redesain-navbar Portlet

Blog

5 Hal yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa untuk Persiapan Kuliah

Tahun terakhir SMA mungkin bisa dibilang masa-masa yang campur aduk, antara menyedihkan tapi juga menyenangkan. Sedih, karena harus pisah dengan teman-teman sekolah, tapi senang juga karena bakal merasakan dunia baru bernama dunia perkuliahan.

Bagi sebagian siswa SMA, menjadi seorang mahasiswa memang jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, karena bisa dapat banyak pengalaman sekaligus teman-teman baru.

Tapi, menjadi seorang mahasiswa itu adalah bagian dari proses menuju kedewasaan, yang menuntut kita untuk belajar mengatur dan menentukan masa depan kita sendiri. Dunia kuliah itu beda dengan masa sekolah, karena itu para calon mahasiswa harus melakukan persiapan juga agar bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Jadi, cek dan catat dulu yuk persiapan masuk kuliah untuk calon mahasiswa berikut ini!

 

5 Persiapan Kuliah untuk Calon Mahasiswa

1. Persiapkan Mental

Ingat, dunia SMA dan dunia perkuliahan itu adalah dua dunia yang berbeda banget, jadi untuk persiapan yang pertama, kita perlu ubah mental dulu. Kuliah itu penuh dengan beragam aktivitas yang berbeda dan nggak terduga, beda sama pas di SMA yang aktivitasnya itu-itu aja.

Cobalah untuk berusaha mendengarkan saran dan kritik yang membangun sebanyak mungkin, jangan cepat puas sama pujian orang lain. Kenapa? Karena di perkuliahan nanti, kita akan dituntut untuk jadi mahasiswa yang aktif mencari informasi dan nggak cepat puas dengan pencapaian yang seadanya.


2. Cari Info tentang Calon Kampus

Jadi mahasiswa baru berarti memasuki situasi yang berbeda yang mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Nah, disinilah waktunya untuk aktif mencari informasi tentang calon kampus kita.

Pertama-tama, cari dulu melalui internet atau media sosial. Bila perlu, gunakan saja aplikasi gratis buat cari info tentang kampus. Nah nanti kalau udah resmi jadi mahasiswa di kampus itu, kita bisa bertanya-tanya langsung sama senior, dosen, staf kampus, atau teman tentang hal-hal yang perlu diketahui dari kampus kita.

Kalau sudah tahu dan mempelajarinya, kita pasti bisa beradaptasi dengan mudah, deh!


3. Cari Info tentang Biaya Kuliah

Cari tahu tentang total biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah di kampus yang dituju. Mulai dari biaya untuk ujian, biaya uang pangkal, biaya per semester, sampai biaya SKS, dan keperluan sejenisnya.

Kalau merasa belum lengkap, saat sudah resmi jadi mahasiswa baru nanti, kita juga bisa menggali informasi tentang biaya-biaya penunjang perkuliahan lainnya dengan bertanya sama senior atau pihak administrasi kampus. Kenapa? Karena kadang biaya yang berlaku sekarang bisa berubah di semester berikutnya.

Nah, untuk masalah biaya ini, ada solusi kok buat kita. Sekarang kita bisa mencicil biaya kuliah kita dengan mudah, lho! Caranya gampang, tinggal buka aplikasi Aku Pintar dan klik fitur Dana Pintar, kemudian pilih CICIL.

CICIL.co.id adalah platform yang memberikan akses pembiayaan pendidikan untuk mahasiswa yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Fokusnya adalah untuk membantu mahasiswa dalam memberikan solusi pembiayaan kuliah, baik biaya uang pangkal atau biaya semesteran, dengan metode cicilan yang terjangkau dan bertanggung jawab.

Nah, setelah masuk di halaman Dana Pintar, pilih bantuan biaya pendidikan CICIL, lakukan simulasikan kebutuhan pembiayaan pendidikan kamu, kemudian klik Ajukan.

 

4. Belajar Manajemen Waktu

 Kalau di sekolah jadwal pembelajaran diatur sama pihak sekolah, di perkuliahan kitalah yang mengatur jadwal belajar kita sendiri. Di sinilah kita dituntut untuk bisa melakukan manajemen waktu. Kalau bisa mengatur waktu perkuliahan sendiri, kita akan mendapatkan banyak waktu kosong yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan positif.

Tapi, kalau nggak bisa mengatur waktu, yang ada malah waktu 24 jam selama berkuliah itu terasa kurang bagi kita. Rasanya pasti nggak ada waktu istirahat untuk fisik dan mental selama kuliah. Pastinya, akan berpengaruh juga sama nilai kuliah dan lamanya waktu menyelesaikan studi.

Apalagi sekarang kita harus mengikuti perkuliahan jarak jauh. Butuh trik-trik cerdas mengatur waktu nih, agar tugas-tugas kuliah selesai dan kita masih punya waktu untuk istirahat atau mengerjakan hal-lain yang positif. Karena itu, lakukan manajemen waktu seefektif mungkin ya biar jadi lebih efisien.

 

5. Belajar Mengatur Keuangan Sendiri

Proses menjadi dewasa bisa dilihat dari seberapa pintar kita dalam mengatur keuangan sendiri selama berkuliah. Mulailah berlatih untuk mencatat tiap pemasukan dan pengeluaran, biar nanti saat mulai masuk kuliah kamu terbiasa untuk melakukan hal ini secara rutin tiap bulannya.

Apalagi selama berkuliah ada banyak banget kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari biaya uang kuliah, biaya kost, biaya makan, biaya transportasi, sampai biaya kebutuhan kuliah lainnya. Semua harus diatur dan dibagi biar kita juga bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.

Udah dicek apakah persiapan di atas udah dilakukan apa belum? Kalau belum, persiapkan dirimu dulu dengan cara-cara di atas ya, Sobat Pintar. Kalau persiapan kuliah untuk masuk perguruan tinggi udah mantap, pastinya kita juga jadi lebih mudah untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru, kan?

Be ready and enjoy the process!

 

 

 

Penulis: Adiningrum Puspahapsari

Editor: Deni Purbowati

0
40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet