi present continuous tense
Photo by Pixabay on Pexels

Present Continuous Tense dikenal juga sebagai Present Progressive Tense. Present Continuous Tense adalah suatu bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menggambarkan tindakan yang sedang berlangsung saat ini.

Tense ini disusun dengan menggabungkan bentuk present dari kata kerja 'to be' dengan present participle (bentuk -ing) dari kata kerja utama. Ciri-ciri Present Continuous Tense biasanya ditandai dengan keterangan waktu: sekarang/saat ini, (now/right now), saat ini (at the moment), bulan ini (this month), tahun ini (this year), masih (still), dan lain sebagainya.

Untuk mengenali bahwa sebuah kalimat merupakan Present Continuous Tense atau Present Progressive Tense, ada beberapa ciri yang bisa kita amati. Salah satu ciri-ciri Present Continuous Tense adalah kalimat tersebut menggunakan to be (is, am, are) dan kata kerja dasar + ing (Verb-ing).

Lebih lanjut, Present Continuous Tense atau Present Progressive Tense terbagi menjadi dua pola kalimat, yaitu verbal Present Continuous dan nominal Present Continuous Tense. Eitsss.. kita harus hati-hati menganalisis pola kalimat verbal dan nominal loh, Sobat Pintar. Jangan sampai salah, ya!

 

Rumus dan Pola Kalimat Present Continuous Tense 


Photo by Thirdman on Pexels

Pola kalimat verbal dan nominal di atas terkait dengan rumus Present Continuous Tense, Sobat. Jika pola kalimatnya verbal, kita menggunakan to be (is, am, are) diikuti dengan kata kerja bentuk dasar + ing atau Verb-ing. Sedangkan jika pola kalimatnya nominal, kita harus menambahkan tobe (is, am, are) + being setelah subjek. Untuk penjelasan yang lebih rinci, mari perhatikan gambar Present Continuous Tense di bawah ini. 


© Aku pintar 

 

Contoh-Contoh Kalimat Verbal dan Nominal dalam Present Continuous Tense 

contoh present continuous tense
Photo by Pixabay on Pexels

Langsung lihat contoh kalimat yang menggunakan keterangan waktu Present Continuous Tense yuk, Sobat! Di bawah ini contoh Present Continuous Tense dalam pola kalimat verbal.

I am going to the cinema right now

We are listening to the radio

I am not sitting on your seat 

Are you cooking fried rice right now?

Is she reading my message right now? 

Bagaimana dengan pola kalimat nominal? Ini dia, contoh Present Continuous Tense dalam pola kalimat nominal.

I am being happy now

Dinda is not being so mad because of this

You are not being a boss in this class

Are you being so rude to the new comer?

 

Fungsi Present Continuous Tense 

soal present continuous tense
Photo by Eden Constantino on Unsplash

Buat apa sih, kita menyusun kalimat dalam bentuk present progressive? Ada beberapa fungsi Present Continuous Tense yang perlu kita ketahui, Sobat.

Fungsi Present Continuous Tense yang pertama adalah untuk mendeskripsikan tindakan yang sedang terjadi. Contoh kalimat Present Continuous Tense:

You are using the laptop.

You are studying Math. 

Kedua, fungsi Present Continuous Tense adalah untuk mendeskripsikan tindakan yang sedang terjadi dalam suatu periode waktu atau tren/kebiasaan baru. Contoh kalimat Present Continuous Tense:

Are you still working for the same company?

People are reading online news these days.

Fungsi yang ketiga yaitu untuk menyatakan tindakan yang terjadi saat pembicaraan. Contoh kalimat Present Continuous Tense:

Sasa is spending so much money this month.

 

Kata Kerja yang Tidak Bisa Ditambahkan -ing 

ciri ciri present continuous tense
Photo by mk. s on Unsplash

Ternyata ada beberapa kata kerja yang tidak bisa ditambahi -ing loh, Sobat. Apa aja kata kerja yang tidak dapat digunakan dalam bentuk present progressive tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Verbs of Thought

Verbs of thought merupakan jenis kata kerja yang menyatakan pendapat atau pikiran seseorang, seperti appreciate, recognize, agree, believe, expect, remember, know, forget, see, suppose, dan understand. Contoh Present Continuous Tense:

She is not believing anyone else except her mother. (SALAH)

She does not believe anyone else except her mother. (BENAR)

Verbs of Sense

Verbs of sense adalah jenis kata kerja yang berhubungan dengan panca indera, seperti feel, notice, taste, dan smell. Contoh Present Continuous Tense:

This cupcake is tasting sweet and sour. (SALAH)

This cupcake tastes sweet and sour. (BENAR)

Verbs of Emotion

Verbs of emotion adalah kata kerja yang menyatakan perasaan dan berkaitan dengan emosi seseorang, seperti admire, fear, like, prefer, need, want, dan wish. Contoh Present Continuous Tense:

Hamida needs some advice. (BENAR) 

Hamida is needing some advice. (SALAH)

Verbs of Possession

Verbs of possession adalah jenis kata kerja yang menyatakan kepemilikan, seperti have/has, own, owe, dan possess. Contoh Present Continuous Tense:

He owns a house. (BENAR)

He is owning a house. (SALAH)

 

Latihan Soal Present Continuous Tense

1. Your father …… to his friend on the phone right now.

A. are talking 

B. talks 

C. talked 

D. is talking


2. Look! The students……. football in the field now.

A. are playing 

B. is playing 

C. played 

D. plays 


3. Sasa: What are the girls doing?

Dinda : They ….….. card.

A. is playing 

B. plays 

C. are playing 

D. played 


4. She’s …… beautiful song in front of the class now.

A. sing 

B. to sing 

C. singing 

D. sings 


5. ………… you listening to me now?

A. is 

B. am 

C. are 

D. do

Balik ke pertanyaan di awal. Kalau begitu, Simple Present Continuous memang salah satu tenses dalam Bahasa Inggris atau bukan? Jawabannya bukan, Sobat. Ada Simple Present Tense yang digunakan untuk menyatakan kebiasaan, kebenaran umum, atau fakta yang berlaku. Simple Present Tense menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi secara berulang, tidak terkait dengan waktu lampau atau masa depan.

Sedangkan yang baru saja selesai kita bahas, Sobat Pintar, adalah Present Continuous Tense atau Present Progressive Tense. Fokus bentuk kata kerja dan keterangan waktu Present Continuous Tense adalah pada periode waktu tertentu ketika aksi sedang berlangsung.

 

 

Penulis: Nur Hamidatul Mauidloh
Penyunting: Deni Purbowati

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog