APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Seleksi SNMPTN (SNBP), Tips dan Trik Sukses Jika Ingin Lolos dalam Seleksi

Lolos SNBP memerlukan persiapan yang matang sejak sekarang.

Photo by Anete Lusina on Pexels

Seleksi SNMPTN 2024 belum diumumkan secara resmi oleh SNPMB BP3 Kemendikbud. Seleksi prestasi untuk masuk perguruan tinggi negeri ini sekarang disebut SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Mungkin sebagian kamu masih ada yang bertanya-tanya, SNMPTN dan SNBP apakah sama? Iya, Sobat Pintar. SNBP adalah pengganti SNMPTN, dengan prosedur yang kurang lebih sama.

Pergantian nama ini sebenarnya enggak perlu dipusingkan karena seleksinya masih sama-sama menggunakan nilai rapor. Prestasi akademik yang menjadi basis seleksi dalam SNBP adalah nilai rapor sejak semester I. Di samping calon peserta, sekolah juga harus mengikuti prosedur pendaftaran SNBP. Biasanya proses pendaftaran SNBP oleh sekolah sudah dimulai sejak akhir tahun sebelumnya. Artinya, proses seleksi SNMPTN 2024 boleh jadi bakal dimulai sejak akhir 2023 ini.

 

Kenapa Memilih SNBP?

seleksi SNMPTN 2024 dibuka mulai
Photo by Sam Lion on Pexels

Tau ga, Sobat, apa keuntungan jalur SNBP? Buat kita sebagai pelajar, salah satu kelebihan dari SNBP adalah peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Kalau ada cara masuk kuliah tanpa harus belajar buat ikut tes, kenapa tidak?

Dibilang enggak belajar buat persiapan tes itu ada benarnya, tetapi enggak sepenuhnya benar, Sobat. Malahan, boleh dikata, satu-satunya trik lulus SNBP 2024 itu ya belajar sejak kamu mulai masuk kelas X – jadi, bukan trik juga, sih!

Namun dengan nilai rapor yang bagus dan memenuhi persyaratan (eligible) untuk mengikuti SNBP, kamu sudah selangkah lebih maju ketimbang mayoritas pelajar yang masih harus menunggu SNBT. Dilihat dari SNBP 2023, cara jadi siswa eligible adalah dengan memenuhi kriteria-kriteria penting seperti:

- Memiliki prestasi unggul

- NISN terdaftar di PDSS

- Nilai rapor semester I – V sudah diisikan di PDSS

- Mengunggah portofolio bila memilih program studi bidang seni dan olahraga

- Memiliki prestasi akademik

- Memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PTN yang dipilih

- Termasuk ke dalam kuota sesuai dengan akreditasi sekolah, dll.

 

Bagaimana Mempersiapkan SNBP?

Tips lolos SNBP 2024
Photo by RDNE Stock project on Pexels

Salah satu tips lolos SNBP 2024 yang cukup penting yaitu jangan sampai ketinggalan jadwal registrasi akun SNPMB dan pendaftaran SNBP. Proses ini biasanya dimulai saat kebanyakan teman-temanmu masih sibuk dengan sekolah dan segala macamnya. UTBK pun masih satu semester lagi di depan, jadi yang mau ikutan jalur tes buat masuk kuliah mungkin masih banyak yang santuy. Nah, kamu yang mau ikutan jalur prestasi, jangan sampai meleng, tuh!

Jika termasuk salah satu siswa berprestasi di sekolah, sebaiknya sejak sekarang juga kamu mulai rajin berkonsultasi dengan Bapak/Ibu Wali Kelas, Guru BK, sampai staf Tata Usaha sekolah. Bila ada informasi persyaratan dari PTN, kamu bisa mendapatkannya melalui sekolah. Langkah ini penting, Sobat, biar kamu enggak ketinggalan update bagaimana cara jadi siswa eligible di sekolah.

Trik lulus SNBP 2024 berikutnya adalah memastikan bahwa kamu masuk dalam kuota sekolah. Jumlah peserta SNBP dari sekolah tergantung dari akreditasi, jadi "pepet" terus Bapak/Ibu di atas, ya!

Di samping nilai rapor, apa penilaian untuk lulus seleksi SNBP? Sekolah juga dapat menambahkan prestasi akademik lainnya sebagai kriteria pemeringkatan siswa berprestasi. Bila nilai rapormu kebetulan sama dengan nilai rapor siswa lainnya, kalian harus mengikuti seleksi di sekolah ini dahulu.

Berikutnya, "the core of the core"-nya seleksi SNMPTN 2024 adalah memilih jurusan. Apakah SNBP bisa memilih jurusan? Tentu saja, Sobat!

Berkaca dari SNBP 2023, peserta bebas memilih jurusan kuliah, baik IPA, IPS, maupun Bahasa. Bila tidak ada perubahan peraturan pada SNBP 2024, kamu bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua prodi, salah satunya harus di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolahmu sekarang. Jika memilih satu prodi, kamu bebas memilih PTN di provinsi mana saja. Nah, tahapan ini bisa sangat menentukan lolos tidaknya kamu di SNBP, Sobat Pintar. Mau tau apa tips lolos SNBP 2024?

Jujurly, ada banyak spekulasi tips lolos seleksi SNMPTN 2024 dan sulit memastikan mana tips yang benar-benar berhasil. Namun sebagai referensi, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat-ingat, Sobat. Rule of thumb-nya, pilihan pertama adalah jurusan yang benar-benar kamu minati. Bila kamu memiliki kemampuan yang baik di bidang ilmu tertentu, tetapi sebenarnya tingkat ketertarikanmu biasa-biasa saja, taruh itu di pilihan kedua.

Yang tak kalah penting adalah menyusun strategi saat menentukan pilihan. Salah satu strategi memilih jurusan lolos SNMPTN 2024 adalah kepo sama kakak-kakak kelasmu yang sukses mengikuti SNBP pada masanya. Kamu bisa bertanya ke Guru BK atau Bapak/Ibu staf TU sekolah, kakak-kakak tersebut diterima di PTN mana dan di jurusan apa. Timbang-timbang dengan pilihan prodimu di atas. Meskipun sulit dipastikan, peserta SNBP cenderung punya peluang lolos yang besar pada jurusan dan/atau PTN yang telah menerima kakak-kakak kelasnya pada seleksi di tahun-tahun sebelumnya.

 

Kapan Perkiraan Jadwal SNBP 2024?

Trik lulus SNBP 2024
Photo by Artem Maltsev on Unsplash

Next, pantengin terus update jadwal seleksi SNMPTN 2024 di laman resmi SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) Kemdikbud. Di SNBP 2023, sekolah mendapatkan informasi kuota peserta pada 28 Desember.

Untuk SNBP, baik siswa maupun sekolah harus sama-sama membuat akun SNPMB. Di SNBP 2023, jadwal pembuatan akun siswa berlangsung mulai 09 Januari sampai 15 Februari. Pada masa pembuatan akun ini, semestinya kamu sudah mendapatkan kepastian apakah termasuk siswa yang eligible atau tidak. Bila kamu memang eligible untuk seleksi SNMPTN 2024, NISN dan nilai rapormu akan diisikan di PDDS oleh sekolah.

Setelah registrasi akun, tahapan berikutnya adalah mendaftar untuk SNBP. Kapan pendaftaran SNBP 2024? Kalau enggak terlalu jauh dari tahun sebelumnya, diperkirakan pendaftaran seleksi SNMPTN 2024 dibuka mulai 14 Februari hingga 28 Februari. Tentu saja, kita mesti sama-sama menunggu untuk memastikan tanggal pendaftarannya, Sobat. Makanya, sekali lagi, jangan sampai ketinggalan update jadwal SNPMB, ya!

Kira-kira SNBP 2024 bakal berlangsung di bulan Februari. Terus, bagaimana dengan SNBT? Masih perkiraan juga, mungkin SNBT 2024 akan diselenggarakan sekitar bulan Mei. Semestinya kita bakal mendapatkan sosialisasinya sejak Desember 2023 ini, Sobat Pintar. Iya, kita sama-sama menunggu, kok. Tetap semangat, ya!

20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog