redesain-navbar Portlet

Blog

Seleksi Mandiri di 3 PTN dengan KIP Kuliah – Jangan Ketinggalan!

Bantuan biaya sangat bermanfaat menjaga keberlanjutan pendidikan.

KIP Kuliah, photo by Cleyder Duque on pexels

Sobat Pintar sudah punya Kartu Indonesia Pintar (KIP)? Jika sudah memiliki KIP, maka Sobat dapat menggunakannya untuk mengikuti seleksi masuk kuliah pada jalur SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri. Wah, banyak banget, nih!

Iya, KIP Kuliah 2021 memang dapat digunakan untuk masuk kuliah di PTN melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. KIP Kuliah juga dapat digunakan untuk mengikuti SMPN atau SBMPN/UMPN di Politeknik. Bahkan, beberapa PTN membuka pendaftaran KIP Kuliah 2021 pada jalur Seleksi Mandiri.

 

Siapa yang Berhak Menerima KIP Kuliah?

First thing first, ketahui dulu siapa yang berhak memiliki KIP Kuliah. Sobat Pintar pasti sudah tahu kalau bantuan dana pendidikan dari pemerintah ini tidak ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa dengan kondisi keuangan keluarga yang mencukupi. Secara spesifik, mereka dengan kriteria berikut ini yang berhak menerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah:

- sudah memiliki Kartu Indonesia Pelajar

- lulus dari SMA/ SMK/ sederajat pada tahun berjalan (2021) dan dua tahun sebelumnya (2020 dan 2019)

- memiliki bukti dokumen prestasi akademik, tapi dengan keterbatasan ekonomi (peserta Program Keluarga Harapan, pemegang Kartu Keluarga Sejahtera, mahasiswa dari panti asuhan/panti sosial, keluarga masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori empat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)

- dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, mahasiswa afirmasi (Papua, Papua Barat, 3T, TKI), mahasiswa terkena bencana/konflik sosial/kondisi khusus

- lolos seleksi masuk di PTN/PTS pada prodi yang telah akreditasi.

 

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2021

Bagaimana dengan Sobat Pintar yang belum memiliki Kartu Indonesia Pelajar selama ini, tapi membutuhkan bantuan biaya untuk kuliah? Nah, Kemendikbud punya program KIP Kuliah Merdeka, yang merupakan perluasan dari KIP Kuliah. Peserta KIP Kuliah 2021 tak perlu ragu memilih prodi terbaik, di manapun lokasi studinya nanti. Lantas, Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi agar Sobat dapat mengikuti KIP Kuliah tahun ini?

- tidak mampu secara ekonomi, dibuktikan dengan dokumen yang menyatakan bahwa pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4 juta per bulan atau jika dibagi jumlah anggota keluarga maka paling banyak mencapai Rp750.000,00

- memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diperoleh melalui RT/RW dan Kelurahan/Desa.

 

Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 dilakukan secara online melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Sobat Pintar juga dapat mendaftar melalui aplikasi KIP Kuliah setelah men-download di Play Store. Setelah login, langkah berikutnya yaitu:

- input Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang aktif

- validasi NIK, NISN, dan NPSN

- mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses

- menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah

- mendaftar dan mengikuti seleksi SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri

- setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir ialah verifikasi.

 

Apa Manfaat KIP Kuliah bagi Mahasiswa?

Pembiayaan KIP Kuliah 2021 mecakup biaya biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah. Penerima KIP Kuliah 2021 berhak atas bantuan biaya kuliah sebesar:

- Rp8 – Rp12 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi A

- Rp4 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi B

- Rp2,4 juta/semester bila diterima kuliah di prodi dengan akreditasi C

Biaya hidup selama kuliah akan disesuaikan dengan indeks harga wilayah dan klaster kampus yang dipilih. Besaran biaya hidup pada KIP Kuliah 2021 yaitu:

- Rp800.000,00 per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster satu

- Rp950.000,00 per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster dua

- Rp1,1 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster tiga

- Rp1,25 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster empat

- Rp1,4 juta per bulan pada kampus dengan lokasi kategori klaster lima.

 

KIP Kuliah untuk Seleksi Mandiri Kampus Negeri

Mengikuti semangat KIP Kuliah Merdeka yang memberikan keleluasaan bagi calon mahasiswa untuk memilih prodi dan kampusnya, maka KIP Kuliah 2021 bisa digunakan untuk mengikuti Seleksi Mandiri di PTN. As we know it, biaya menjadi kendala bagi peserta Seleksi Mandiri yang kurang mampu secara ekonomi. Nah, kampus-kampus negeri di bawah ini membuka pendaftaran Seleksi Mandiri dengan menggunakan KIP Kuliah.

- Universitas Padjadjaran

- Universitas Sebelas Maret

- Universitas Diponegoro

- Institut Teknologi Bandung

 

Jadwal Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Agar tak sampai ketinggalan pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk mengikuti Seleksi Mandiri di PTN, catat jadwal penting berikut ini ya, Sobat.

- Pendaftaran akun KIP Kuliah: 8 Februari – 31 Oktober 2021

- SBMPN: 9 Mei – 9 Juni 2021

Dan tentunya, jadwal Seleksi Mandiri sesuai dengan kampus pilihan masing-masing.

100

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
text
00

CssBlog

metablog-web Portlet