redesain-navbar Portlet

null

Blog

Simak (Seleksi Mandiri): 10 Jurusan Favorit di UI (Universitas Indonesia)

Simak UI menghadirkan jurusan-jurusan favoritnya tersendiri.

Jurusan Favorit di UI, image credit Alex Samuels

Apakah Sobat Pintar memperhatikan bahwa jurusan favorit di Universitas Indonesia tidak selalu sama untuk setiap jalur masuk kuliah? Pada jalur SBMPTN, daftar jurusan Saintek dan Soshum yang difavoritkan yaitu Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Ilmu Hukum, Ilmu Psikologi, dan Manajemen.

Bagaimana dengan jalur Mandiri atau Simak? Simak menjadi harapan terakhir jika Sobat ingin masuk UI. Ada pula mereka yang memang memilih Simak saja untuk masuk UI. Apapun latar belakangnya, persaingan masuk UI pada Seleksi Mandiri sama ketatnya dengan SNMPTN maupun SBMPTN.

Tapi ternyata jurusan yang paling diminati di UI (Universitas Indonesia) pada Simak berbeda dari jurusan favorit pada SNMPTN dan SBMPTN. Lagipula, bukan passing grade UI yang kita perhatikan pada Simak – melainkan tingkat ketetatan. Nah, siap melihat jurusan incaranmu pada jurusan-jurusan favorit Simak UI 2019 berikut ini, Sobat?

 

1. Ilmu Hubungan Internasional

Yup, inilah jurusan yang paling diminati di UI (Universitas Indonesia). HI UI dilirik oleh 2.867 peminat, sedangkan daya tampungnya hanya 30 kursi. Dengan ketetatan mencapai 0,73%, jelaslah HI menjadi jurusan favorit di UI.

 

2. Ilmu Komunikasi

Dua jurusan dengan tingkat keketatan paling tinggi berada pada rumpun Soshum. Setelah HI, Ilkom adalah jurusan favorit di UI – di urutan runner up. Jurusan ini menerima 4.263 peminat untuk 30 kursi. Berapa keketatan salah satu jurusan terbaik di UI ini? Iya, Sobat pasti tahu: 0,89%.

 

3. Pendidikan Dokter

Jurusan favorit di SBMPTN ini berada pada urutan ketiga di Simak – masih tetap menjadi jurusan favorit di Universitas Indonesia, bukan? Peminatnya mencapai 5.875 orang untuk daya tampung 90 kursi saja. Keketatan jurusan di rumpun Saintek ini mencapai 1,12%. Apakah Pendidikan Dokter tetap menjadi jurusan favorit di UI 2020, Sobat?

 

4. Sastra Inggris

Kembali ke rumpun Soshum, ada Jurusan Sastra Inggris di urutan ke-4. Salah satu jurusan favorit di Universitas Indonesia ini menerima 1.521 pendaftar untuk daya tampung 22 kursi saja. Keketatan jurusan ini ialah 1,18%.

 

5. Teknik Industri

Si bontot dari lima besar jurusan favorit di Universitas Indonesia pada Seleksi Mandiri adalah Teknik Industri. Peminat jurusan ini mencapai 3.450 pendaftar, sedangkan daya tampungnya hanya 50 kursi. Maka, keketatan Teknik Industri sebesar 1,30 %.

 

6. Manajemen

Manajemen berada pada urutan ke-3 jurusan favorit di UI untuk jalur SBMPTN. Sedangkan untuk jalur Mandiri, Manajemen berada di urutan ke-6 dengan 5.733 peminat dan daya tampung 90 kursi. Bagaimana kira-kira peluangmu dengan ketetatan yang mencapai 1,31% di jurusan ini, Sobat?

 

7. Kesehatan Masyarakat

Jurusan Saintek ini diminati oleh 4.218 pendaftar untuk daya tampung 75 kursi. Jika pada 2019 kita belum menghadapi pandemi seperti sekarang, apakah salah satu jurusan terbaik di UI ini akan tinggi peminat pada tahun ini? We don't know yet. Namun yang pasti, keketatan Kesehatan Masyarakat di jalur Mandiri UI 2019 mencapai 1,39%.

 

8. Ilmu Kesejahteraan Sosial, Gizi

Jurusan Soshum dan Saintek ini sama-sama memiliki keketatan sebesar 1,39%. Bedanya, Ilmu Kesejahteraan Sosial menerima 2.307 peminat untuk daya tampung 40 kursi. Sedangkan Gizi, peminatnya mencapai 1.943 peserta dengan daya tampung 30 kursi. Jangan salah, Sobat. Keduanya sama-sama jurusan terbaik di UI, lho!

 

9. Psikologi

Apakah ini jurusan incaranmu di Universitas Indonesia, Sobat? Jika harapanmu masuk UI melalui Simak, persiapkan diri menghadapi persaingan yang cukup ketat. Pasalnya, sebagai salah satu jurusan favorit di Universitas Indonesia, keketatan Psikologi sebesar 1,42%. Peminatnya mencapai 5.152 orang dan daya tampungnya 90 kursi.

 

10. Ilmu Administrasi Niaga

10 besar jurusan terbaik di UI yang paling banyak diminati pada jalur Mandiri ditutup oleh Ilmu Administrasi Niaga. Peminat jurusan ini pada 2019 sebanyak 1.902 peserta yang memperebutkan 48 kursi. Keketatannya mencapai 1,47% sehingga Ilmu Administrasi Niaga boleh dibilang merupakan salah satu jurusan favorit di UI.

 

Adakah jurusan incaranmu di atas, Sobat? Jangan buru-buru kecut melihat angka keketatan, jumlah peminat, maupun daya tampung Simak pada kesepuluh jurusan favorit di Universitas Indonesia ini, ya! Who knows, barangkali jurusan favorit di UI 2020 akan berbeda?

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp