redesain-navbar Portlet

Blog

photo via careersblog.warwick.ac.uk

Pentingnya Jurusan Ini bagi Umat Manusia: Meteorologi

Cari Tahu Jurusanmu

Udah berapa lama kamu tinggal di Indonesia? Apa yang kamu ketahui tentang iklim dan cuaca tempat tinggal kita ini? Pernahkah kamu memikirkan tentang perubahan iklim global dan dampaknya pada tempat tinggal kita yang berada di area khatulistiwa? Dan sempatkah kamu memperhatikan tentang berbagai peristiwa alam, seperti gelombang tinggi, angin kencang, banjir, tanah longsor, bahkan hujan es?

Jangan berpikir iklim tempat tinggal kita hanya kemarau dan hujan. Sudah terjadi banyak anomali cuaca dalam beberapa tahun terakhir ini meskipun istilah anomali sendiri masih diperdebatkan dikalangan akademisi. Dan salah satu bidang akademik yang mempelajari tentang iklim dan cuaca pada seluruh lapisan atmosfer bumi adalah Meteorologi.

 

Jurusan Meteorologi

Tak hanya mempelajari tentang prakiraan cuaca, berada di Jurusan Meteorologi, kamu akan belajar tentang dinamika dan konsep iklim dan cuaca, termasuk di wilayah tropis. Terkait dengan anomali cuaca yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan belajar tentang dampak perubahan iklim, terutama pada kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi. Ilmu yang penting banget, bukan?

Selama kuliah di Jurusan Meteorologi, kamu akan belajar tentang Ilmu Statistika, Kimia, Fisika, Pengamatan Udara, Komputasi Meteorologi, Prakiraan Cuaca, Analis Cuaca, dan sebagainya. Kamu juga akan melakukan observasi Meteorologi permukaan, Meteorologi udara atas, dan lain-lain hingga akhirnya kamu juga akan terlatih untuk melakukan prakiraan Meteorologi penerbangan, maritim, serta berbagai bentuk pelayanan umum terkait dengan Meteorologi.

Sayangnya, perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Meteorologi masih terbatas saat ini, yaitu Universitas Halu Oleo, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung. ITB sendiri memiliki kerjasama dengan Badan Meteorologi dan Geofisika, LAPAN, Universitas Tokyo, Tohoku University, BPPT, PT Rekayasa Industri, Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Kelautan dan Perikanan, BAPPENAS, Departemen Pertanian, LIPI, WWF, WALHI, bahkan Greenpeace.

 

Prospek Kerja Jurusan Meteorologi

Setelah menyelesaikan kuliah di Jurusan Meteorologi, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengetahui dan memprediksi kecenderungan gejala-gejala cuaca. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kemampuan ini tentunya berdampak pada pada kehidupan manusia. Ini berarti, kamu juga memiliki peluang kerja pada berbagai bidang, seperti:

  • Pemerintahan, di Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, RISTEK, LIPI, atau instansi sejenis sebagai analis cuaca
  • Akademik, menjadi staff pengajar di perguruan tinggi
  • Pertanian, bersama dengan pakar ilmu tanah, agronomi, dan hidrologi mempelajari tentang dampak iklim dan cuaca pada pertumbuhan tanaman, penggunaan air, perkembangan hewan dan tumbuhan, hasil pertanian, keseimbangan ekosistem, serta bagaimana makhluk hidup di bumi mempengaruhi iklim dan cuaca
  • Penerbangan, memahami bagaimana cuaca mempengaruhi jadwal penerbangan dan lalu lintas udara
  • Militer, berupa riset dan aplikasinya untuk kepentingan militer, seperti keterkaitan cuaca dengan taktik strategi ataupun keamanan penerbangan pesawat dan kapal militer
  • Hidrometeorologi, berkaitan dengan siklus hidrologi, statistik hujan, suplai air, ramalan cuaca, hujan dan salju besar, akumulasi kuantitatif presipitasi, lokasi berpotensi banjir, dan lain-lain
  • Maritim, terkait dengan peramalan gelombang laut dan angin untuk operasi kelautan dan perkalapan

Pastinya, setelah menyelesaikan kuliahmu, kamu takkan bertanya-tanya lagi kenapa cuaca tiba-tiba berubah sekejap dari hujan menjadi panas terik, misalnya. Kamu juga bisa menemukan penjelasan ilmiah tentang pengetahuan pertanian tradisional yang diturunkan oleh nenek moyang atau kenapa daerah tertentu memiliki arsitektur yang khas. Dan yang penting, pengetahuanmu tentang berbagai gejala alam dapat membantu meminimalisir dan menanggulangi dampak bencana alam.

Jadi, apakah Meteorologi adalah jurusan yang akan kamu pilih? Jika jawabanmu iya, Analis Perubahan Iklim atau Peneliti Atmosfer dan Luar Angkasa hanyalah sebagian profesi menarik yang bisa kamu tekuni nantinya.

Lebih masukan Blog

Lihat yang Tak Tampak: Mikrobiologi

Mungkin kamu udah enggak penasaran lagi sama berbagai jenis satwa dan tumbuhan, apalagi kalau...

Geologi, Jurusan yang Membawamu Kembali ke Bumi dengan Penghasilan Selangit

Mungkin kamu sudah akrab dengan Geografi, matapelajaran yang sudah kamu peroleh dibangku...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka