redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tetap Produktif Selama di Rumah: 5 Tips Belajar untuk UTBK 2020

Sambil menunggu jadwal UTBK dari LTMPT, produktivitas tetap dapat dijaga dengan belajar dan berlatih soal.

Tips Belajar untuk UTBK, image via www.additudemag.com

Dalam rangka social distancing, yang kemudian menjadi physycal distancing, UNBK juga ditiadakan. Maka wajar bila UTBK juga mengalami perubahan. Hingga kini, LTMPT masih belum menentukan tanggal pasti ujian. Considering the two types of distancing above, it's quite unacceptable for tens of us to sit in a room taking a test.

Tapi Sobat Pintar yang harus masuk kuliah tahun ini, tak ada pilihan lain selain melanjutkan pendidikan, bukan? Jadi, sambil tetap di rumah, kita harus mempersiapkan diri menghadapi UTBK, bukan? Nah, bagaimana tipsnya agar kita tetap positif dan semangat menunggu UTBK ditengah segala ketidakpastian ini?

 

1. Tentukan Prioritasmu: Tugas atau Waktu

Saat belajar di sekolah, kita terikat dengan jam sekolah. Whatever we do, or not, we have to be at school from morning to afternoon. Tapi bagaimana ketika kita harus belajar dari rumah? Apakah Sobat duduk menghadap meja belajar dari pagi sampai sore? Tentu tidak, bukan?

So, let's shift our focus. Rather than focusing on how long we learn, why don't we focus on what are we learning? Jadwal belajar kita sebaiknya lebih berupa topik-topik materi pelajaran, bukan hanya durasi waktu sekian jam tanpa rincian jelas apa yang dipelajari.

Namun tentu saja, kita juga masih harus memperhatikan waktu belajar. Atur sedemikian rupa sehingga kita tidak kelelahan atau merasa terlalu bosan untuk belajar. Teknik Pomodoro bisa menjadi salah satu panduanmu mengatur waktu belajar, Sobat.

 

2. Susun dan Siapkan Paket Belajar

Belajar sendiri secara mandiri membuat kita mengambil sebagian peran guru. Biasanya kita hanya menerima arahan dan materi pelajaran yang diberikan oleh guru. The whole story changed as soon as we started to learn independently.

Lantas, peran apa dari guru yang harus kita ambil? Menyusun runtutan materi belajar, Sobat. Coba periksa salah satu buku teksmu. Dibagian daftar isi, Sobat bisa melihat pengelompokan topik-topik pelajaran, bukan? Kira-kira seperti itulah kita membagi topik-topik pelajaran dalam susunan jadwal belajar kita.

 

3. Tetapkan Target Disetiap Pekan

Sama seperti ketika berjalan atau berlari, kita punya arah yang dituju. Saat mengerjakan project tertentu, kita juga punya target. Sekarang project kita adalah belajar mempersiapkan UTBK. Maka, tentu kita harus punya target juga, bukan?

Dengan mengacu pada materi pelajaran yang telah disusun, kita dapat menentukan target yang ingin dicapai setiap pekan. Harus seberapa banyak atau seberapa jauh targetnya, Sobat? It depends on you. Setiap kita memiliki kesempatan belajar untuk UTBK yang berbeda, juga kecepatan menuntaskan materi pelajaran yang berbeda.

 

4. Latihan Soal Secara Mandiri

Pemantaban materi pelajaran di rumah juga memerlukan ujian, Sobat. Kenapa harus ada ujian? Agar kita dapat mengukur seberapa baik penguasaan materi pelajaran yang telah dipelajari. Lantas, apakah artinya kita lagi-lagi harus mengambil peran guru untuk menyusun soal ujian sendiri?

Tentu tidak, Sobat. Bukankah sudah ada Try Out UTBK Aku Pintar? Dengan rutin berlatih soal-soal try out, kita dapat memanfaatkan waktu selama di rumah dengan lebih produktif sambil menunggu kepastian jadwal UTBK dari LTMPT

 

5. Mantabkan Pilihan Jurusan dan Kampus

Masih belum yakin dengan pilihan jurusan di SBMPTN? Sekarang saat yang tepat untuk menimbang ulang pilihan jurusan kuliahmu, Sobat. Bagaimana daya tampung jurusan dan tingkat ketetatan masuknya? Apakah Sobat Pintar ingin mengubah pilihan? You have the time for now, Sobat!

 

Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan selama pandemi berlangsung. Agar ketika jadwal UTBK nanti diumumkan, Sobat sudah siap maju kemedan laga ujian. Stay safe, stay healthy ya, Sobat!

70

Lebih masukan Blog

thumbnail
thumbnail
1 Comment
bermanfaat sekali ^^
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp