redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tips Belajar Sendiri – 6 Langkah Mudah untuk Diikuti

Belajar secara mandiri mudah dikerjakan dengan langkah-langkah yang tepat.

Tips Belajar Sendiri, image via www.self-directed.org

Kapan Sobat Pintar belajar? Menunggu disuruh guru, diawasi orang tua, atau suka sendiri mengerjakannya? Jika memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, artinya Sobat hebat!

Bagaimana tak hebat kalau kita punya minat dan semangat untuk belajar sesuatu, menentukan sendiri referensi dan materi yang dipelajari, hingga menilai hasil belajar sendiri. It's cool to know what you want, go and try to get it, then see yourself if you have accomplished your goal.

Dapatkah cara ini diterapkan untuk belajar materi pelajaran sekolah – atau kampus? Tentu saja bisa, Sobat. Begini langkah-langkahnya.

 

1. Tentukan Tujuan Belajarmu

Sobat tahu bedanya berjalan dan jalan-jalan? Saat kita berjalan, kita punya tujuan yang akan dicapai. Saat jalan-jalan, kita bisa berjalan berputar-putar entah sampai tiba di mana. Begitu pula dengan belajar. When you know your goal, you'll know what to do.

Yang tak kalah penting, buatlah tujuan yang realistis ya, Sobat. Ibaratnya, Sobat takkan berjalan kaki dari Surabaya ke Jakarta, bukan? Kalau jalan kaki dari rumah ke sekolah, masih bisa dilakukan. Jadi, tak perlu membuat tujuan yang muluk-muluk. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan keadaan diri sendiri.

 

2. Tumbuhkan Minat pada Berbagai Hal

Ketika kita tertarik pada seseorang, kita ingin tahu segala hal lebih banyak tentang orang tersebut. Begitu juga dengan belajar, Sobat. When you're interested in something, you have the fuel to go on and learn about it. Tak hanya pelajaran di sekolah atau kampus, melainkan ada banyak hal di sekitar kita yang sebenarnya cukup menarik untuk dipelajari.

 

3. Susun Tema-Tema yang Ingin Dipelajari

Seperti meniti anak tangga, kita belajar sesuatu secara bertahap. Misalnya Sobat Pintar ingin menulis sebuah novel beratus-ratus halaman, pastikan kita sudah memahami dulu subyek dan predikat dalam kalimat. Kemudian, pelajari kata sambung antar kalimat, dan seterusnya.

Saat ingin belajar tentang sesuatu, kita perlu merencanakan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu. Kemudian, rencanakan apa lagi yang akan dipelajari berikutnya. Bisakah kita belajar tanpa rencana? Tanpa perencanaan seperti ini, kita memang masih tetap bisa belajar. Hanya saja, kita akan membutuhkan waktu lebih lama.

 

4. Tentukan Standar Keberhasilanmu

Sobat suka ujian atau tidak? Suka atau tidak, ujian mengukur seberapa sukses proses belajar kita. Kalau belajar secara mandiri, bagaimana menentukannya? Apa kita harus membuat soal-soal ujian sendiri, kemudian dikerjakan sendiri? Tentu tidak, Sobat.

Bila Sobat belajar percakapan Bahasa Inggris, misalnya, komunikasi yang lancar tanpa salah paham dengan native speaker bisa menjadi tolok ukur. Atau ketika Sobat belajar melukis, maka tanggapan, pujian, atau kritik dari orang lain bisa menjadi feedback yang patut disimak.

 

5. Jangan Hindari Tantangan

Dalam berbagai hal yang kita kerjakan, kita akan menghadapi persoalan. Tapi bagaimana kita menyikapi persoalan itu, sebagai hambatan atau tantangan, akan menentukan seberapa banyak pelajaran yang kita petik. Jadi, jangan buru-buru mundur ketika menemukan tantangan didepan ya, Sobat!

 

6. Maksimalkan Cara Belajarmu

Kalau hobimu belajar, sepertinya takkan ada banyak masalah untuk mengerjakannya. Tapi bagaimana kalau selama ini kita belajar karena harus melakukannya? Temukan gaya belajar yang paling sesuai untukmu disini, Sobat. Dengan cara yang tepat, belajar takkan terasa bagai kewajiban yang mengikat.

 

Mempelajari sesuatu sendiri memang tak mudah dikerjakan bila selama ini kita terbiasa disuruh belajar. Apalagi, kita juga terbiasa mengukur keberhasilan dengan skor ujian.

Belajar secara mandiri mengubah seluruh pemahaman belajar yang sudah terasa familiar selama ini. Saat belajar sesuatu sendiri, kita harus menemukan minat, menentukan tujuan, mengatur kegiatan belajar, hingga menentukan standar keberhasilan sendiri.

Dan kapan belajar kita berhasil? Bukan dari hasil ujian, Sobat. Melainkan, mari kita mulai menghargai setiap hari yang dilewati dengan belajar. Mari menghargai proses belajar dari setiap menit yang kita luangkan – karena kita akan terus belajar selama napas dikandung badan.

170

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp