redesain-navbar Portlet

null

Blog

Paling Diminati: 10 Jurusan Favorit di UGM (Universitas Gadjah Mada)

Membidik jurusan favorit di SBMPTN berarti membutuhkan persiapan yang lebih baik.

Jurusan Favorit di UGM, photo by Mediamodifier on pixabay

Kenapa kita perlu tahu jurusan favorit di UGM? Did you know, Sobat? Semakin banyak peminat suatu jurusan, semakin ketat persaingan lolos SBMPTN di jurusan tersebut. Apalagi di universitas negeri sekaliber UGM, tentu lebih berat lagi perjuangan lolos SBMPTN-nya.

Tambahan pula, UGM merupakan universitas negeri dengan jumlah pendaftar atau peminat terbanyak pada SBMPTN 2020 (62.507 orang). Nah, makin kepo dong, apa saja jurusan IPA IPS di UGM yang paling banyak peminat pada SBMPTN 20020?

 

1. Kedokteran

Tak perlu heran kalau Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan masih menjadi fakultas favorit di UGM. Jurusan Kedokteran di fakultas ini diserbu oleh 3.565 pendaftar, dengan 62 saja calon mahasiswa baru yang diterima. Dengan keketatan ini, Kedokteran memang bukan jurusan UGM yang mudah dimasuki.

Tak hanya menjadi jurusan favorit di UGM, Kedokteran juga menorehkan skor rerata UTBK terbaik nasional (642,53). Bukan passing grade yang bisa dilewati dengan persiapan UTBK ala kadarnya, Sobat. Meskipun begitu, who knows, boleh jadi jurusan terbaik di UGM ini masih dibanjiri peminat pada SBMPTN tahun depan.

 

2. Farmasi

Farmasi menjadi runner up fakultas favorit di UGM pada rumpun Saintek. Total daya tampung Jurusan Farmasi mencapai 240, dengan 84-nya untuk jalur SBMPTN. Meskipun bukan jurusan yang jarang diminati di UGM, keketatan masuk Farmasi masih lebih rendah ketimbang keketatan Kedokteran.

 

3. Teknologi Informasi

Jurusan Saintek di Universitas Gadjah Mada dengan peminat banyak berikutnya adalah Teknologi Informasi. Salah satu jurusan di Fakultas Teknik ini semakin diminati banyak calon mahasiswa baru seiring dengan semakin meleknya kesadaran akan pentingnya Teknologi Informasi di era digital.

Ingin tahu berapa daya tampung jurusan ini, Sobat? Total daya tampungnya 100 kursi saja, dengan 35-nya untuk jalur SBMPTN. Walaupun kuota SBMPTN-nya hanya mencapai puluhan, ternyata Teknologi Informasi bukanlah jurusan yang sedikit peminatnya di UGM.

 

4. Teknik Sipil

Teknik memang salah satu fakultas favorit di UGM. Selain Teknologi Informasi, masih ada Teknik Sipil yang dibanjiri peminat. Anyway, Teknik Sipil cukup difavoritkan di manapun kampusnya. Wajar saja jika Teknik Sipil hampir tak pernah menjadi jurusan UGM yang sepi peminat.

Universitas Gadjah Mada menyediakan kuota 150 mahasiswa baru pada tahun akademik 2020/2021. Sobat Pintar bisa menebak berapa kuota SBMPTN-nya? Iya, di kisaran 50-an, tepatnya 53.

 

5. Kedokteran Gigi

Bukan hanya Kedokteran UGM yang diminati banyak calon mahasiswa baru, tapi Kedokteran Gigi juga punya banyak fans. Jurusan Saintek ini menyediakan total daya tampung sebanyak 150 mahasiswa baru, dengan 53-nya untuk jalur SBMPTN.

 

6. Psikologi

Di rumpun Soshum, apa fakultas favorit di UGM? Psikologi juaranya, Sobat. Bahkan Universitas Gadjah Mada menyediakan daya tampung terbesar untuk Jurusan Psikologi. Total daya tampung jurusan favorit di UGM ini mencapai 225 (ini terbanyak di rumpun Soshum UGM), dengan 79-nya untuk jalur SBMPTN.

 

7. Hukum

Justru aneh kalau Hukum menjadi jurusan di UGM yang sepi peminat. Karena di manapun kampusnya, Hukum hampir selalu dibanjiri peminat. Jadi, tak perlu ditanya lagi seberapa banyak peminat Hukum di Universitas Gadjah Mada.

Untuk penerimaan mahasiswa baru 2020, Hukum UGM telah menyiapkan 330 total daya tampung. Kuota SBMPTN-nya juga cukup banyak, mencapai 116 kursi. Namun mengingat statusnya sebagai salah satu jurusan favorit di UGM, persiapan SBMPTN-mu harus benar-benar matang ya, Sobat.

 

8. Manajemen

Manajemen memang bukan jurusan Soshum yang paling difavoritkan di Universitas Gadjah Mada. Akan tetapi, Manajemen termasuk jurusan dengan keketatan masuk yang cukup tinggi. Ada 3.119 pendaftar pada SBMPTN 2020. Dan dari ribuan peminat tersebut, hanya 47 yang diterima. Definitely, ini salah satu jurusan favorit di UGM!

 

9. Ilmu Komunikasi

Selain menjadi jurusan favorit di UGM, Ilmu Komunikasi juga menjadi jurusan Soshum terketat di UGM. Dari 2.205 pendaftar, hanya 27 saja calon mahasiswa baru yang lulus SBMPTN dan diterima sebagai mahasiswa baru Ilmu Komunikasi UGM. As a matter of fact, total daya tampung jurusan ini tak banyak (hanya 75 kursi).

 

10. Akuntansi

Menarik bahwa Akuntansi UGM menyediakan total daya tampung lebih besar jika dibandingkan dengan total daya tampung Manajemen. Universitas Gadjah Mada menyediakan 150 kursi mahasiswa baru untuk Akuntansi, 20 kursi lebih banyak daripada Manajemen. Kuota SBMPTN pada Akuntansi juga lebih banyak daripada Manajemen, yaitu mencapai 53 kursi.

 

Itulah jurusan-jurusan di UGM dengan jumlah peminat terbanyak pada SBMPTN 2020. Bukan berarti jurusan-jurusan tersebut untuk dihindari karena ketatnya persaingan masuk. Tapi apapun pilihan jurusan IPA IPS di UGM, kitanya yang harus punya persiapan yang baik agar diterima di jurusan terbaik di UGM versi kita masing-masing. What do you say, Sobat?

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
wow ugm keren :o
00

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp