redesain-navbar Portlet

Blog

Teropong Masa Depanmu, photo via alison.com

Teropong Masa Depanmu pada 6 Jenis Pekerjaan Ini

Perencanaan profesi sedari awal dapat mempengaruhi pilihan jurusan kuliah.

What do you have in your mind about your future, Sobat? What do you want to do? Atau sebaliknya, Sobat Pintar cenderung mengikuti tren mainstream saja? Apapun pilihanmu, ada baiknya kita lihat pekerjaan-pekerjaan apa saja yang terbilang menjanjikan saat ini.

 

1. Data Scientist

Untuk menjadi seorang data scientist, latar belakang pendidikan yang paling relevan adalah dari Jurusan Ilmu Komputer, Statistika, dan Matematika. Namun pada dasarnya, bidang data science terbuka bagi mereka dari jurusan-jurusan teknik, ilmu sosial, dan sains.

Karena sifatnya yang multi disipliner, data science memerlukan orang-orang yang cakap dalam programming, statistika, machine learning, kalkulus, aljabar linear, visualisasi data, komunikasi, software engineering, dan lain-lain. Glassdoor menyebutkan, penghasilan seorang data scientist dapat mencapai $113,436 per tahun.

 

2. Site Reliability Engineer

Saat seorang software engineer melakukan suatu operasi, maka yang dihasilkan berupa site reliability engineering. Site reliability engineering sendiri menggabungkan aspek-aspek software engineering dan menerapkannya pada infrastruktur agar tercipta sistem software yang dapat diukur dan dipercaya.

Seorang site reliability engineer bisa jadi merupakan seorang software engineer atau seseorang dengan pengetahuan yang memadai tentang coding dan automation. Ragam pekerjaannya misalnya berupa intervensi secara manual, pengembangan fitur baru, scaling atau automation.

 

3. Account Executive

Dalam industri periklanan dan pemasaran, seorang account executive biasanya menangani client servicing dan client acquisition. Account executive, atau dikenal juga sebagai account handler, menjadi penghubung antara agen periklanan dengan klien dan memastikan bahwa keinginannya terpenuhi.

Sobat Pintar ingin menjadi seorang account executive? Pekerjaan ini memerlukan kreativitas, kemampuan manajerial, keterampilan interpersonal, leadership, kemampuan analisis, keterampilan verbal, dan lain sebagainya. Maka, tingkatkan dan kembangkan potensimu pada aspek-aspek tersebut.

 

4. Desainer Produk

Untuk menjadi seorang desainer produk, Sobat Pintar harus mampu melihat produk tanpa batasan masa. Pemahaman tentang bisnis, budgeting, dan manajemen juga menjadi aspek penting untuk menjadi seorang desainer produk yang baik.

Seorang desainer produk, dengan keterampilan desain dan pengetahuan teknisnya, bertugas meningkatkan kinerja dan tampilan produk yang sudah ada dan kemudian memproduksinya dengan biaya yang lebih rendah. Karya desainer produk beragam, mulai dari produk-produk medis hingga peralatan elektronik dan telekomunikasi.

 

5. Customer Success Manager

Customer success manager adalah pihak yang bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat loyalitas kustomer. Tentunya, loyalitas tersebut terkait erat dengan tingkat kepuasan kustomer yang diperoleh dari pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Perusahaan IT adalah yang paling banyak menggunakan jasa seorang customer success manager, yang biasanya bertugas menyediakan dukungan teknisbagi kustomer. Menurut Pay Scale, seorang customer success manager dapat memperoleh penghasilan hingga $60,841 per tahun.

 

6. Engagement Manager

Engagement manager disebut juga sebagai management consultant, menurut The Bureau of Labor Statistics. Ditilik dari tugas-tugasnya, seperti billing dan invoicing hingga memenuhi ekspektasi klien, kedua istilah tersebut memang dapat digunakan.

Untuk menjadi seorang engagement manager, Sobat Pintar haruslah memiliki pengalaman dibidang customer service dan customer relations. Lebih baik lagi bila Sobat memiliki latarbelakang pendidikan bisnis sehingga memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang bisnis, komunikasi, dan manajemen yang memadai.

 

Linkedin menyebutkan product owner, solution architect, information technology lead, dan scrum master merupakan pekerjaan-pekerjaan yang juga dianggap menjanjikan saat ini. Bisa mulai dipertimbangkan sedari sekarang ya, Sobat. Who knows, perhaps you'll be in the same fields in the near future.

Lebih masukan Blog

Akreditasi A: Psikologi di 6 PTS Ini

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku...

Coba: 6 Jurus Jitu Anti galau

Diusia-usia remaja hingga dewasa awal, wajar saja bila kita sering merasa galau. Perasaan...

Menambah Komentar

Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line