redesain-navbar Portlet

Blog

Sobat Mengalami Kejadian Ini Saat Tidur, image via www.sleepcycle.com

Sobat Mengalami 3 Kejadiaan Ini Saat Tidur?

Gangguan tidur tidak selalu berbahaya.

Berapa kali kita merebahkan badan dimalam hari dan menganggapnya biasa-biasa saja? Rasa-rasanya hampir tiap malam ya, Sobat. Tidur sudah menjadi rutinitas yang terlalu letih untuk kita pikirkan – bahkan tidur menjadi pelepas lelah setelah seharian beraktivitas.

But did you know? Boleh jadi ada banyak hal yang terjadi sepanjang malam saat kelopak mata kita tertutup. Apa saja diantaranya?

 

1. Sleep Paralysis

Paralysis sering dipahami sebagai kelumpuhan, yaitu ketidakmampuan kita untuk bergerak. Sleep paralysis dapat dijabarkan sebagai ketidakmampuan kita untuk menggerakkan anggota badan, termasuk bersuara dan bernapas, ketika kita baru tertidur, telah terlelap, atau saat terbangun dari tidur.

Sayangnya, keadaan seperti lumpuh ini sering diiringi dengan halusinasi seram atau mimpi buruk. Does it sound familiar, Sobat? Ya, kita lebih mengenal sleep paralysis sebagai ketindihan atau tindihan.

Salah satu pemicu kita mengalami tindihan adalah karena kelelahan. Dan biasanya, kita mengalami tindihan saat posisi badan telentang atau menghadap keatas. Hello Sehat menyebutkan bahwa penyebab sleep paralysis bisa berasal dari faktor genetik, jam tidur yang tak teratur, terlalu sering begadang, stres, hingga efek samping obat.

Bagaimana kiat mengatasi tindihan? The rule of thumb is to not get panicky when you experience it. Kemudian, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan keras-keras. Terakhir, berusahalah untuk menggerakkan badan, dimulai dengan ujung jari tangan dan kaki.

 

2. Sleep Walking

Sleep walking merupakan situasi yang berkebalikan dari sleep paralysis. Memang belum dapat dipastikan penyebab sleep walking, tapi boleh jadi stres dan tidur yang tak lelap memiliki andil didalamnya. Faktor genetik juga turut berpengaruh karena sleep walking termasuk kedalam kategori parasomnia, sama seperti sleep paralysis.

Sleep walking lebih mudah dipahami sebagai keadaan berjalan saat tidur. Jangan dibayangkan mata kita terpejam, kemudian berjalan tertatih-tatih dengan tangan terbentang meraba-raba kesegala arah ya, Sobat. In most cases, sleep walkers just walk normally as if they weren't sleeping.

Boleh jadi kita tidak mengetahui seseorang sedang berjalan dalam tidurnya karena gerakannya tampak biasa saja – berjalan menghindari perabotan hingga membuka pintu yang terkunci. Alih-alih mengancam kesehatan, potensi bahaya sleep walking adalah ketika terantuk atau terjatuh karena sejatinya kondisi otak sedang tidur.

 

3. False Awakening

Sobat Pintar pernah mengalami bermimpi dalam mimpi? False awakening (bukan judul film ya, Sobat) terjadi ketika kita sedang bermimpi dalam tidur, kemudian kita merasa sudah bangun padahal keadaan kita masih sedang tertidur. Kalau Sobat Pintar pernah menonton film Inception, kurang lebih gambarannya seperti itu.

Kabar baiknya, false awakening bukanlah kejadian yang luar biasa – banyak orang mengalaminya. Kabar buruknya, perasaan sudah bangun padahal masih tidur itu dapat terjadi berkali-kali.

Kenapa kita bisa mengalami false awakening? Very Well Health menjelaskan bahwa false awakening terjadi ketika otak berada dalam keadaan sadar dan tidur secara bergantian. Lebih lanjut disebutkan bahwa false awakening tidak memerlukan penanganan khusus karena hanya berupa mimpi yang terjadi selama kita tidur.

 

Lantas, keadaan seperti apa yang memerlukan penanganan dari dokter? Intervensi medis dari dokter atau psikiatris boleh jadi diperlukan ketika muncul halusinasi yang cukup membuat stres atau ketika muncul potensi melukai diri dan orang lain.

There are many types of sleep disorders, actually. Namun ketika kita mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, olahraga yang cukup, dan mampu mengendalikan stres, maka kita berpeluang lebih besar untuk dapat tidur lebih nyenyak dimalam hari.

Lebih masukan Blog

Coba 4 Kegiatan Ini di Kampus

Saat menjadi mahasiswa nanti, kira-kira kegiatan apa selain kuliah yang akan Sobat Pintar...

6 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Kalau Sobat Pintar ingin memperdalam tentang Sastra Inggris diperguruan tinggi, apakah harus...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line