redesain-navbar Portlet

null

Blog

Teknik Informatika UNS - Universitas Sebelas Maret: D3 dan S1

Pilihan Prodi Informatika di UNS terdiri dari program D3, S1, dan S1 Kependidikan.

Teknik Informatika UNS, photo by Luca Bravo on Unsplash

Tahukah Sobat, kalau Teknik Informatika UNS itu ada lebih dari satu? Kok bisa ada lebih dari satu? Gimana tuh?

Yup, Universitas Sebelas Maret membuka Prodi D3 Teknik Informatika, S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, serta S1 Informatika. Akreditasi Teknik Informatika UNS saat ini berturut-turut B, A, dan A.

Pilihan yang berat nih, buat Sobat yang ingin kuliah Informatika, khususnya di UNS. Nah, biar nggak salah pilih, kita cari tahu yuk, semua tentang Informatika UNS!

 

D3 Teknik Informatika UNS

Photo by Emile Perron on Unsplash

Jurusan Teknik Informatika pada program vokasi ini merupakan bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Jumlah mahasiswa baru yang diterima di D3 Teknik Informatika UNS setiap tahunnya mencapai sampai 150 orang yang biasanya terbagi ke dalam enam kelas.

Apa yang dipelajari di Teknik Informatika D3 UNS? Beberapa mata kuliahnya antara lain Algoritma dan Pemrograman Dasar, Konsep Basis Data, Struktur Data, Desain Web, Jaringan Komputer, Multimedia, Game Development, Animasi Grafis, Wireless Communication, Aplikasi Mobile, Rekayasa Bisnis TI, dan masih banyak lagi.

Termasuk mata kuliah praktikum, mahasiswa D3 Teknik Informatika UNS harus menuntaskan 115 SKS untuk meraih gelar Ahli Madya. Dengan gelar tersebut, prospek kerja Teknik Informatika D3 tak bisa dipandang sebelah mata, Sobat. Banyak perusahaan swasta nasional yang membutuhkan keahlian Ahli Madya Informatika UNS.

Alumni D3 Teknik Informatika UNS banyak yang berprofesi sebagai administrator jaringan, administrator basis data, application programmer, application designer, game designer, maupun game programmer. Ragam profesi yang menarikkah buatmu, Sobat?

 

S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS

Photo by Javier Quesada on Unsplash

Sobat Pintar bisa menebak, di fakultas apakah S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS? FMIPA juga, seperti D3 Teknik Informatika UNS?

Nope! Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS adalah bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Berada di fakultas yang berbeda, jangan heran kalau mata kuliah mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer berbeda dari Jurusan Teknik Informatika yang non-kependidikan.

So, apa yang dipelajari di Teknik Informatika kependidikan? Beberapa mata kuliah S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS antara lain Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Algoritma dan Struktur Data, Administrasi Jaringan Komputer, Teknik Animasi, Desain Grafis Percetakan, Rekayasa Perangkat Lunak, dan lain sebagainya.

Selain mata kuliah keahlian Informatika di atas, mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS wajib mengikuti mata kuliah kependidikan agar layak meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Sebagian mata kuliahnya yaitu Ilmu Pendidikan, Landasan Keilmuan PTK, Profesi Kependidikan, Strategi Belajar Mengajar, Evaluasi Pendidikan, Pengelolaan Kelas Digital, Pendidikan Inklusi, dan lain-lain.

Dari nama fakultas dan mata kuliahnya saja, kita bisa langsung menebak kalau alumni S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer bakal menjadi guru atau dosen. Nggak salah kalau kita punya prediksi seperti itu, Sobat.

Tapi asal Sobat tahu, nih. Prospek kerja Teknik Informatika kependidikan sebenarnya tak tak terbatas pada profesi guru dan dosen saja. Alumni S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer juga punya kesempatan yang sama untuk menjadi programmer, database administrator, system analyst, network administrator, maupun profesi-profesi lain di bidang IT.

 

S1 Informatika UNS

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Nah, ini dia, Prodi Informatika pada jenjang S1 yang ada di FMIPA UNS. Untuk menjadi seorang Sarjana Sains (S.Si.) dari Prodi Informatika UNS, kita harus menyelesaikan 9 SKS mata kuliah minat, 30 SKS mata kuliah pilihan, dan 105 SKS mata kuliah wajib.

Apa saja tepatnya yang dipelajari di Teknik Informatika UNS ini? Beberapa mata kuliahnya antara lain Konsep Pemrograman, Organisasi Sistem Komputer, Metode Numerik, Sistem Operasi, Kecerdasan Buatan, Rekayasa Perangkat Lunak, Pengembangan Aplikasi Bergerak, Teori Bahasa dan Automata, Data Mining, dan lain-lain.

Dari keahlian yang dipelajari pada mata kuliah di atas, kira-kira bagaimanakah prospek kerja Teknik Informatika UNS pada jenjang S1 ini, Sobat? Alumni Informatika UNS dibekali kemampuan untuk menjadi tenaga profesional seperti programmer, analis sistem, administrator basis data, pengelola data warehousing, tenaga fungsional dan teknis data mining, manajer jaringan internet, webmaster, administrator LAN, hingga konsultan Sistem Informasi.

Wait, seorang alumnus S1 Teknik Informatika UNS juga bisa berprofesi sebagai konsultan Sistem Informasi? Iya, Sobat. Meskipun Sistem Informasi dan Teknik Informatika itu berbeda, alumni Prodi Informatika UNS bisa mengembangkan minatnya dengan mendalami kompetensi pilihannya masing-masing.

 

Setelah mengetahui kurikulum dan prospek kerja Teknik Informatika dari ketiga jurusan UNS di atas, manakah yang akan Sobat pilih? Jangan sampai salah pilih, ya. Kalau perlu, cari tahu lebih banyak tentang apa itu Teknik Informatika di Cari Jurusan.

10

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

nomor telepon

+62 812 2000453

email

info@akupintar.id

Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat

Layanan

Universitas

Siswa

Informasi

Kebijakan Privasi

Syarat & Ketentuan

Karir

Ikuti Kami

Facebook Instagram Youtube