redesain-navbar Portlet

Blog

21st Century Skills, photo via outschool.com

The 21st Century Skills – Apa Saja, Sih?

Pelajar abad ke-21 memerlukan skills yang sesuai untuk abad ke-21.

Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri, begitu pula pada masa Revolusi Industri 4.0 ini. Skill, keterampilan, atau kecakapan yang dianggap penting pada 100 tahun silam kecil kemungkinan masih memiliki bobot sedemikian berharga dimasa kini.

As the world keeps changing, we can't apply the same single ability for all ages. Today we need 21st century skills, which are a set of abilities students need to develop in order to succeed in the era of information. The 21st century skills terbagi kedalam tiga kategori besar – sebagaimana dikutip dari Throughtful Learning, Wabisabi Learning, dan Applied Educational Systems.

 

Learning Skills

Learning Skills bukan sekedar tentang belajar secara akademik, Sobat Pintar. Dalam cakupan yang lebih luas, learning skills mengacu pada proses mental yang dialami seseorang dalam rangka beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga dapat menjadi lebih baik lagi. Keterampilan belajar ini terdiri dari empat kecakapan:

- Critical thinking: related to finding solutions to problems. Bagi pelajar, kecakapan berpikir kritis diperlukan terutama untuk memecahkan soal-soal HOTS. Dalam ruang lingkup praktis, kecakapan ini diperlukan untuk belajar mandiri atau ketika tak ada guru yang membimbing.

- Creative thinking: about how to think outside the box. Kreativitaslah yang dapat membuat Sobat memandang dan memahami suatu konsep dari sisi yang berbeda sehingga dapat menghasilkan inovasi baru. Dare yourself to think that the way things have always been done may have been best ten years ago – not anymore today.

- Collaborating: related to working with others. Dalam bekerja sama, diperlukan kebesaran hati untuk berkompromi, merelakan ide kita yang mungkin kurang baik, dan menerima ide orang lain yang mungkin lebih baik. Only by realizing that everybody aims for the greater good can you all get the best possible solutions to problems.

- Communicating: the glue that brings all the three above together. Critical thinking, creative thinking, dan collaborating seluruhnya memerlukan kecakapan dalam mengkomunikasikannya.

 

Literacy Skills

Kalau learning skills disebut juga sebagai the four c's, literacy skills dikenal juga sebagai IMT. IMT stands for each of the following literacy.

- Information literacy: about understanding data, figures, or statistics. Jika melek informasi, Sobat Pintar takkan mudah percaya hoax atau fiksi – terutama dalam situasi dimana hanya fakta yang dibutuhkan.

- Media literacy: about understanding the trustworthiness of published information sources. Sobat Pintar perlu berlatih membedakan mana sumber informasi yang tampak kredibel dan yang benar-benar kredibel – terutama saat melakukan penelitian atau mengerjakan skripsi nanti.

- Technology literacy: about understanding the machines that make the Information Age is possible. You are at the age when mobile devices, computers, and cloud programming are inextricable parts of daily life. Mau tak mau, Sobat Pintar perlu melek teknologi – kalaupun bukan pada industrinya, setidaknya dapat menggunakan dan memanfaatkannya.

 

Life Skills

Terdiri dari flexibility, leadership, initiative, productivity,dan social skills, life skills dikenal juga dengan akronim FLIPS. Flexibility berarti kemampuan seseorang untuk beradaptasi seiring dengan perubahan situasi. Leadership mengacu pada kemampuan seseorang untuk menetapkan tujuan dan mengajak orang lain untuk mencapainya.

Initiative berarti kemampuan seseorang untuk dapat memulai atau mengawali sesuatu. Productivity has something to do with completing work efficiently while social skills involves networking.

 

Pada abad ke-21 ini, tak ada jaminan suatu hal tetap tak berubah selamanya. Sebaliknya, banyak hal berubah dalam waktu singkat. Jangankan kurikulum pendidikan yang terus berubah, dunia kerja dan industri juga terus berkembang.

Sebagai pelajar diabad ke-21, sudah selayaknya Sobat Pintar punya bekal yang cukup untuk menghadapi segala perubahan tersebut. Nah, apa yang sudah disiapkan, Sobat?

Lebih masukan Blog

Mengenal HOTS, Bagaimana Caranya?

Bukan tentang grup band Korea atau terkait dengan kata hot dalam Bahasa Inggris. Ini...

9 Jurusan Kuliah Ini Terasa Soshum – Tapi Sebenarnya Saintek

How do you feel when you're a part of a science class – as opposed to social class? You...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka