APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Mesti Gimana setelah Gagal SNBP?

Tidak lolos SNBP memang bukan hal yang menyenangkan, tetapi masih ada hal penting yang harus dilakukan berikutnya.

Photo by Francisco Moreno on Unsplash

Penyebab gagal SNBP itu, jujurly, lebih susah disebutkan daripada penyebab kita putus sama doi. Gimana enggak susah, Sobat Pintar. Ada beragam variabel yang menentukan lolos tidaknya kita di SNBP. Udah gitu, kita enggak bisa juga main tunjuk salah satu faktor dari sekian penentu itu.

Enggak terima dengan kenyataan itu boleh-boleh aja – bertanya-tanya kenapa kok sampai tidak lulus SNBP. Emangnya faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan SNBP? Terus, bagaimana jika gagal SNBP? Habis itu kita mesti ngapain?

 

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Gagal SNBP?

jika tidak lulus SNBP apa yang harus dilakukan
Photo by Mag Pole on Unsplash

Kalau diingat-ingat lagi, apa sih sebenarnya yang bikin SNBP 2023 bukan jalanmu masuk kuliah? Sekali lagi, sebenarnya cukup sulit buat nunjuk ini atau itu penyebab gagal SNBP. Boleh jadi salah satu faktor di bawah ini turut menentukan kenapa seseorang bisa gagal SNBP.

1. Persiapan yang Kurang Baik

Sebenarnya informasi mengenai proses, persyaratan, sampai tata cara SNBP 2023 sudah banyak tersedia dan dapat diakses dengan mudah. Bapak Ibu guru di sekolah juga pasti dengan senang hati mau membantu bila kita menanyakan apa pun seputar SNBP. Namun dengan semua kehebohan di masa SNBP itu, barangkali ada persyaratan yang luput sehingga memengaruhi penilaian seleksi di PTN.

2. Persyaratan Akademik Tidak Terpenuhi

Namanya saja jalur prestasi, maka seleksi calon mahasiswa baru dilaksanakan berdasarkan prestasi, terutama, akademik. Meskipun lolos dalam seleksi sekolah, nilai rapor yang tidak lolos dalam seleksi di PTN dapat menjadi penyebab gagal SNBP. Ingat, seluruh anak kelas XII yang eligible dari Sabang sampai Merauke berhak mengikuti SNBP 2023. Kamu juga tak pernah benar-benar tau siapa saja yang mendaftar di jurusan maupun PTN pilihanmu. Yang pasti, peserta dengan nilai rata-rata rapor yang tidak memenuhi standar tidak akan lolos dalam SNBP.

3. Kurang Prestasi Nonakademik

Nilai rapor mungkin memang sudah memenuhi persyaratan, tetapi bagaimana dengan prestasi di luar kelas? Keaktifan berorganisasi maupun prestasi-prestasi nonakademik lainnya memiliki daya tarik yang tak kalah penting dibandingkan nilai rapor bagi PTN. Jika porsi kegiatan ekskul terbilang kurang, boleh jadi itu menjadi penyebab gagal SNBP.

4. Tingkat Keketatan Masuk yang Tinggi

Setiap jurusan kuliah memiliki jumlah peminat dan daya tampung yang berbeda-beda. Kita memang bisa memperkirakan keketatan jurusan dari jumlah peminat tahun lalu dibandingkan dengan daya tampung di SNBP 2023. Namun saat mendaftar, kamu tak pernah benar-benar tau berapa banyak peserta SNBP yang memiliki pilihan jurusan dan PTN sama dengan pilihanmu. Jumlah pendaftar yang lebih banyak dari jumlah kursi yang tersedia juga membuat persaingan semakin ketat. Persaingan yang ketat bisa menjadi faktor penentu yang menyebabkan gagal SNBP meskipun prestasimu sudah cukup bagus.

 

Jika Tidak Lulus SNBP, Apa yang Harus Dilakukan?

apakah peserta lolos SNBP bisa ikut mandiri
Photo by Adam Jicha on Unsplash

Selain faktor-faktor di atas, barangkali masih ada penyebab lain yang menyebabkan gagal SNBP. Merasa sedih, kecewa, sampai terpuruk? Pasti, dong. Enggak apa-apa kok, merasakan semua itu.

Namun jangan sampai keterusan merasa terpuruk kalau kamu pengin masuk kuliah di PTN tahun ini juga – enggak pakai entar. Putar otak dahulu, jika tidak lulus SNBP apa yang harus dilakukan?

Bila ditanya, jika gagal SNBP apa bisa ikut SNBT? Pasti jawabannya bisa, Sobat. Pendaftaran SNBT saat ini masih terus dibuka sampai tanggal 14 April 2023 nanti. Cara daftar SNBT setelah tidak lulus SNBP itu gampang, kok. Kamu tinggal login lagi ke laman SNPMB menggunakan akun SNBP-mu. Lengkapi biodata, pilih menu Pendaftaran UTBK-SNBT, kemudian lakukan pembayaran.

Terus gimana kalau kamu lolos SNBP? Apakah peserta SNBP bisa ikut UTBK? Buat peserta SNBP yang sudah lolos dan diterima di jurusan dan PTN yang dituju, kalian enggak lagi diperbolehkan mengikuti UTBK-SNBT. Apalagi SNBP dan SNBT itu terintegrasi, jadi besar kemungkinan bakal ketahuan juga bila tetap nekat mengikuti SNBT setelah lolos di SNBP.

Bagaimana dengan Seleksi Mandiri? Apakah peserta lolos SNBP bisa ikut Mandiri? Sebenarnya peserta Mandiri itu enggak dibatasi, Sobat. Bahkan kalau lolos SNBT sekalipun, kamu boleh-boleh saja mengikuti Seleksi Mandiri.

Namun jika kamu sudah lolos di SNBP, pertimbangkan baik-baik bila akan mengikuti Mandiri. Pasalnya, rekam jejak kakak tingkat di suatu jurusan maupun PTN melalui SNBP boleh jadi berdampak pada peluang lolosnya adik kelas di jalur tersebut. Sekali lagi, memang sulit memastikan faktor penentu peluang lolos di SNBP. Namun justru karena itulah, bukankah sebaiknya kita memperhitungkan dengan cermat setiap kemungkinan agar lolos di SNBP – dan enggak menjadi penyebab buat adik kelas tidak lolos SNBP?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog