redesain-navbar Portlet

Blog

Persiapan Guru Sebelum Mengajar Kembali di Kelas Tatap Muka Saat Pandemi

10 Hal yang harus disiapkan guru sebelum pertemuan tatap muka (PTM) diberlakukan

Foto oleh Bilal Moazzam dari Pexels

Mengajar kembali secara tatap muka setelah sekian lama melakukan pembelajaran jarak jauh memerlukan persiapan yang tidak sedikit. Kondisi pandemi yang belum juga berakhir membuat Guru Pintar harus melakukan persiapan ekstra sebelum mengajar. Dalam situasi seperti sekarang ini Guru Pintar tidak hanya dituntut untuk mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran dengan matang, tetapi juga persiapan lainnya terkait dengan kegiatan preventif penularan virus kepada warga sekolah terutama para siswa yang rentan terserang virus COVID-19.

Pertemuan tatap muka terbatas atau PTMT sudah mulai diberlakukan. Apa sajakah yang harus dipersiapkan oleh Guru Pintar dan juga sekolah supaya kegiatan belajar berjalan dengan aman dan lancar.

1. Vaksin

Persiapan Guru Sebelum Mengajar Kembali di Kelas Tatap Muka Saat Pandemi
Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Selain menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin, persiapan guru sebelum mengajar tatap muka terbatas adalah melakukan vaksin 2x seperti yang sudah dianjurkan oleh pemerintah. Kenapa hal ini penting untuk dilakukan? Tentu saja sebagai salah satu upaya supaya Guru Pintar memiliki kekebalan terhadap virus Covid 19 ini. Selain itu, orang tua akan merasa tenang jika mengetahui semua Guru yang mengajar anak-anaknya sudah mendapatkan vaksin.

2. Persiapan Mental

Beberapa orang mungkin termasuk Guru Pintar mengalami rasa takut keluar rumah atau bertemu dengan banyak orang. Hal pasti juga dirasakan oleh siswa dan orang tua karena pandemi Covid-19 yang masih melanda dan menyebabkan kecemasan. Persiapan mengajar yang harus dilakukan sebelum Guru Pintar kembali mengajar di kelas harus menyiapkan mental supaya tidak dilanda kepanikan yang berlebihan sehingga dapat membuat siswa merasa ketakutan.

3. Menyiapkan Bahan Ajar

Perlengkapan guru dalam mengajar baik sebelum pandemic dan selama pandemic harus dipersiapkan dengan baik. Sebelum memulai pembelajaran, Guru Pintar wajib menyiapkan materi dan bahan ajar yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang digunakan saat pandemic. Hal itu akan sangat berguna supaya pembelajaran berlangsung secara tepat dan lebih terarah.

4. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Persiapan sebelum mengajar yang juga sangat penting adalah menentukan tujuan pembelajaran. Hal ini sangat berguna saat mengajar di kelas sebagai pedoman dalam proses penyelenggaraan pembelajaran. Dengan tujuan yang jelas, Guru Pintar dapat merancang pembelajaran yang nantinya dapat mendukung tercapainya tujuan tersebut.

5. Membangkitkan Minat Belajar Siswa

Persiapan mengajar yang tak kalah penting adalah merencanakan kegiatan yang dapat membangkitkan minat siswa dalam belajar. Setelah berbulan-bulan lamanya pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, beberapa siswa mungkin merasa jenuh dan kehilangan minat dalam belajar. Selain memberikan motivasi, Guru Pintar dapat mencoba teknik-teknik mengajar yang menarik sehingga siswa lebih bersemangat belajar.

6. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Perangkat pembelajaran guru yang harus tersedia sebelum mengajar adalah rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rancangan pembelajaran yang akan menggambarkan langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas. Dalam hal ini setiap guru harus membuat satu RPP untuk setiap satu materi seperti biasanya. RPP sangat bermanfaat  untuk membuat kegiatan pembelajaran terstruktur. RPP tidak hanya memuat langkah-langkah pembelajaransaja. Sebuah RPP juga memuat kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode belajar yang akan diterapkan, media pembelajaran yang akan digunakan serta intrumen penilaian yang akan diberikan.

7. Membuat Media Pembelajaran

Kegiatan guru dalam pembelajaran di kelas akan lebih bermakna jika didukung oleh tersedianya media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang Guru Pintar persiapkan akan membantu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Guru Pintar tidak harus membuat media yang canggih atau terbaru. Membuat media pembelajaran yang baik harus dimulai dengan empati, melihat kendala apa yang siswa hadapi, setelah itu membuat purwarupa dan melakukan uji coba. Setelah mendapatkan feedback, Guru Pintar dapat memperbaiki sehingga media pembelajaran menjadi lebih sempurna.

8. Merancang Strategi dan Metode Pembelajaran

Keberhasilan kegiatan guru dalam pembelajaran salah satunya bergantung pada strategi dan metode pembelajaran yang digunakan. Sebelum kembali mengajar secara tatap muka, Guru Pintar harus mempersiapkan strategi dan juga metode apa yang akan digunakan saat pembelajaran berlangsung. Dalam menentukan strategi dan metode pelajaran yang tepat harus memperhatikan karakter siswa di kelas. Usahakan strategi dan metode yang akan diterapkan mampu memfasilitasi semua siswa dalam belajar.

9.  Merancang Perangkat Penilaian

Hal lain yang harus Guru Pintar persiapkan sebelum mengajar adalah bagaimana Guru Pintar akan melakukan penilaian dari kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat kegiatan pembelajaran tatap muka masih dilakukan secara terbatas yang membuat ruang gerak siswa dan guru juga tidak sebebas sebelumnya, kegiatan penilaian harus dirancang dengan matang supaya tepat pada sasaran.

10. Mempersiapkan Ruang Kelas


Foto oleh Max Fischer dari Pexels

Persiapan pembelajaran yang terakhir adalah mempersiapkan kelas. Hiasi kelas dengan dekorasi yang menarik dan dapat membuat siswa bersemangat belajar. Setelah sekian lama tidak belajar di sekolah, siswa pasti sangat merindukan belajar di kelas. Hal penting selain dekorasi kelas adalah tata letak bangku dan peralatan lain di kelas. Mengingat semua siswa dan juga guru harus menjaga jarak, usahakan bangku-bangku diberi jarak sehingga tidak memicu kerumunan.

Persiapan sebelum mengajar sangatlah penting karena sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Persiapan yang dilakukan guru juga menentukan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Terlebih di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. Sangat penting bagi Guru Pintar untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna.

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet