redesain-navbar Portlet

null

Blog

Produktif Selama Pandemi: Pelajari 6 Skills Ini

Banyak skill baru yang bisa dipelajari selama harus tinggal di rumah untuk karantina mandiri.

Produktif Selama Pandemi, image via www.vox.com

Belajar dari rumah membuat kita harus pandai-pandai mengatur waktu. Ada tugas-tugas dari guru atau dosen yang harus dituntaskan, ada pekerjaan di rumah yang harus dikerjakan, dan kita pun masih membutuhkan waktu untuk istirahat.

Namun disela kesibukan di rumah, kita masih bisa memanfaatkan waktu ini untuk belajar mengembangkan skill baru, Sobat. Let's see, apakah salah satu skill berikut ini menarik untuk dipelajari lebih jauh?

 

1. Blogging

Writing is rewarding. Memang kegiatan ini tidak untuk setiap orang. Tapi bila Sobat Pintar suka menulis, membuat coretan-coretan di kertas, kenapa tidak mencoba memulai blogging saja sekarang?

Temukan topik yang Sobat sukai, kemudian mulailah menulis. It may be patchy for a while, but it's okay. It takes practice to improve your writing, indeed. Dan selama waktu pandemi yang tak menentu seperti ini, bukankah lebih baik jika kita menjadi lebih produktif dengan menulis di rumah?

 

2. Edit Foto

Suka otak-atik gambar? Banyak yang bisa dipelajari disini ini, Sobat! Photoshop is a good starter. Ingin menggunakan software lain? It's a good idea!

 

3. Edit Video

Adakah Sobat Pintar yang bercita-cita menjadi YouTuber? Video editing menjadi salah satu skill penting yang wajib dikuasai bila Sobat memiliki minat pada bidang ini. Ada banyak pilihan software untuk mulai belajar video editing, beberapa diantaranya yaitu iMovie, Adobe Premier, ataupun Final Cut Pro.

Berawal dari video editing, kita bisa belajar lebih lanjut tentang efek visual film, bahkan animasi. Sudah pernah mencobanya, Sobat?

 

4. Memasak

Memasak juga menjadi skill yang perlu dipelajari? Tepat sekali, Sobat. Meskipun tampak sepele, kita semua perlu memiliki skill penting ini. Ingin tahu kenapa? Ya, karena makan adalah salah satu kebutuhan dasar hidup kita sebagai manusia.

Let's look further. Bukan pada masa sekarang ketika kita masih bisa membeli makanan matang atau siap menyantap makanan yang dihidangkan di rumah. Bagaimana bila suatu ketika kita berada pada keadaan yang mengharuskan kita memasak sendiri? We don't know yet for sure what kind of situation it will be. But we'd better get prepared for such occasion.

 

5. Berkebun

Berkebun juga memiliki fungsi sebagai pemenuhan kebutuhan dasar hidup. Bagaimana kita bisa mematangkan makanan jika bahannya tak ada? Lantas, apakah kita harus belajar bertani selama pandemi ini berlangsung?

If you're interested in farming, why not? Hidroponik bisa menjadi alternatif pertanian bila tak ada lahan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari tentang cara bercocok tanam secara hidroponik, Sobat. It will take your time, for sure. Atau, Sobat lebih suka berkebun di taman halaman rumah saja?

 

6. Bahasa Pemrograman

Bagi Sobat Pintar yang lebih tertarik pada bahasa pemrograman komputer, sekarang saat yang tepat untuk mendalami ilmu ini. Tak seperti belajar bahasa asing yang masih membutuhkan orang lain untuk mempraktekkan komunikasinya, belajar bahasa pemrograman dapat dilakukan sendiri ketika kita harus menjalani social distancing seperti sekarang.

Sama seperti ketika kita mempelajari materi pelajaran biasa, bahasa pemrograman komputer juga perlu dipelajari secara bertahap. Gunakan forum-forum terbuka online bila Sobat merasa memerlukan bantuan dari orang-orang yang lebih menguasai bidang ini.

 

We don't know for sure how long this pandemic will last. Maka sembari menjalani karantina mandiri, ada baiknya bila kita tetap produktif, bukan? Jadi, kegiatan produktif apa yang sudah Sobat kerjakan hingga saat ini?

0
90

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp