APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Jalur-Jalur Pendaftaran di Berbagai PTN Selain SNBP dan SNBT (Part 1)

Ada beberapa jalur seleksi yang bisa ditempuh untuk masuk PTN.

Photo by Oleksandr Pidvalnyi on Pexels

Jalur pendaftaran PTN selain SNBP dan SNBT ada ga, sih? Tentu ada dong, Sobat Pintar. Mungkin selama ini kamu fokus banget mengikuti SNBP atau SNBT. Enggak ada salahnya loh, menjaga nilai rapor tetap bagus dan belajar sungguh-sungguh demi UTBK. Namun sebenarnya peluangmu masuk PTN itu enggak cuma lewat SNBP atau SNBT.

Udah ada yang pernah bilangin kamu belum sih, kalau ada macam-macam jalur masuk perguruan tinggi negeri? Oke, SNBP (dahulu SNMPTN) dan SNBT (dahulu SBMPTN) memang menjadi jalur masuk PTN yang cukup populer, tetapi jalur-jalur masuk kuliah selain keduanya. Apa aja tuh?

jalur pendaftaran PTN selain SNBP dan SNBT
Photo by Debby Hudson on Unsplash

1. Seleksi Mandiri

Kamu pasti udah kenal sama jalur masuk PTN selain SNMPTN dan SBMPTN yang satu ini, kan? Iya, ini adalah Jalur Mandiri atau Seleksi Mandiri. Biasanya jalur ini dipilih saat peserta SNBP ataupun SNBT enggak lulus di jalurnya masing-masing. Seleksi Mandiri sering menjadi tumpuan terakhir masuk PTN impian.

Nah, apa sebenarnya Seleksi Mandiri itu? Seleksi Mandiri adalah proses penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri secara mandiri. Karena dikelola secara mandiri, jalur pendaftaran PTN selain SNBP dan SNBT ini tidak bisa disamakan antara satu dengan lainnya. Boleh jadi persyaratan dan proses seleksi di PTN X berbeda dari syarat dan proses yang berlaku di PTN Y.

Dalam pelaksanaan Seleksi Mandiri, setiap PTN memiliki kewenangan untuk menetapkan ketentuan seleksinya masing-masing. Ada PTN yang menggunakan nilai UTBK untuk menyeleksi calon mahasiswanya. Ada pula PTN yang menyelenggarakan tes sebagai proses seleksi. Boleh jadi ada PTN yang membuka jalur-jalur masuk kuliah dengan ketentuan yang berbeda-beda sekaligus. Misalnya, bukan tak mungkin sebuah PTN membuka Seleksi Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK, tes, dan seleksi melalui nilai rapor ataupun prestasi nonakademis.

Pastinya, Seleksi Mandiri bakal menjadi salah satu jalur masuk PTN 2023. Namun karena tiap-tiap kampus punya hak independen dalam proses seleksinya, kamu harus teliti memeriksa syarat dan ketentuan Seleksi Mandiri yang kamu pilih ya, Sobat.

jalur masuk kuliah 2023
Photo by Alexandra Fuller on Unsplash

2. SIPENCATAR

Tau ga sih, Sekolah Kedinasan itu statusnya perguruan tinggi negeri, loh. Suatu institusi pendidikan tinggi disebut PTN bila didirikan dan dikelola oleh pemerintah. Nah, Sekolah Kedinasan itu didirikan dan dikelola oleh pemerintah untuk membina dan mencetak sumber daya manusia yang dibutuhkan bagi pemerintahan. Beberapa Sekolah Kedinasan yang cukup terkenal antara lain Akademi Kepolisian, Akademi Militer, Sekolah Tinggi Intelijen Negara, dan lain-lain. Terus, apakah masuk Sekolah Kedinasan (atau disebut juga Perguruan Tinggi Kedinasan) bisa menjadi salah alternatif jalur masuk kuliah 2023 buatmu, Sobat?

Jawabannya tergantung kamu sendiri, Sobat Pintar. Kalau kamu memang bercita-cita masuk Sekolah Kedinasan, maka SIPENCATAR memang wajib menjadi salah satu jalur masuk PTN 2023 buatmu. SIPENCATAR adalah kependekan dari Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni.

Asal kamu tau, mahasiswa di Sekolah Kedinasan biasa disebut dengan Taruna dan Taruni. Buat kalian yang akan kuliah di Sekolah Kedinasan, SIPENCATAR adalah jalur masuk kuliah selain SNBT yang tak kalah menantang dibandingkan UTBK. Enggak kayak SNBT yang seleksinya melalui UTBK saja, seleksi Sekolah Kedinasan berlangsung dalam beberapa tahapan. Kamu harus lulus dari satu tahap tes terlebih dahulu, baru kemudian bisa mengikuti tahap tes selanjutnya.

jalur rapot selain snmptn
Photo by Debby Hudson on Unsplash

3. SPAN PTKIN

Udah kenal sama SPAN PTKIN, Sobat Pintar? SPAN PTKIN adalah singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Nah, jalur masuk kuliah 2023 apa lagi, nih?

Boleh dibilang, SPAN PTKIN itu adalah jalur rapot selain SNMPTN. Kamu tentu tau SNMPTN/SNBP adalah jalur masuk kuliah yang seleksinya berdasarkan prestasi. Nah, SPAN PTKIN juga sama, Sobat. SPAN PTKIN juga menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi, khususnya akademik. Bedanya dari SNBP, SPAN PTKIN diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri yang berada di bawah Kementerian Agama seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), maupun Universitas Islam Negeri (UIN).

Apakah kamu bisa mengikuti SPAN PTKIN? Tentu saja bisa, Sobat Pintar. Jalur undangan kuliah ini bisa diikuti oleh siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mua'dalah Salafiyah. Jalur masuk perguruan tinggi 2023 ini membuka pendaftaran siswa mulai 16 Februari 2023 sampai 4 Maret 2023. Jika ingin mengikuti SPAN PTKIN, konsultasikan terlebih dahulu dengan sekolah karena pihak sekolah harus mengikuti prosedur yang sama seperti pada SNBP.

Nah, Sobat Pintar, kamu mau mengikuti pendaftaran universitas jalur apa saja? Selain tiga jalur pendaftaran di atas, masih ada jalur-jalur pendaftaran masuk kuliah yang lainnya. Jalur apa saja untuk masuk kuliah yang masih belum disebutkan di sini? Bakal kita lanjutin di part 2, ya!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog