redesain-navbar Portlet

Blog

photo via inventa.com

Sudah Tahu Terjemahan Bahasa Inggris dari 6 Kosakata Ini ?

Belajar Bahasa Inggris

Terjemahan selalu memiliki tantangan tersendiri. Abisnya, nggak semua ungkapan dalam satu bahasa dimiliki dalam bahasa lain. Begitu juga beberapa ungkapan dalam Bahasa Indonesia berikut ini, sudahkah kamu tahu bagaimana terjemahannya dalam Bahasa Inggris?

 

1. Kesemutan

Yak, ini yang kamu rasakan saat menekuk atau bertumpu pada salah satu kaki terlalu lama. Familiar banget dengan rasa kesemutan ini, kan? Biasanya memang terasa pada bagian tungkai atau telapak kaki, tapi bisa juga menyerang bagian tubuh yang lain. Kesemutan ini secara medis disebut sebagai paresthesia, yang sering digambarkan sebagai rasa kebas.

Bagaimana kamu menyebutnya dalam Bahasa Inggris? Nggak ada hubungannya sama semut (ant) lho, ya! In English, you call it pins and needles – mungkin menggambarkan rasanya yang mirip ditusuk jarum-jarum kecil gitu kali, ya.

 

2. Tumben

"Tumben belajar?" ada yang pernah menyapamu begitu? Nah, bagaimana kamu mengungkapkan rasa heran melihat sesuatu yang jarang terjadi dalam Bahasa Inggris?

Kamu bisa menggunakan unlike you, unusual, atau how odd. Misalnya, begini penggunaannya dalam kalimat:

"You said no? That sounded so unlike you!"

"It's unusual that you have nothing to do."

"He left the meeting without a word? How odd!"

 

3. Kampungan

"Your style is so village." Ngerti nggak sih, maksudnya?

Terlepas dari konteksnya yang menghina banget, atau sekedar sebagai joke dikalangan terbatas, kampungan cenderung mengacu pada pilihan gaya berbusana yang terbilang aneh, bahkan norak. Misalnya, saat trennya celana pensil, ada saja yang keukeuh memakai celana cutbray (kalau nggak tau model celana ini, googling aja, deh). Nah, dalam Bahasa Inggris, kita menyebut kelakuan ini dengan out of date, old fashioned, atau so yesterday.

Jadi, revisi kalimat diatas adalah: Your style is so yesterday atau Your style is out of date. Eitts, perhatikan pada siapa kamu mengarahkan kalimat ini, ya!

 

4. Gamang

Gamang, merasa ragu, berbeda dari kehilangan rasa percaya diri. Misalnya, saat kamu telah membuat keputusan dengan yakin, mantap, dan percaya diri. Kemudian, beberapa saat kemudian kamu merasa ragu, akankah melanjutkan langkah sesuai dengan keputusan awal atau mundur. Keraguan seperti ini bisa digambarkan sebagai rasa gamang, bahkan mungkin tindakan pengecut.

Dalam Bahasa Inggris, kehilangan keyakinan dan keberanian seperti ini disebut cold feet – bukan sekedar bermakna telapak kakimu benar-benar dingin, ya! Misalnya, penggunaan dalam kalimatnya sebagai berikut: We'd have an appointment, but he got cold feet that he decided to back out.

 

5. Kawin Lari

Pada tahun 1999, ada sebuah film Hollywood berjudul Runaway Bride. Ceritanya memang mengisahkan seorang pengantin wanita yang kabur, lengkap dengan gaun pengantinnya, tepat sebelum acara pernikahan dimulai. Dan memang, runaway bride sendiri memiliki makna seperti itu.

Akan tetapi, kalau istilah kawin lari yang mengacu pada dilangsungkannya suatu acara pernikahan tanpa izin orang tua, Bahasa Inggris menyebutnya elopement (noun) – elope (verb). Meskipun kata runaway memang bermakna kabur dari keluarga (atau institusi), tapi kata tersebut tidak mengandung tujuan kabur untuk menikah. Makanya, ada orang yang runaway from jail – maknanya akan jauh berbeda kalau dibilang: elope from jail.

 

6. Masuk Angin

Jangan diterjemahkan kata per kata kedalam Bahasa Inggris, ya! Selain bikin pusing yang mendengarnya, istilah masuk angin tuh spesial punya kita sendiri, lho. Ilmu medis Barat, dan pastinya Bahasa Inggris, tidak mengenal istilah masuk angin.

Rasa tidak nyaman di badan yang kita sebut sebagai masuk angin itu dikenal sebagai feeling unwell, under the weather, atau bahkan catch a cold. Jadi, lain kali kalau kamu mau ngebatalin janji temu, jangan bilang, "I enter the wind," ya! Bilang saja, "I'm a bit under the weather" atau "I'm feeling rather unwell, I'm very sorry."

 

Meskipun sederhana, kata-kata diatas sering kita gunakan sehari-hari. Terus tambah pengetahuan dan kosakatamu dalam Bahasa Inggris agar kamu tak terdengar aneh saat harus menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Lebih masukan Blog

Gen Z, Sudah Tahukah Kamu tentang Literasi Finansial?

Setiap kita ingin punya masa depan yang baik, hidup makmur – kaya dan hura-hura, ups ....

Jadi Anak Kos, Siapa Takut?

Tinggal terpisah dari orang tua bisa jadi pengalaman yang menakutkan bagi siapapun. Wajar...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line