redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Cara Mengatur Waktu Belajar dan Berkegiatan Aktif dari Rumah

Dengan pengaturan waktu yang baik, akan ada lebih banyak kegiatan yang dapat dikerjakan.

Cara Mengatur Waktu, image credit Aron Visuals

Setelah beberapa bulan harus belajar dari rumah, kita pun mulai menyadari bahwa mengatur waktu itu penting. Dari belajar, bermain, olah raga, membantu orang tua, bersantai, dan istirahat kita kerjakan semua di rumah karena pandemi yang sedang merebak.

Dan jika dicermati lagi, Sobat. Berapa jam yang kita butuhkan untuk belajar? Apakah durasi belajar di rumah sama seperti ketika kita belajar di sekolah? Berapa lama lagi waktu yang kita butuhkan untuk mengerjakan tugas? Kapan membantu membereskan dan membersihkan rumah? Nah, bagaimana cara membagi waktu untuk semua itu?

 

1. Tahu dan Jujur pada Diri Sendiri tentang Prioritas

Dalam hati kita pasti tahu bahwa tugas dari guru atau dosen harus dikerjakan. Kita pun sadar bahwa tugas utama kita sebagai pelajar adalah belajar. Tapi seberapa jujur kita bisa menerimanya? Dengan kata lain, sudahkah kita mengatur waktu dan membuat prioritas untuk mengerjakan tugas – alih-alih main game, misalnya?

Jika menuruti keinginan, mungkin kita akan memilih main game. Tapi jika mampu memilih untuk mengerjakan apa-apa yang memang harus dilakukan, entah kita menyukainya atau tidak, maka sebenarnya kita sudah separuh jalan. Pasalnya, salah satu cara mengatur waktu dengan yang baik adalah tahu apa yang harus diprioritaskan, dan lantas mengerjakannya.

 

2.  Hati-Hati dengan Distraksi – Hindari atau Hilangkan

Sudah bersiap melangkah mengambil buku, tapi ekor mata menangkap game console. Apakah langkah kakimu beralih ke game console, Sobat? Hati-hati, distraksi bisa menjadi musuh utama saat kita berusaha mengatur waktu.

Bagaimana cara mengatur waktu dan meminimalkan godaan untuk menunda kegiatan prioritas kita? Sederhana saja, Sobat. Jika distraksi itu game console, simpan di tempat khusus agar tak tampak oleh mata ketika kita akan belajar. At least, cover it with something and try to not think about it.

Bagaimana dengan godaan atau distraksi yang lain? Bentuk distraksi bisa bermacam-macam, seperti televisi, film atau serial favorit, adik atau kakak teman bermain (dan bertengkar), media sosial, bahkan grup chat. Apapun bentuknya, pada dasarnya cara membagi waktu yang perlu kita lakukan sama yaitu kesampingkan atau abaikan dulu distraksinya.

 

3. Tahu Kapan dan Apa yang Dapat Dikerjakan Bersamaan

Pernah mendengar kata multitasking, Sobat? Yes, you're right. Ketika kita mengerjakan dua hal atau lebih secara bersamaan, itu artinya kita sedang multitasking. Kita dapat mengatur waktu dengan cara multitasking seperti membantu orang tua membersihkan rumah sambil menjaga toko, bermain dengan adik sambil berolahraga, dan lain sebagainya.

However, we can't multitask in studying. Kita memerlukan fokus saat belajar atau mengerjakan tugas, yang tak dapat kita lakukan sambil membantu mengasuh adik, misalnya. Obviously, we can't study while playing a game on our gadgets or watching our favorite serials.

Let's be honest. Pernahkah Sobat mengatur waktu belajar sambil mengerjakan sesuatu yang lain? How was it going?

 

4. Istirahat Malam yang Cukup dan Bangun Pagi

Tanpa jam masuk sekolah di pagi hari, kita dapat dengan mudah tidur larut malam – bahkan menjelang pagi. Entah belajar, mengerjakan tugas, menonton drama secara maraton, atau bermain game, apapun yang kita kerjakan di malam hari membuat kita bangun lebih siang keesokan paginya. Surely, ini bukan cara mengatur waktu dengan baik.

Istirahat yang cukup di waktu malam dapat mempengaruhi kinerja dan cara membagi waktu kita keesokan harinya. Bangun siang pun sebenarnya membuat kita merasa lebih lesu sepanjang hari. Pernah memperhatikannya saat Sobat kurang tidur atau bangun kesiangan?

 

Memang tak ada patokan baku, benar atau salah, dalam mengatur waktu. Namun yang pasti, karena ritme dan gaya hidup kita berubah saat ini maka kita harus pandai-pandai menemukan cara mengatur waktu yang paling pas bagi diri sendiri. Kalau Sobat, bagaimana caramu mengatur waktu selama belajar dari rumah?

430

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp