PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via epiphanylaw.com

Online Scholarship Competition, Beasiswa Kuliah di PTS Ini Menunggumu

Informasi Beasiswa

Siapa bilang kuliah di PTS butuh biaya lebih besar dibanding PTN? Kalau kamu sudah memantapkan hati memilih PTS, jangan mundur karena alasan biaya. Sebabnya, sudah ada Online Scholarship Competition (OSC) yang dapat membantu meringankan biaya kuliahmu di PTS. Asyik gak, tuh? Mari cari tahu lebih banyak tentang beasiswa ini.

 

Beasiswa untuk Pendidikan Tinggi

OSC ditawarkan buat pelajar SMA/ MA/ SMK yang duduk dikelas 12 pada tahun ajaran 2018/2019. Tapi bila sudah lulus SMA/ MA/ SMK dan belum kuliah, kamu masih bisa mencoba mendaftar untuk beasiswa ini. Pendaftaran OSC tahun 2018 sudah dibuka sejak tanggal 30 Agustus kemarin dan akan ditutup pada 2 November 2018. Yup, ini berarti kamu masih punya waktu untuk mengikuti seleksinya.

 

PTS dan OSC

Tak seluruh PTS di Indonesia, OSC ke-4 pada tahun 2018 ini terbatas pada 18 PTS di tujuh kota di Jawa dan Sulawesi. PTS-PTS tersebut ialah Universitas Fajar Makassar, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Universitas Atma Jaya Jakarta, President University, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Gajayana Malang, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Maranatha, Telkom University, Institut Teknologi Nasional (Itenas), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Trisakti, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Mercu Buana, dan Universitas Gunadarma. Setiap kampus bekerjasama dengan Medcom.id sebagai penyelenggara kompetisi beasiswa daring ini.

 

Ratusan Beasiswa

Dari 18 PTS diatas, masing-masing kampus memiliki kuota 20 mahasiswa penerima beasiswa untuk hampir semua jurusan atau program studi. Total 360 beasiswa yang diperebutkan tersebut bernilai Rp 30 M. Penerima beasiswa akan sepenuhnya terbebas dari uang pendaftaran, uang pangkal, uang gedung, hingga uang kuliah tunggal selama empat tahun. Setiap kampus akan menerapkan persyaratannya masing-masing, misalnya syarat IPK minimal 3,5 tiap semester pada Univesitas Atma Jawa Jakarta.

 

Seleksi OSC

Oke, kamu memenuhi persyaratan awal untuk memperoleh OSC. Salah satu perguruan tingginya juga menjadi kampus pilihanmu untuk kuliah. Dan rasa-rasanya, kamu bakalan sanggup memenuhi persyaratan kampus. Jadi kapan nih, kamu bisa mulai mengikuti seleksinya?

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, pendaftaran OSC telah dibuka pada 30 Agustus 2018 dan akan ditutup pada 2 November 2018. Kamu tinggal buka website pendaftarannya di osc.medcom.id dan mengikuti instruksi di laman tersebut – namanya saja sudah Online Scholarship Competition.

Masih satu tema dengan namanya, tes beasiswanya juga dilakukan online dimana kamu akan mengerjakan 50 soal pilihan ganda selama 120 menit pada tanggal 4 November 2018. Hasil tes ini akan diumumkan pada 9 November 2018, menyisakan 150 calon penerima beasiswa pada setiap kampus yang dapat mengerjakan tes dengan nilai paling tinggi dalam waktu yang paling singkat.

150 orang ditiap kampus ini kemudian akan mengikuti seleksi berkas pada tanggal 20 November 2018. Pengumuman seleksi berkas dilakukan pada tanggal 7 Desember 2018, menyisakan 70 calon penerima beasiswa pada setiap kampus.

Seluruh proses diatas dilakukan secara online, dan pada tes offline tanggal 19 Desember 2018 kamu harus bertolak ke Jakarta dengan biaya sendiri. Malam harinya, penerima OSC sejumlah 360 orang akan diumumkan.

 

Persiapan Seleksi OSC

Kamu siap mengikuti semua proses diatas? Pastikan kamu mengisi data diri lengkap pada laman pendaftaran. Scan data diri yang ada, bisa berupa Kartu Pelajar atau KTP. Selain memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi, sediakan alamat email dan akun media sosial – belum terlambat untuk mempertimbangkan nama email yang baik dan memeriksa ulang apa isi akun medosmu.

Dalam proses pendaftaran ini, kamu hanya berhak memilih satu PTS dengan 2 jurusan atau program studi. Pilihan jurusan pada urutan pertama diartikan sebagai prioritas utama, jadi pikirkan baik-baik sebelum mengurutkan, ya.

Bila lolos pada seleksi pertama, kamu akan menerima formulir data diri yang akan dikirim ke emailmu. Pada saat ini, kamu harus sudah siap dengan scan raport kelas 10 dan 11, surat pengantar dari sekolah, surat keterangan kelakuan baik, dan surat keterangan bebas narkoba. Pada seleksi berkas ini, pihak kampus yang telah kamu pilih akan menilai stabilitas prestasi akademikmu berdasarkan raportmu.

Masih ada yang belum jelas? Langsung aja, kamu bisa mengunjungi laman https://osc.medcom.id/. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Lebih masukan Blog

Ketahui 5 Info Penting tentang Sea Undergraduate Scholarship

Tahu Shopee, kan? Atau bahkan kamu pernah bertransaksi di Shopee? Nah, yang punya Shopee ini,...

Paramedik Veteriner, Jurusan Kesehatan Hewan

Tentunya kamu tahu profesi perawat yang bekerja di rumah sakit, bukan? Bagaimana dengan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru