redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Shutterstock

Top Ten Perguruan Tinggi Terbaik 2019 menurut QS World University Rankings

Perguruan Tinggi

Kalau top ten music sudah biasa, bagaimana dengan top ten universities? Mengacu pada QS World University Rankings, kamu punya 10 perguruan tinggi terbaik yang amat sangat layak dijadikan salah satu resolusi tahun 2019. Apa saja top ten universities kita tahun depan?

 

1. Universitas Indonesia

Universitas yang satu ini udah langganan aja nangkring di juaranya top ten versi apapun. Abisnya, selain kualitas pendidikan yang jempolan, UI memang punya suasana belajar yang menyenangkan dan fasilitas yang mendukung. Astmosfer kampusnya juga sangat kental dengan penelitian, inovasi, dan entrepreneurship. Tentulah, tak heran bila UI menjadi yang terbaik ditahun 2019 menurut QS World University Rankings.

 

2. Institut Teknologi Bandung

Perguruan tinggi yang sebenarnya berdiri pada tahun 1920 ini (nama ITB baru disematkan pada tahun 1959) adalah salah satu dari institut teknologi di Indonesia. Tak hanya populer di dalam negeri, ITB juga cukup tenar di Asia. Bila berkesempatan jalan-jalan ke kampusnya di Bandung, kamu bisa menyaksikan sendiri fasilitas olahraga, area makan, dan masih banyak lagi fasilitas dan ragam kegiatan kemahasiswaan di pusat UKM ITB.

 

3. Universitas Gadjah Mada

UGM dikenal sebagai institusi pendidikan tinggi yang tertua dan terbesar di Indonesia. Berdiri pada tahun 1949, kampus UGM terdiri diri 18 fakultas, 68 jurusan pada jenjang Sarjana, 23 program studi pada jenjang Diploma, 104 program Magister, dan 43 program Doktor. Jumlah mahasiswa internasionalnya yang mencapai ribuan orang menjadi salah satu acuan peringkat QS World University Rankings.

 

4. Institut Pertanian Bogor

Kalau ngebahas tentang program studi pertanian, pasti IPB jagoannya. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1963, dan sejak saat itu tetap konsisten fokus pada bidang-bidang studi tentang life sciences, khususnya pertanian di wilayah tropis. Kerjasama internasional IPB juga sudah jempolan, misalnya pada pertukaran mahasiswa, kolaborasi penelitian, program dual degree, maupun joint publication.

 

5. Universitas Airlangga

Pernah membaca tentang Raja Airlangga? Nah, universitas di Surabaya ini mengambil nama sang raja besar tersebut. Bahkan, logo Unair berasal dari royal seal Kerajaan Kahuripan yang bermakna bahwa kampus ini menjadi sumber ilmu pengetahuan yang abadi. Semangat ini tercermin pada 11 fakultas Unair yang mencakup bidang soshum, sains, dan kesehatan.

 

6. Universitas Padjadjaran

Siapa sih, yang masih asing dengan besarnya nama dan kampus Unpad? Untuk mengakomodasi perkuliahan, Unpad punya dua kampus terpisah, yaitu di Bandung dan Jatinangor. Sampai butuh dua lokasi terpisah? Bidang studinya cukup banyak, sih: hukum, ekonomi, kesehatan, matematika, pertanian, kedokteran gigi, ilmu sosial dan politik, sastra, psikologi, peternakan, ilmu komunikasi, perikanan dan ilmu kelautan, ilmu keperawatan, farmasi, serta teknik geologi.

 

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berawal dari Sekolah Teknik Sepuluh Nopember dengan dua departemen saja, yaitu Teknik Mesin dan Teknik Sipil, ITS sekarang menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang bertujuan menjadi bagian dari 100 universitas terbaik di Asia. Atau, dalam tataran 500 universitas terbaik di dunia juga boleh. Yang pasti, saat ini ITS berada diurutan ke-7 di Indonesia menurut QS World University Rangkins. Kedepannya, ITS akan berkembang menjadi Economic Development University (EDU).

 

8. Universitas Bina Nusantara

Bagi budaya kita yang sangat PTN-minded, sebuah PTS muncul dalam jajaran PTN terbaik pada QS World University Rangkins senusantara tuh sesuatu banget. Tapi universitas ini memang yang pertama di Indonesia dengan tawaran program internasional dalam Bahasa Inggris pada bidang komunikasi, desain fashion, bisnis internasional, ilmu komputer, serta akuntansi dan keuangan. Pada setiap semester, Binus memiliki 10% mahasiswa internasional, yang menjadi salah satu poin penting bagi QS World University Rankings.

 

9. Universitas Diponegoro

Tak hanya menjadi universitas terbaik di Semarang, Undip memang menjadi bagian dari 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings. Skor tertinggi Undip berada pada bidang infrastructure dan engagement, berturut-turut menyusul pada bidang internationalization serta employability, dan terendah pada bidang research serta innovation.Tahukah kamu? Pada awalnya, Undip bernama Universitas Semarang yang berstatus sebagai sebuah PTS.

 

10. Universitas Brawijaya

Universitas di Malang ini punya 11 fakultas dan satu program. Inovasi, pengembangan, dan diseminasi teknologi dan sains adalah salah satu misi UB. Skor tertinggi QS World University Rankings yang diperoleh UB berturut-turut pada teaching, facilities, innovation, dan inclusiveness, kemudian pada employability, disusul pada internalization, dan skor terendah pada research serta specialist criteria.

 

Apakah salah satu perguruan tinggi diatas adalah salah satu incaranmu? It's good then, kalau goalmu sekeren top ten QS World University Rankings.

Lebih masukan Blog

Belajar Mandiri, Kenapa Penting bagi Pelajar Kekinian

Beberapa dekade sebelumnya, robot dan artificial intelligence hanya menjadi bagian dari...

Berminat pada 6 Jurusan Sepi Peminat Ini?

Bersaing, berebut masuk kejurusan kuliah yang difavoritkan mayoritas pelajar memang butuh ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line