redesain-navbar Portlet

null

Blog

Teknik Pencarian di Google – Bikin Hidupmu Mudah dengan 6 Cara Ini

Dengan trik-trik sederhana, cara search di mesin pencarian menjadi lebih efisien.

tips google, Photo by Christin Hume on Unsplash

Sobat Pintar pernah bertanya ke Google apa saja tips mencari di Google? Eits. Jangan melotot dulu. Hari gini apa sih yang enggak kita tanyakan ke Google? Mulai dari cara belajar sampai cara menyontek, semua kita tanyakan ke Google. (Ehm... nomor ponsel doi juga nanya ke Google?)

Biar pencarianmu semakin tajam, setajam... rautan pensil, sebenarnya ada beberapa teknik pencarian di Google yang wajib diketahui. Mau tahu bagaimana cara menggunakan mesin pencari ini agar hasilnya spesifik, enggak melantur ke mana-mana? Nah, pengaturan yang digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian yang lebih spesifik adalah?

 

1. Tanda Hubung (-)


Photo by SHVETS production on Pexels

Sobat Pintar pasti sudah cukup sering menggunakan tanda hubung (hypen). Kita menggunakannya pada pengulangan kata, seperti kupu-kupu atau sayur-mayur. Namun khusus pada salah satu tips Google ini, tanda hubung digunakan untuk mengecualikan pencarian kita.

Misalnya, Sobat Pintar mencari rekomendasi aplikasi untuk belajar secara mandiri. Tetapi, Sobat tidak ingin mendapatkan rekomendasi aplikasi belajar untuk tingkat SMA. Maka, cara menggunakan Google search adalah dengan mengetikkan: aplikasi belajar –SMA.

 

2. Tanda Kutip (" ")

kata kunci google
Photo by Mike van Schoonderwalt on Pexels

Tanda kutip, seperti yang kita pelajari di kelas Bahasa Indonesia, digunakan untuk menuliskan kalimat langsung. Misalnya, oma bertanya "Di mana adikmu?"

Beda lagi dengan Google, Sobat. Tanda kutip merupakan trik pencarian Google yang dapat memberi kita hasil pencarian berupa frasa dengan urutan kata yang sama persis seperti yang kita tuliskan. Misalnya, Sobat ingin membaca salah satu puisi karya Sapardi Djoko Damono. Saking banyaknya puisi beliau, cara search di Google harus disempitkan.

Gunakan saja urutan kata yang Sobat ingat dalam tanda kutip. Cara searching Google adalah dengan mengetik "pada suatu hari" untuk memunculkan puisi Sapardi Djoko Damono yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti.

 

3. Tipe File

cara search
Photo by Mike on Pexels

Bagaimana cara mencari PDF di Google? At one point, pertanyaan ini pasti pernah nyantol di kepala.

Jika Sobat Pintar mencari suatu informasi dalam satu jenis file tertentu saja, seperti PDF, jangan keburu panik duluan. Gampang kok, cara menggunakan mesin pencari Google-nya. Setelah mengetikkan informasi yang dicari, tambahkan saja kata filetype: diikuti dengan jenis file yang diinginkan. Misalnya, ketik membuat akuarium filetype:pdf jika Sobat Pintar ingin mendapatkan informasi tentang pembuatan akuarium.

 

4. Pencarian di Situs Tertentu


Photo by Igor Miske on Unsplash

Ada nggak sih, Sobat Pintar yang die hard fan-nya idol tertentu? Kalau begitu, ada nggak, Sobat Pintar yang die hard fan-nya situs tertentu? 'Enggak bisanya' mengakses situs lain udah kayak enggak bisanya berpaling ke idol lain, gitu. Hayo, ada nggak?

Nah, kalau enggak mau direcokin dengan hasil pencarian Google dari situs atau web lain, ada triknya nih, Sobat. Cara mencari kata di web tertentu adalah dengan mengetikkan site: diikuti dengan situs favoritmu itu. Misalnya, untuk mencari cara belajar di Aku Pintar, ketik cara belajar site:akupintar.id.

 

5. Waktu di Tempat Lain

tips mencari di google
Photo by Tara Winstead on Pexels

Long distance relationship, entah dengan orang tua atau doi, selalu penuh tantangan. Tak mudah menjalin komunikasi dengan jam istirahat dan jam sibuk yang berbeda. Kalau ada hal-hal mendadak yang harus segera dibicarakan, bagaimana, dong? Tanya Google dulu, jam berapa di tempat lain itu.

Caranya gimana? Gampang, Sobat Pintar bisa menggunakan kata time atau waktu diikuti dengan nama negara atau kota. Cara menggunakan Google search untuk trik ini adalah dengan mengetik time Paris atau waktu Australia. Udah deh, Sobat tahu jam berapa di sana.

 

6. Gunakan Kata Kunci


Photo by Firmbee on Pixabay

Trik ini pasti tak asing lagi buatmu. Teknik pencarian di Google memang sederhana, berbeda dengan cara kita bertanya pada orang lain. Misalnya, Sobat Pintar disuruh membeli whipping cream untuk pertama kalinya. Alternatif pertama, Sobat bertanya di mana toko kue yang menjual whipping cream. Jika bertanya pada lima orang saja, Sobat Pintar akan mendapatkan lima jawaban yang berbeda – mereka mungkin akan mengarahkanmu ke toko langganannya masing-masing.

Alternatif kedua, Sobat bertanya ke Google. Eits, jangan bertanya seperti ke lima orang tadi, "Di mana toko kue yang menjual whipping cream?" Tetapi, gunakan kata kunci, seperti toko kue terdekat atau toko kue termurah atau toko kue terlengkap. Kata kunci Google membuat pencarianmu lebih efisien dan spesifik, sesuai dengan keinginanmu sendiri. Bagi orang lain, toko kue yang terlengkap mungkin lebih penting. Tapi dengan cara search Google, Sobat bisa mendapatkan referensi toko kue terdekat yang lebih cocok dengan jiwa magermu.

Dari keenam tips mencari di Google di atas, mana saja yang sudah Sobat ketahui? Dan trik pencarian Google mana yang masih baru dan bakal dicoba?

70

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet