redesain-navbar Portlet

Blog

Tentang Matematika, image via www.geeksforgeeks.org

Tentang Matematika: Pilih Kuliah Terapan atau Murni?

Selain Jurusan Matematika sendiri, Ilmu Matematika digunakan pula diberbagai jurusan lain yang menerapkan logika Matematika.

Sobat Pintar suka Matematika? Atau justru sebaliknya, pusing dengan kerumitan rumus-rumusnya? Cukup sering dibuat bete dengan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan satu atau dua digit angka? Sebenarnya kenapa sih, kita harus belajar Matematika?

 

Kenapa Harus Belajar Matematika?

Coba lihat teman-teman dikelas, Sobat. Apakah banyak teman-teman yang mahir Matematika biasanya juga mudah menguasai Kimia dan Fisika?

Bukan karena Kimia dan Fisika sama-sama memiliki elemen hitung-menghitung seperti dalam Matematika. Akan tetapi, Matematika membantu kita memahami matapelajaran lain yang memerlukan proses berpikir serupa. Matematikalah yang membentuk proses berpikir kita, sehingga kita lebih mudah memahami Kimia dan Fisika.

Itulah sebabnya, Matematika sering disebut sebagai induk ilmu pengetahuan, khususnya sains dan teknologi. Kita belajar Matematika untuk melatih logika dan kerangka pemikiran yang sistematis – bukan sekedar belajar tentang menggunakan rumus-rumus dan menyelesaikan soal-soal latihannya.

 

Kuliah Matematika – Is It An Option?

Bagi Sobat Pintar yang memang sudah menyukai Matematika, tentunya belajar Matematika tak lagi menjadi persoalan. Bahkan saking sukanya dengan Matematika, ada juga pelajar yang bercita-cita kuliah di Jurusan Matematika.

Tapi sudahkah Sobat tahu, Matematika pada pendidikan tinggi tak lagi sama dengan yang kita pelajari di Sekolah. Again, Matematika adalah induk pengetahuan. Jadi, ada banyak cabang ilmu Matematika diperguruan tinggi yang berakar dari Matematika Murni.

Statistika dan Aktuaria adalah dua contoh jurusan Matematika Terapan. Matematika yang kita pelajari dikedua jurusan tersebut berbeda dari Matematika yang dipelajari di Fakultas MIPA. Nah, ternyata pilihan jurusan kuliah tak hanya Matematika!

 

Matematika Murni, Bagaimana Itu?

Nama resmi Jurusan Matematika di FMIPA tak ada embel-embel Murni dibelakangnya. Tapi sebagaimana kita semua tahu matahari terbit di timur, begitulah kebanyakan orang memahami Matematika FMIPA adalah Matematika Murni.

Belajar Matematika di FMIPA masih sejalan dengan tujuan belajar Matematika di sekolah, yaitu memperkuat struktur pemikiran kita yang logis dan sistematis. Tak ada tujuan praktis dalam belajar Matematika Murni. Misalnya, saat belajar tentang bilangan, kita tidak mengaitkannya dengan tingkat suku bunga – topik yang dipelajari oleh mahasiswa Aktuaria.

Sebagaimana Matematika yang dipelajari disekolah, Matematika Murni memang tak ada kaitannya dengan kehidupan kita. Matematika Murni lebih dekat dengan Fisika, Astronomi, Ilmu Navigasi, dan ilmu-ilmu sejenisnya.

Bagi pakar Matematika Murni, Matematika adalah seni yang tak harus bermanfaat secara praktis dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana seorang pelukis dengan karya lukisannya, pakar Matematika melihat keindahan pada deduksi, sebab akibat, logika, dan penalaran yang disajikannya. Fungsi bukan nilai yang dikejar oleh Matematika Murni.

 

Matematika Terapan, Bagaimana Pula Dia?

Sebagai induk dari ilmu kuantitatif yang sangat luas, Matematika Murni melahirkan salah satu cabangnya yaitu Matematika Terapan. Nah, dalam Matematika Terapan inilah kita menggunakan logika Matematika dalam domain yang lain, seperti Aktuaria ataupun Statistika.  

Matematika Terapan yang dipelajari di Jurusan Statistika maupun Aktuaria nantinya dapat kita gunakan untuk menemukan solusi dari berbagai persoalan konkret sesuai dengan bidang yang membutuhkannya. Dalam Matematika Terapan, segala sesuatu yang nyata di dunia dapat dimodelkan secara matematis.

Salah satu contoh penggunaan Ilmu Statistika adalah pada survei. Misalnya kita ingin membuat produk sabun mandi dengan ukuran yang efisien. Kita pun membuat survei untuk mengetahui berapa kali orang mandi dalam sehari sehingga produk yang diluncurkan nantinya tepat sasaran.

Nah, kita menganalisis hasil survei dan meramalkan ukuran maupun tingkat penjualan sabun mandi tersebut dengan menggunakan rumus Matematika. Begitulah Matematika Terapan, yang dibutuhkan juga dalam dunia bisnis sekalipun.

 

Kuliah Matematika, Sudah Tepatkah Pilihanmu?

Jadi, jurusan kuliah apa yang dapat dipilih diperguruan tinggi bila Sobat Pintar sangat suka Matematika? Selain Matematika di FMIPA, tentu saja, sebenarnya ada beberapa pilihan jurusan yang dapat dipertimbangkan.

Dua jurusan telah disebutkan diatas, yaitu Statistika dan Aktuaria. Menyeberang keranah Soshum, Matematika juga dibutuhkan di Jurusan Akuntansi dan Ilmu Ekonomi. Nah, mana yang paling sesuai dengan minatmu, Sobat? Bila perlu, gunakan tes-tes pada Minat Pintar untuk membantu menemukan jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat dan bakatmu.

Lebih masukan Blog

Yakin Pilihan Jurusan Kuliahmu Sudah Tepat? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini!

Did you know checklist? Secara sederhana, checklist adalah list atau daftar apa saja...

4 Perbedaan SMA dan SMK

Setelah lulus SMP, baiknya lanjut ke SMA atau SMK? Atau, sudah berstatus siswa disalah...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka