PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via oivietnam.com

Belajar Mandiri, Kenapa Penting bagi Pelajar Kekinian

Tips Pelajar

Beberapa dekade sebelumnya, robot dan artificial intelligence hanya menjadi bagian dari film-film fiksi ilmiah. Kalau suka genre ini, tentu kamu familiar dengan adegan atau setting futuristik yang sepertinya mustahil terjadi – bahkan hanya pada 20 atau 30 tahun silam. But you know what? It's happening now.

 

Pesatnya Perkembangan Teknologi

Sebagai gambaran, hari ini kamu sudah mendapati robot pembersih rumah. Teknologi robot pembersih ini akan terus berkembang dikemudian hari, hingga pekerjaan pramukantor akan tergantikan oleh mesin dan teknologi. Bayangkan saja hal ini terjadi pada bidang pekerjaan lain secara masif.

Di Amerika Serikat sendiri diperkirakan beberapa bidang pekerjaan, seperti kebersihan, administrasi, keuangan, elektronika, bahkan medis, akan dirambah oleh robot dan machine learning. Maka, wajar bila kamu memikirkan (atau tidak?) bekal apa yang semestinya dimiliki untuk menghadapi dunia dalam kurun waktu 20 atau 30 tahun kedepan.

 

Belajar Hari Ini untuk Hari Esok

Menuntut ilmu sebagai bekal masa depan – pernah dengar motto seperti ini? Tapi jika masa depan yang akan dihadapi adalah segala sesuatu yang serba otomatis, bahkan lebih dari 50% lapangan pekerjaan di Amerika Serikat saat ini akan digantikan oleh teknologi, lantas bekal ilmu seperti apa yang kamu perlukan?

Sejujurnya, kamu tak bisa bergantung sepenuhnya pada rancangan kurikulum sekolah – kurikulum kampus cenderung lebih fleksibel, tidak sepenuhnya terikat dengan kurikulum nasional sebagaimana kurikulum sekolah. Jadi, selain rajin masuk kelas, kamupun perlu menggali dan memperdalam bidang ilmu lain secara mandiri sehingga nantinya kamu unggul melawan robot dan machine learning. Atau, pertimbangkan untuk kuliah pada bidang-bidang yang membuatmu tak mudah digantikan oleh robot atau mesin.

 

Kuliah pada Jurusan Masa Depan

Jika kebetulan bakat dan minatmu ada pada Teknik Informatika atau Computer Science, selamat! Kamu berada pada jurusan yang bisa dibilang cukup futuristik. Pasalnya, jurusan ini akan mengenalkanmu pada robotik dan machine learning.

Dijurusan ini, kamu juga bisa memperoleh banyak bonus: tak hanya coding, tapi juga interface design, analisis data, cybersecurity, maupun networking. Bahkan, Teknik Informatika juga membuatmu belajar tentang cara berpikir komputasi – sebuah teknik pemecahan masalah yang dapat diterapkan pada berbagai bidang.

Dengan kata lain, belajar tentang Teknik Informatika akan mengembangkan kreativitasmu, keterampilanmu dalam memecahkan masalah (problem solving), melatihmu bekerjasama dengan orang lain, bahkan meningkatkan nilai etika yang kamu yakini. Hal-hal inilah yang membuatmu menjadi lawan berat robot dan mesin dimasa depan.

 

Menjadi Pelajar Berkualitas

Bagaimana kalau bakat dan minatmu bukan pada bidang computer science? It's okay, kamu tetap bisa mengembangkan keterampilan problem solving dan kreativitasmu dibidang lain.

Tapi sebagai pelajar, pernah nggak sih, kamu mengeluhkan tentang materi-materi HOTS? Sebenarnya, kurikulum pendidikan kita telah mulai beranjak untuk mempersiapkan pelajar bertemu dengan masa depan yang penuh robot dan mesin. Hanya dengan berhenti mengeluhkan rumitnya nateri HOTS, setidaknya kamu telah mulai mengasah kemampuan problem solving dan kreativitasmu.

 

Then again, tetap saja kamu perlu mengembangkan diri sendiri pada aspek lain. Misalnya, dengan belajar tentang kecakapan digital khususnya tentang bagaimana menciptakan, alih-alih sekedar menggunakan teknologi. Yuk, semangat belajar mandiri!

Lebih masukan Blog

Pelajar Pemegang KIP: Kabar Baik dari Program Indonesia Pintar

Sebagaimana telah kamu ketahui (atau belum?), selama empat tahun terakhir ini dana Program...

Top Ten Perguruan Tinggi Terbaik 2019 menurut QS World University Rankings

Kalau top ten music sudah biasa, bagaimana dengan top ten universities ? Mengacu pada QS...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru