APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Pentingnya Jurusan Ini bagi Umat Manusia: Meteorologi

Jarang dilirik, Meteorologi adalah jurusan yang sebenarnya penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Udah berapa lama kamu tinggal di Indonesia, Sobat Pintar? Apa yang kamu ketahui tentang iklim dan cuaca tempat tinggal kita ini? Pernahkah kamu memikirkan tentang perubahan iklim global dan dampaknya pada tempat tinggal kita yang berada di area khatulistiwa? Sempatkah kamu memperhatikan tentang berbagai peristiwa alam, seperti gelombang tinggi, angin kencang, banjir, tanah longsor, bahkan hujan es?

Jangan berpikir iklim tempat tinggal kita hanya kemarau dan hujan. Sudah terjadi banyak anomali cuaca dalam beberapa tahun terakhir ini meskipun istilah anomali sendiri masih diperdebatkan dikalangan akademisi. Nah, salah satu bidang akademik yang mempelajari tentang iklim dan cuaca pada seluruh lapisan atmosfer bumi adalah Meteorologi.

 

Jurusan Meteorologi


Photo by NOAA on Unsplash

Tak hanya mempelajari tentang prakiraan cuaca, berada di Jurusan Meteorologi, kamu akan belajar tentang dinamika dan konsep iklim dan cuaca, termasuk di wilayah tropis. Terkait dengan anomali cuaca yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan belajar tentang dampak perubahan iklim, terutama pada kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di bumi. Ilmu yang penting banget, bukan?

Selama kuliah di Jurusan Meteorologi, kamu akan belajar tentang Ilmu Statistika, Kimia, Fisika, Pengamatan Udara, Komputasi Meteorologi, Prakiraan Cuaca, Analis Cuaca, dan sebagainya. Kamu juga akan melakukan observasi Meteorologi permukaan, Meteorologi udara atas, dan lain-lain hingga akhirnya kamu juga akan terlatih untuk melakukan prakiraan Meteorologi penerbangan, maritim, serta berbagai bentuk pelayanan umum terkait dengan Meteorologi.

Sayangnya, perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Meteorologi masih terbatas saat ini, yaitu Universitas Halu Oleo, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Teknologi Bandung. ITB sendiri memiliki kerjasama dengan Badan Meteorologi dan Geofisika, LAPAN, Universitas Tokyo, Tohoku University, BPPT, PT Rekayasa Industri, Kementerian Lingkungan Hidup, Departemen Kelautan dan Perikanan, BAPPENAS, Departemen Pertanian, LIPI, WWF, WALHI, bahkan Greenpeace.

 

Prospek Kerja Jurusan Meteorologi


Photo by NOAA on Unsplash

Setelah menyelesaikan kuliah di Jurusan Meteorologi, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengetahui dan memprediksi kecenderungan gejala-gejala cuaca. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kemampuan ini tentunya berdampak pada pada kehidupan manusia. Ini berarti, kamu juga memiliki peluang kerja pada berbagai bidang, seperti:

- Pemerintahan, di Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, RISTEK, LIPI, atau instansi sejenis sebagai analis cuaca

- Akademik, menjadi staff pengajar di perguruan tinggi

- Pertanian, bersama dengan pakar ilmu tanah, agronomi, dan hidrologi mempelajari tentang dampak iklim dan cuaca pada pertumbuhan tanaman, penggunaan air, perkembangan hewan dan tumbuhan, hasil pertanian, keseimbangan ekosistem, serta bagaimana makhluk hidup di bumi mempengaruhi iklim dan cuaca

- Penerbangan, memahami bagaimana cuaca mempengaruhi jadwal penerbangan dan lalu lintas udara

- Militer, berupa riset dan aplikasinya untuk kepentingan militer, seperti keterkaitan cuaca dengan taktik strategi ataupun keamanan penerbangan pesawat dan kapal militer

- Hidrometeorologi, berkaitan dengan siklus hidrologi, statistik hujan, suplai air, ramalan cuaca, hujan dan salju besar, akumulasi kuantitatif presipitasi, lokasi berpotensi banjir, dan lain-lain

- Maritim, terkait dengan peramalan gelombang laut dan angin untuk operasi kelautan dan perkalapan

Pastinya, setelah menyelesaikan kuliah, kamu takkan bertanya-tanya lagi kenapa cuaca tiba-tiba berubah sekejap dari hujan menjadi panas terik, misalnya. Kamu juga bisa menemukan penjelasan ilmiah tentang pengetahuan pertanian tradisional yang diturunkan oleh nenek moyang atau kenapa daerah tertentu memiliki arsitektur yang khas. Yang tak kalah penting, pengetahuanmu tentang berbagai gejala alam dapat membantu meminimalisir dan menanggulangi dampak bencana alam.

Jadi, apakah Meteorologi adalah jurusan yang akan kamu pilih? Kamu bisa menggunakan Minat Pintar agar mendapatkan jawaban yang tepat, Sobat.

Rangkaian tes Minat Pintar akan memandumu menemukan jurusan kulilah yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jika kuliah Meteorologi adalah jawaban yang kamu peroleh, maka analis perubahan iklim atau peneliti atmosfer dan luar angkasa hanyalah sebagian profesi menarik yang bisa kamu tekuni nantinya.

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog