PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Sekolah Kedinasan di Indonesia, photo via poltekip.ac.id

Perlu Tahu: 13 Sekolah Kedinasan di Indonesia – Part 1

Sekolah Kedinasan juga sama menariknya dengan PTN maupun PTS.

Saat sebagian besar kawan-kawanmu berlomba-lomba lolos SNMPTN, SBMPTN, bahkan Seleksi Mandiri PTN, sebagian lagi ada yang mengikuti Seleksi Mandiri PTS, adakah diantara kalian yang tertarik pada sekolah kedinasan? Sudah tahu belum, apa saja sekolah atau perguruan tinggi kedinasan yang ada di negara kita? Baiklah, Aku Pintar berbagi 13 sekolah kedinasan berikut ini.

 

1. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD, dibawah Kementerian Perhubungan, merancang pendidikan berbasis vokasi dibidang transportasi darat. Lima program studi yang ditawarkan di sekolah ini yaitu D2 Penguji Kendaraan Bermotor (BKP), D2 Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (LLASDP), D3 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, D3 Perkeretaapian, dan D4 Transportasi Darat.

 

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

STPI juga berada dibawah Kementerian Perhubungan. Bedanya dari STTD, sudah pasti STPI mendidik calon-calon ahli dibidang penerbangan. Anyone wants to be a pilot?

 

3. Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (POLSTAT STIS)

Dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sekolah kedinasan ini bisa jadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan buat Sobat Pintar yang sedang duduk dikelas IPA. POLSTAT STIS menawarkan dua program, yaitu D3 Statistika dan D4 Statistika. Lebih jauh, program D4-nya memiliki dua peminatan, yaitu Komputasi Statistik serta Ekonomi dan Sosial Kependudukan.

Lulusan program D3 POLSTAT STIS bergelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat.) dan alumni program D4-nya bergelar Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.). Jika nantinya memiliki salah satu gelar ini, bisa dipastikan Sobat Pintar handal dalam merencanakan dan melakukan penelitian, merencanakan dan mengembangkan sistem informasi, maupun melakukan analisis dibidang ekonomi dan sosial.

 

4. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Sekolah kedinasan dibawah Kementerian Keuangan ini cukup difavoritkan banyak pelajar – are you one of them? PKN STAN menawarkan program D1 Pajak, D1 Kepabeanan dan Cukai, D1 Kebendaharaan Negara, D3 Akuntansi, D3 Pajak, D3 Kepabeanan dan Cukai, D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, D3 Penilai/ Pajak Bumi dan Bangunan, serta D4 Akuntansi.

 

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Bisa ditebak STIN berada dibawah lembaga pemerintah yang mana? Iya, sekolah kedinasan ini dikelola oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Ada dua program S1 yang ditawarkan STIN, yaitu Agen Intelijen dan Analis Intelijen. Did you watch one of spy movies? Well, there's no need further explanation for being an agent or analyst, is it? So, which one do you prefer?

 

6. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengelola sekolah kedinasan ini. STSN layak dipertimbangkan bila Sobat Pintar memiliki minat pada perkembangan teknologi informasi maupun integritas untuk menjaga keamanan informasi negara kita. Pastinya, STSN menerima calon mahasiswa dari kelas IPA. Lihat saja program D4 yang ditawarkan di sekolah ini: Keamanan Siber, Manajemen Persandian dan Teknik Persandian yang terbagi pada bidang Teknik Kripto, Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi, Rekayasa Perangkat Keras Kripto, dan Rekayasa Perangkat Lunak Kripto.

 

Itulah enam sekolah kedinasan di Indonesia. Do you expect 13 schools? No worries, let's discuss the rest in the next post. (to be continued...)

Lebih masukan Blog

Confessions of a Shopaholic: Bukan tentang Film

Seberapa besar uang saku yang Sobat Pintar terima setiap kalinya? Berapapun itu, tetap saja...

Perlu Tahu: 13 Sekolah Kedinasan di Indonesia – Part 2

Masih tentang sekolah kedinasan ya, Sobat Pintar. We've discussed six schools in the...

Menambah Komentar

R
ragah fikri 6 Bulan Lalu
dimana IPDN
Harap sign in untuk melanjutkan.
Dwi Putri Khairun Nisak 5 Bulan Lalu
pendaftaran STIS atau STMKG kapan kak?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru