APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

PNS, Satu-Satunya Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan?

Ketahui apa saja prospek pekerjaan bagi Sarjana Ilmu Pemerintahan.

Photo by Yassin Nur Fadhilah on Unsplash

Kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan tak jarang menjadi pilihan bagi sebagian orang yang tertarik untuk menjadi PNS. Harus diakui, prospek kerja Ilmu Pemerintahan sebagai PNS adalah iming-iming yang sulit untuk ditepis.

Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Apakah kamu juga bercita-cita bekerja dalam sistem pemerintahan dengan status sebagai PNS? Apakah kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan memang cocok buatmu? Yuk sini, kita kepoin semua tentang Jurusan Ilmu Pemerintahan.

 

Kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan

universitas yang ada jurusan ilmu pemerintahan
Photo by The Jopwell Collection on Unsplash

Mungkin kamu bertanya-tanya, Jurusan Ilmu Pemerintahan termasuk fakultas apa? Di sebagian besar kampus, baik negeri maupun swasta, Ilmu Pemerintahan biasanya merupakan salah satu program studi yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Sebelum menyandang gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP.), ada banyak mata kuliah yang harus kamu tamatkan terlebih dahulu. Di Universitas Diponegoro, misalnya, mata kuliah kepemerintahan yang wajib dituntaskan selama kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan antara lain:

Studi kependudukan

Teori Politik

Manajemen Strategis

Manajemen Networking

Analisis Politik Indonesia

Kebijakan Anti Korupsi

Politik Hukum Indonesia

Etika politik, dll.

Beda kampus, beda pula kurikulumnya. Undip, misalnya, menawarkan dua konsentrasi Sarjana Ilmu Pemerintahan, yaitu Manajemen Politik dan Pemerintahan serta Analisis Kebijakan. Perbedaan mata kuliah keduanya adalah sebagai berikut.

Manajemen Politik dan Pemerintahan

Manajemen Program Pembangunan

Politik Perdesaan

Perilaku Politik Indonesia

Politik Perkotaan

Politik Gender (Politik Identitas)

Analisis Kebijakan

Teknik Analisis Kebijakan

Kebijakan Sosial (Perbandingan Politik Lokal)

Analisis Kebijakan Infrastruktur (Ekopol Kebijakan Pembangunan)

Politik Ketenagakerjaan (Masyarakat Sipil dan Pembangunan)

Politik Pertanahan

Penting untuk mengetahui minat dan kemampuanmu terlebih dahulu, Sobat, sebelum menentukan pilihan kampus tempat kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan. Kamu bisa menggunakan Tes Kecerdasan Majemuk untuk memahami di bidang apakah kemampuan terbaikmu, sehingga dapat menemukan titik temu antara apa yang dipelajari selama kuliah dan bidang pekerjaanmu nantinya.

 

Kampus-Kampus Terbaik untuk Belajar Ilmu Pemerintahan

kuliah jurusan ilmu pemerintahan
Photo by Zayyinatul Millah on Unsplash

Oke, terus pilihanmu kuliah Jurusan Ilmu Pemerintahan itu di mana aja, sih? Asal kamu tau, Sobat, Jurusan Ilmu Pemerintahan itu ada di hampir semua universitas. Banyak banget pilihan kampusnya! Biar kamu enggak bingung mesti mulai dari mana melihat kurikulumnya, ini dia referensi universitas yang ada Jurusan Ilmu Pemerintahan dengan akreditasi A dan Unggul.

1. Universitas Muhammadiyah Makassar

2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

3. Universitas Islam Riau

4. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD

5. Universitas Palangka Raya

6. Universitas Langlang Buana

7. Universitas Muhammadiyah Jember

8. Universitas Riau

9. Universitas Brawijaya

10. Universitas Diponegoro

11. Universitas Muhammadiyah Malang

12. Universitas Padjadjaran

13. Universitas Hasanuddin

14. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Prospek Kerja Ilmu Pemerintahan

gaji jurusan ilmu pemerintahan
Photo by Visual Karsa on Unsplash

Kamu masih nanyea, apakah Jurusan Ilmu Pemerintahan bisa jadi PNS? Sudah disebutkan di awal, prospek kerja Ilmu Pemerintahan sebagai PNS adalah impian sebagian orang. Kalau impianmu memang bekerja dalam sistem pemerintahan dengan status sebagai PNS, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan ini, Sobat Pintar.

Untuk menjadi seorang PNS, kamu harus mengikuti seleksi CPNS terlebih dahulu. Setelah lolos seleksi, statusmu adalah CPNS selama beberapa waktu sampai akhirnya dilantik menjadi PNS. Pegawai Negeri Sipil dengan gelar Sarjana Ilmu Pemerintahan biasanya termasuk Golongan III. Menurut Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2000, Golongan III terdiri dari:

- IIIA (Penata Muda)

- IIIB (Penata Muda Tingkat 1)

- IIIC (Penata)

- IIID (Penata Tingkat 1).

Sebagai PNS, Jurusan Ilmu Pemerintahan gajinya berapa? Gaji Jurusan Ilmu Pemerintahan, berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2019, pada Golongan III adalah sebagai berikut.

- IIIA: Rp2.579.400,00 - Rp4.236.400,00

- IIIB: Rp2.688.500,00 - Rp4.415.600,00

- IIIC: Rp2.802.300,00 - Rp4.602.400,00

- IIID: Rp2.920.800,00 - Rp4.797.000,00

Selain bekerja sebagai aparatur negara, lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan kerja apa lagi, sih? Memangnya apa saja pekerjaan di pemerintahan?

Banyak banget lowongan kerja Jurusan Ilmu Pemerintahan, Sobat! Sarjana Ilmu Pemerintahan dapat bekerja sebagai aktivis LSM, jurnalis, anggota DPR dan DPRD, anggota parpol, pejabat pemerintah daerah, dosen, dan masih banyak lagi. Kementerian, lembaga, dan biro pemerintah sendiri membutuhkan birokrat di bidang administrasi, perencanaan, pelaksanaan program, maupun pengawasan. Nah, apakah salah satu prospek kerja Ilmu Pemerintahan ini menarik buatmu, Sobat Pintar?

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog