redesain-navbar Portlet

Blog

 Tips Gaya Belajar, image credit Ikon Images/Stuart Kinlough

Sesuaikan dengan Kecerdasan Majemukmu: 8 Tips Gaya Belajar

Tipe kecerdasan dapat membantu menemukan gaya belajar yang sesuai.

Howard Gardner, seorang psikolog Amerika, telah memperkenalkan tentang kecerdasan majemuk kepada dunia. Mengacu pada teorinya, timbul pemahaman bahwa ternyata wajar saja bila kita menguasai satu bidang ilmu tertentu dengan lebih baik dibanding yang lain.

Sobat Pintar sudah menggunakan Tes Kemampuan untuk menemukan tipe kecerdasanmu yang paling menonjol? Nah, ternyata tipe kecerdasan yang paling dominan tersebut dapat membantu kita menemukan gaya belajar yang paling sesuai. Are you interested to find out?

 

1. Si Naturalis

Seorang naturalis sangat menyukai alam. Jika kegiatan luar ruangan selalu membuatmu bersemangat, boleh jadi Sobat seorang naturalis. Itulah sebabnya, cara terbaik untuk belajar bagi naturalis adalah dengan mengalami langsung, di tengah-tengah alam. Mengamati hewan dan bereksperimen dengan tumbuhan akan terasa menyenangkan untukmu.

 

2. Si Ritmis

Jika memiliki kecerdasan musik yang baik, pastilah Sobat peka pada irama, ritme, maupun melodi. Saat belajar sendiri, latarbelakang alunan musik dapat membuatmu lebih bersemangat. Tapi bagaimana saat di kelas? Yes, we understand the urge to tap your pens or pencils on your desk during classes, but please think about your classmates.

 

3. Si Interpersonal

Seseorang dengan kecerdasan interpersonal yang menonjol biasanya menyukai kerja kelompok. Is it you, Sobat Pintar? Saat bekerja bersama dalam tim, entah bagaimana rasanya orang lain dapat membuatmu menghasilkan ide-ide cemerlang. Berbagi, berdisukusi, bahkan memperdebatkan gagasan adalah kegiatan belajar yang menyenangkan untukmu.

 

4. Si Kinestetik

Sobat dengan kecerdasan kinestetik yang kuat biasanya memiliki koordinasi, kelenturan, kecepatan, dan daya tahan fisik yang baik. Sitting on your desk for hours isn't the best way of studying. Sebisa mungkin usahakan untuk bersentuhan dengan obyek yang dipelajari agar proses belajarmu tidak membosankan.

 

5. Si Linguistik

Bagi si penyuka bahasa ini, proses belajar yang efektif melibatkan menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. Buku dan rekaman audio merupakan alat bantu belajarmu. Kecerdasan linguistik yang mendominasi membuatmu tak segan untuk menulis catatan yang rapi dan menjadi juru bicara saat presentasi kelompok.

 

6. Si Intrapersonal

Si intrapersonal biasanya berkepribadian introvert – meskipun selalu ada pengecualian dalam hal ini. Sudah bisa ditebak, seseorang yang kecerdasan intrapersonalnya kuat cenderung lebih suka belajar sendirian. Are you too, Sobat? Great! Biasanya Sobat tak membutuhkan dorongan motivasi dari luar dan mampu menetapkan target-target pribadi sendiri.

 

7. Si Logis Matematis

Sobat sangat suka dengan angka, keteraturan, logika, persamaan, urutan, dan hitungan? If you do, you're highly likely a logical mathematical person. Bagaimanapun kelihatannya, tetap temukan pola dan hubungan dalam apapun yang Sobat pelajari. Dengan begitu, proses belajarmu akan menjadi lebih menyenangkan!

 

8. Si Visual Spasial

Tak semua orang dengan mudah memiliki kepekaan terhadap garis, warna, ukuran, bentuk, ruang, dan bagaimana seluruh elemen tersebut saling berhubungan. Lucky you if you do! Pasalnya, Sobat mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Proses belajarmu akan lebih baik lagi bila ada alat bantu visual, khususnya dalam bentuk tiga dimensi – persis seperti gambaran yang ada didalam benakmu. Bila kecerdasan visual spasialmu mendominasi, Sobat takkan kesulitan – bahkan menyukai, belajar dengan menggunakan gambar, diagram, ataupun grafik.

 

Nah, sekarang Sobat dapat menyesuikan gaya belajar dengan tipe kecerdasan terkuatmu. But of course, feel free to explore. Boleh juga mencoba berbagai metode hingga Sobat menemukan gaya belajar yang dirasa paling nyaman.

Lebih masukan Blog

4 Kiat Tetap Produktif Saat Stres

Kita cenderung menghindari stres dan menganggapnya berdampak buruk pada produktivitas. Saat...

6 Tanda Teman yang Baik

How many friends do you have, Sobat? Tak terhitung? Atau, masih bisa dihitung dengan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka