redesain-navbar Portlet

null

Blog

Akuntansi UPI - Universitas Pendidikan Indonesia: Ada 2 Pilihan, Loh!

Ada Jurusan/Prodi Akuntansi dan Pendidikan Akuntansi diĀ UPI Bandung.

Akuntansi UPI, photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels

Bingung nggak sih, mau pilih Prodi Akuntansi atau Akuntansi Pendidikan? Keduanya memang sama, tapi berbeda. Eh, gimana?

Salah satu yang bikin kedua prodi atau jurusan ini sama adalah universitasnya. Adalah Universias Pendidikan Bandung (UPI), sebuah universitas negeri di Kota Bandung, Jawa Barat, yang memiliki baik Prodi Akuntansi maupun Pendidikan Akuntansi.

Ehm... Biar nggak makin bingung, kita kepoin lebih banyak sini yuk, Sobat Pintar!

 

Akuntansi di UPI Bandung

Photo by Dan Dimmock on Unsplash

Sebelum menjadi universitas seperti sekarang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pernah menjadi sebuah institut. Sobat bisa tebak apa nama UPI dulunya? Iya, institusi pendidikan tinggi ini dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung.

Saat masih menjadi IKIP Bandung, jurusan yang ada waktu itu adalah Akuntansi Pendidikan. Dari nama institusinya saja Sobat pasti bisa menebak kalau jurusan Prodi Akuntansi pada masa itu meluluskan calon-calon guru. Gelar alumni S1 Pendidikan Akuntansi adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Setelah IKIP Bandung berganti menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dibuka pula Prodi Akuntansi yang meluluskan Sarjana Ekonomi (SE). Sejak saat itu, calon mahasiswa baru UPI punya pilihan, Sobat. Mau jadi Sarjana Akuntansi atau Sarjana Pendidikan?

 

Pendidikan Akuntansi UPI

Photo by Kindel Media on Pexels

Pendidikan Akuntansi UPI saat ini sudah meluluskan seribu lebih alumni dengan sekitar 450 mahasiswa aktif. Jika nantinya kuliah di Pendidikan Akuntansi UPI, Sobat Pintar harus menyelesaikan 145 SKS yang terdiri dari mata kuliah Akuntansi Pendidikan dan keahlian Akuntansi, seperti:

- Kurikulum dan Pembelajaran

- Landasan Pendidikan

- Strategi Pembelajaran Akuntansi

- Telaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Akuntansi

- Media Pembelajaran dan Literasi ICT Akuntansi

- Ekonomi dan Keuangan Syariah

- Pengantar Ekonomi Mikro

- Sistem Informasi Akuntansi

- Akuntansi Pemerintahan

- Akuntansi Perpajakan

- Statistika Terapan, dll.

Berminat kuliah di Pendidikan Akuntansi UPI, Sobat? Bagaimana peluangmu lolos di SNMPTN dan SBMPTN? Pada seleksi tahun 2021, salah satu jurusan di UPI Bandung ini menyiapkan 20 dan 40 kursi masing-masing di jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jumlah peminat yang mendaftar di kedua jalur tersebut pada tahun 2020 mencapai 337 dan 380 peserta.

Nah, sudah bisa memetakan peluangmu kuliah di Pendidikan Akuntansi UPI, Sobat Pintar? Asal tahu aja nih, akreditasi Jurusan Akuntansi UPI di bidang kependidikan ini sudah A. It's going to worth the fight, isn't it?

 

Akuntansi UPI

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Bagaimana dengan Prodi Akuntansi? Nah, kalau jurusan Akuntansi UPI yang satu ini memang menyiapkanmu untuk menguasai Ilmu Akuntansi, Sobat Pintar. Coba bandingkan mata kuliah Pendidikan Akuntansi UPI di atas dengan mata kuliah Prodi Akuntansi UPI di bawah ini:

- Pengantar Manajemen

- Ekonomi dan Bisnis Syariah

- Hukum Pajak dan Perpajakan

- Sistem Informasi Manajemen

- Akuntansi Biaya

- Pengauditan Internal

- Sistem Informasi Akuntansi

- Akuntansi Topik Khusus

- Etika Bisnis dan Profesi, dll.

Mahasiswa Prodi Akuntansi UPI juga dapat memilih beberapa mata kuliah bidang spesialisasi Akuntansi yang diminatinya, seperti Metode dan Analisis Perancangan Sistem, Manajemen Keuangan Islam, Audit Sistem Informasi, dan Audit Forensik.

Akreditasi Jurusan Akuntansi di UPI Bandung juga sudah A. Alumninya sekarang ini sudah mencapai seribu lebih dengan mahasiswa aktif di angka 479.

Menariknya, daya tampung Prodi Akuntansi UPI dan Pendidikan Akuntansi UPI pada jalur SNMPTN dan SBMPTN di tahun 2021 itu sama persis, Sobat. Hanya saja, peminat Prodi Akuntansi di SNMPTN dan SBMPTN pada tahun 2020 masing-masing mencapai 1.058 dan 1.137 peserta. Kalau begitu, bagaimana peluangmu masuk salah satu Jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia ini, Sobat Pintar?

 

Prospek Kerja Alumni Akuntansi dan Akuntansi Pendidikan UPI

Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Jika membandingkan angka peminat pada kedua jurusan di UPI Bandung di atas, we've gotta admit, jauh banget ya, Sobat! Lantas, apakah tingginya peminat itu berarti prospek kerja yang lebih baik?

Sarjana Akuntansi dari UPI Bandung dibutuhkan di bidang perpajakan maupun akunting. Perusahaan-perusahaan dalam negeri membutuhkan Sarjana Akuntansi dengan kemampuan yang dimiliki oleh alumni Prodi Akuntansi UPI.

Di sisi lain, mahasiswa Pendidikan Akuntansi UPI dibekali dengan Ilmu Akuntansi (sekitar 80%) dan Ilmu Kependidikan (sekitar 20%). Tak heran dong, kalau alumni Akuntansi Pendidikan memang punya bekal untuk menjadi pendidik. Tapi prospek kerja Pendidikan Akuntansi UPI itu tak terbatas pada profesi guru atau dosen saja.

Sudah tahu kurikulumnya, peluang masuknya, sampai akreditasi Akuntansi UPI. Jadi, lebih berat mana nih pilihanmu, Sobat? Akuntansi atau Akuntansi Pendidikan yang akan dipilih?

20

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

nomor telepon

+62 812 2000453

email

info@akupintar.id

Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat

Layanan

Universitas

Siswa

Informasi

Kebijakan Privasi

Syarat & Ketentuan

Karir

Ikuti Kami

Facebook Instagram Youtube