PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.bedpostblog.com

Terpaksa Begadang? 6 Cara Ini Ampuh Dicoba Dipagi Hari

Tips Pelajar dan Mahasiswa

Setelah semalaman begadang menuntaskan tugas atau ngebut belajar demi ujian, bagaimana supaya kamu bisa melek dipagi hari? Apapun alasanmu begadang, bahkan untuk tujuan receh sekalipun, diperlukan jurus-jurus sakti ini agar kamu siap masuk kelas keesokan paginya.

 

1. Mandi Air Dingin

Udah udaranyadingin, pake mandi air dingin pula dipagi hari? Yup! Suhu dingin dapat memicu syaraf badanmu lebih aktif, mengusir rasa kantukmu dengan seketika. Kekuatan air dingin ini akan makin ampuh saat digabungkan dengan sabun mandi beraroma segar seperti lemonatau citrus.

 

2. Kafein

Kafein bisa diperoleh dari kopi atau teh, tergantung kebiasaan dan kesukaanmu. Mengkonsumsi secangkir kopi atau teh dipagi hari dapat membuatmu terjaga selama tak ada masalah dengan lambungmu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk memaksa badanmu terjaga dengan kafein setelah (nyaris) semalaman tak tidur. Pasalnya, kafein juga dapat meningkatkan rasa gelisah yang berlebihan dan sifat diuretiknya dapat membuatmu dehidrasi.

Sebaliknya, jika sudah sangat terbiasa, tak butuh waktu lama (sekitar 15 sampai 30 menit) untuk melek selebar-lebarnya begitu kafein masuk dalam sistemmu. Efek ini akan tetap terasa sampai 3 atau 4 jam kemudian, dan kamu bisa mengulang siklus efek kafein ini dengan minum secangkir kopi atau teh lagi. Tapi ingat, badan kita punya batas toleransinya pada kafein dan kamu harus minum air banyak-banyak untuk mengantisipasi dehidrasi.

 

3. Air Mineral

Air mineral, atau air putih biasa, yang segar dapat membuat badanmu terasa segar pula. Bahkan terkadang, bisa saja kamu merasa ngantuk padahal sebenarnya hanya merasa haus.

Tentunya, kalau memang abis begadang, rasa kantuk dipagi hari itu bukan karena haus. Untuk mengatasi kantukmu, 2 gelas air segar dapat membantumu. Menjaga badanmu tetap terhidrasi sepanjang hari, dengan membawa botol air minum, juga dapat menjaga level konsentrasimu.

 

4. Sarapan Sehat

Saat kita kurang tidur, badan secara alami mencari kompensasi untuk bertahan dengan timbulnya rasa lapar yang lebih dari biasanya. Padahal, dengan begadang, metabolisme tubuh sudah cukup kacau. Alhasil, mencerna makanan berat dipagi hari adalah pekerjaan berat bagi sistem pencernaan. Buntutnya, kadar gula darahmu menjadi tak stabil.

Alih-alih mie instan, bubur ayam, atau gorengan, pilihlah sumber-sumber protein seperti telur sebagai menu sarapan saat kamu tak cukup tidur pada malam sebelumnya. Membatasi sarapan pada menu protein akan memberi badanmu satu pilihan saja untuk dicerna. Selain itu, protein juga membantu menjaga stabilitas gula darah.

 

5. Sinar Matahari

Badan kita mengasosiasikan gelap dengan malam, dan malam dengan waktu istirahat. Demikian pula sebaliknya. Jadi, kalau kamu mau ngakalin deteksi alami ini, usahakan untuk berada dalam situasi terang benderang sejak pagi setelah begadang. Misalnya, kamu dapat menyalakan lampu atau langsung saja berjemur dibawah sinar matahari pagi.

 

6. Tahan Napas

Menurut dr. Gia Pratama, terapkan metode menahan napas selama maksimal 20 detik, kemudian buang napas pelan-pelan, dan ulangi tiga kali untuk meningkatkan denyut jantung. Metode ini dapat membuatmu melek gegara jantung lebih giat memompa darah dan oksigen ke otak.

 

Begadang, apapun alasannya, sebenarnya tak sehat. Agar pekerjaanmu tuntas, hindari multitasking disisa hari setelah kamu begadang semalam sebelumnya. Membuat keputusan penting saat kamu kurang tidur juga dapat berakibat buruk karena memori dan kapasitas otak sedang menurun.

Tapi bila kamu tak punya pilihan dan harus begadang, bantulah badanmu agar tak terlalu banyak menderita. Misalnya, kamu bisa minum suplemen, terutama vitamin C dan B kompleks, atau air kelapa untuk mendapat tambahan kalium. Tidur sebentar disiang hari, selama 20-30 menit juga akan membuatmu lebih segar sesaat kemudian.

Lebih masukan Blog

Drivers' World Championship 2018: Mahasiswa PTN Ini Juara Dunia!

Pada pertengahan tahun 2018, tiga PTN besar di Indonesia mengikuti Drivers' World...

5 Profesi untuk Kamu yang Introvert

Kamu merasa sebagai seorang introvert? Suka nggak pede dengan kemampuanmu? Anak introvert...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru