redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Yuri_Arcurs / E+ / Getty Images

Sudah Tepatkah Pilihan Jurusan Kuliahmu?

Tips Kuliah

Masih bingung menentukan pilihan dan ingin tahu lebih banyak tentang berbagai jurusan kuliah? Tahukah kamu, ternyata dibutuhkan kesesuaian antara minat dan kepribadianmu dengan apa yang diajarkan atau dipelajari disuatu jurusan. Nah, coba lihat, udah klik belum, antara dirimu dengan jurusan yang kamu incar?

 

Jurusan Psikologi

Kuliah di Jurusan Psikologi hanya cocok buat kamu yang punya minat pada pikiran dan perasaan orang lain. Menjadi seorang Psikolog berarti kamu dapat melihat segala sesuatu lebih dari sekedar yang tampak didepan mata – kemampuan analisis yang jempolan. Cuma gegara sering jadi tempat curcol bukan berarti kamu kandidat mahasiswa jurusan ini lho, ya.

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Asing

Bahasa asing disini bisa Bahasa Inggris, Jerman, Mandarin, Arab, dan lain-lain. Menjadi mahasiswa jurusan ini, kamu jadi melek betapa luasnya dunia dan beragamnya budaya yang ada. Bekal pengetahuan ini akan berguna saat kamu berpetualang menjelajah dunia, mengenal orang-orang baru, atau mendengar cerita baru dalam pekerjaanmu nanti.

 

Jurusan Kedokteran

Nggak semua orang bisa masuk jurusan sakral ini – susah banget, euy! Dan biasanya pelajar yang bisa lolos seleksi masuknya tuh rata-rata tipe orang yang terorganisir dan punya visi kedepan yang mantap. Perlu dicatat ya, profesi dokter nggak cuma butuh otak yang cerdas, tapi juga keterampilan bersosialisasi yang luwes.

 

Jurusan Sejarah

Jika kamu punya minat pada proses terjadinya suatu peristiwa dan tokoh-tokoh yang terlibat dimasa lalu, pada berbagai ragam budaya di dunia, pada kisah-kisah legenda kuno, Jurusan Sejarah dapat menjadi jawaban dari segala kekepoanmu. Tapi bukan berarti kamu hidup dimasa lalu, lho. Justru banyak yang bisa dipelajari dari sejarah, agar tak terulang peristiwa kelam yang sama dikemudian hari.

 

Jurusan Matematika

Induknya dari berbagai ilmu ini menarik buat kamu yang suka dengan hitungan, rumus, hingga teka-teki maupun puzzle. Jika kamu merasa nyaman dengan hal-hal yang terencana dengan pasti, besar kemungkinan kamu akan cocok dengan bidang ini.

 

Jurusan Fashion

Apakah kamu dipuji karena punya selera berpakaian yang baik? Kamu juga suka padu padan gaya berpakain sehingga selalu tampil modis. Kamu juga punya minat pada perkembangan mode, tahu tentang gaya klasik maupun kontemporer. Nah, kuliah di Jurusan Fashion akan mengembangkan bakat dan minatmu.

 

Jurusan Desain

Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, maupun Desain Interior sama-sama membutuhkan jiwa yang peka pada nilai estetika atau keindahan. Sama seperti fashion, hanya saja pengetahuan tentang genre klasik atau kontemporernya diterapkan pada bidang desain tertentu.

 

Jurusan Fisika

Kamu dapat menjelaskan dengan gamblang tentang bagaimana black hole tercipta? Apakah history pada browsermu sebagian besar tentang artikel ilmiah? Kamu juga punya minat pada riset dan teori ilmiah, hingga memilih poster Eisntein untuk dipajang di dinding kamar alih-alih Ariana Grande, misalnya? Well, jika kamu punya salah satu ciri semacam ini, sepertinya kamu bakalan hepi kalau kuliah di Jurusan Fisika.

 

Jurusan Bisnis

Jika kamu seseorang yang pintar bergaul, mudah berbaur, dan suka berinovasi dengan ide-ide kreatif, sepertinya kamu sudah punya modal awal untuk berkecimpung didunia bisnis. Jadi, kenapa nggak mempertimbangkan kuliah di Jurusan Bisnis? Disini kamu akan diajari tentang seluk beluk menjadi entrepreneur yang sukses.

 

Jurusan Teknik

Jurusan teknik apapun yang kamu pilih, pasti dia ada di Fakultas Teknik. Agar kuliah teknik selesai, dibutuhkan orang-orang yang kritis, punya minat yang tinggi pada hal-hal teknis, serta memiliki pemikiran yang analitis sekaligus kreatif. Jika semua ini ada pada dirimu, seberat-beratnya kuliah teknik pasti ada jalan keluarnya.

 

Jurusan Pendidikan

Berbagai bidang jurusan pendidikan biasanya berada di FKIP – meskipun beberapa perguruan tinggi menempatkan jurusan pendidikan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tapi tetap sama, kok. Jurusan ini mencetakmu menjadi pengajar yang handal. Pertanyaannya, apa kamu punya modal untuk itu? Apa kamu bisa membuat teori rumit terdengar sederhana saat menjelaskannya pada temanmu?

 

Dan kamu tipe orang yang seperti apa? Apa yang kamu sukai? Bagaimana caramu membawa diri? Mungkin, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini, kamu bisa menentukan jurusan kuliah yang sesuai.

Lebih masukan Blog

Temukan Tipe Kepribadian dan Profesimu Disini

Adalah Carl Gustav Jung, seorang psikiater Swiss yang memberi landasan teori psikologi dalam...

Pilih Jurusan Kuliahmu Sesuai dengan Tipe Kepribadianmu – Punyamu yang Mana, Nih?

Masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah? Udah tahu kan, kalau pilihan jurusan tuh...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka