CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tutorial Membuat Google Form Untuk Absensi Siswa

Mengabsen siswa lebih mudah dan praktis dengan Google Form

Foto oleh Caio dari Pexels

Absensi siswa adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru saat pembelajaran. Namun jika siswa dalam satu kelas sangat banyak maka kegiatan absensi akan memakan banyak waktu sehingga menyebabkan waktu untuk pembelajaran inti berkurang. Terlebih pada masa pandemi di mana jam pembelajaran sangat dibatasi sehingga tidak sepanjang ketika pembelajaran sebelum pandemi. Sayang sekali jika waktu pembelajaran habis hanya untuk mengabsen siswa. Oleh karena itu, harus dipikirkan cara yang efektif dan efisien untuk mengabsen siswa tanpa harus mengorbankan jam pelajaran inti.

Salah satu solusi yang dapat dilakukan guru untuk tetap dapat memastikan siswa hadir dan mengikuti pembelajaran adalah dengan cara membuat absensi online di Google Form.  Membuat daftar hadir di Google Form sangat mudah dan juga murah. Guru Pintar tidak harus membayar untuk aplikasinya karena Google telah menyediakannya secara gratis. Yang harus Guru Pintar siapkan hanyalah kuota internet karena membuat google form absensi harus dilakukan secara online.

Alasan kenapa harus menggunakan google form absen siswa adalah:

1. Mudah: Semua orang bisa membuat absensi menggunakan Google Form karena sangat user-friendly.

2. Efisien; Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk membuat dan juga mengisi absensi Google Form. Bahkan siswa sekolah dasar pun dapat mengisi sendiri tanpa bantuan orang tua.

3. Murah; Membuat Google form tidak diperlukan aplikasi khusus yang berbayar. Guru Pintar dapat membuat dengan menggunakan browser tanpa berbayar alias gratis. 

4. Kemudahan akses: Guru dan siswa dapat membuat dan juga mengisi link absensi dengan google form menggunakan laptop ataupun HP.

5. Hasil dapat dilihat dan diunduh dalam bentuk excel/spreadsheet: Hasil pengisian absen oleh siswa dapat Guru Pintar lihat dalam bentuk Spreadsheet yang dapat diunduh dalam bentuk excel atau pdf. 

Cara Membuat Absensi di Google Form

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat absensi siswa melalui Google Form: 

1. Buka akun Google

Untuk membuat Google Form, Guru Pintar harus sudah memiliki akun Google. 

2. Bukalah Google form

tutorial membuat google form untuk absensi siswa
 

Ada beberapa cara yang dapat Guru Pintar lakukan untuk membuka Google form. Yang pertama adalah melalui link https://docs.google.com/forms/u/0/.  Cara yang kedua adalah dengan mengklik sembilan titik di pojok kanan atas layar. Setelah muncul pilihan fiturnya, Guru Pintar tinggal scroll ke bawah sampai menemukan icon berwarna ungu bertuliskan formulir atau form. 

3. Buatlah Formulir Baru


 

Setelah link pada nomor 2 diklik atau icon ungu bertuliskan formulir/ form di klik, Guru Pintar lanjutkan dengan mengklik tombol + atau pilih opsi formulir kosong atau blank.

4. Berikanlah Judul dan Deskripsi 


 

Untuk memudahkan pencarian dan mengidentifikasi file, Guru Pintar dapat memberikan judul dan juga deskripsi pada Google Form yang akan dibuat. Guru Pintar dapat memberi judul dan Deskripsi formulir sesuai dengan kebutuhan, misalnya “Absensi Siswa Kelas 1A” dengan deskripsi “Absensi Mata Pelajaran Agama”. Cara memberikan judul dengan mengklik tulisan “formulir tanpa judul atau untitled form” yang ada di pojok kiri atas. Kemudian tinggal ketik judul yang diinginkan. 

Untuk deskripsi, Guru Pintar klik tulisan “deskripsi formulir” atau “Form Description” kemudian tuliskan deskripsinya.

5. Buatlah Kolom Nama Siswa


 

Untuk membuat kolom nama siswa, Guru Pintar tinggal klik tulisan untitled question di bawah judul dan deskripsi Google form. Ubah mode pertanyaan menjadi short answer  jika Guru Pintar ingin siswa menuliskan namanya sendiri. Jika ingin siswa tinggal klik namanya, Guru Pintar ibah mode pertanyaan menjadi dropdown, kemudian tuliskan nama siswa pada list yang tersedia.

6. Buatlah Kolom Jadwal


 

Waktu atau jadwal adalah salah satu item yang harus dicantumkan pada Google form absensi. Caranya adalah tambahkan pertanyaan dengan mengklik tombol tambah “+” di sisi kanan. Kemudian ubah pertanyaan menjadi “Hari/tanggal”. Ubah mode pertanyaan menjadi date. Dengan demikian siswa dapat tinggal mengklik tanggal yang sesuai dengan hari dan jam pengisian.

7. Buatlah Kolom Keterangan tambahan sesuai kebutuhan

Untuk menambah kolom pertanyaan, caranya sama seperti cara di atas. Guru Pintar klik tombol “+” atau jika ingin membuat kolom yang sama dengan kolom sebelumnya anda dapat mengklik “icon duplikasi” di bagian bawah, di samping icon tempat sampah.

Di bagian pertanyaan tuliskan keterangan tambahan sesuai dengan kebutuhan, Misalnya tema yang dipelajari, pertanyaan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Soal di Google Form yang Harus Guru Tahu

8. Buatlah Link


 

Setelah semua pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan untuk absensi tercantum semua di google form untuk kehadiran, langkah selanjutnya adalah membuat link yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Cara membuat link absen sangat mudah, klik “Kirim” atau “send” pada bagian atas formulir untuk membuat link.

Klik pada icon link yang berbentuk seperti rantai. Icon ini berada di antara Icon email yang berbentuk amplop dan icon embed yang berbentuk kurung buka dan kurung tutup. Setelah itu, klik “perpendek link”, kemudian “Salin link,” dan google form untuk absensi siswa sudah siap dibagikan.

9. Bagikan Link kepada siswa

Langkah terakhir setelah link disalin adalah membagikan link absen Google form tersebut kepada siswa. Link dapat dibagikan melalui kolom chat di aplikasi telekonferensi seperti zoom, Google meet, dan lain-lain. Cara lain membagikan link dapat melalui pesan teks, group whatsapp atau media sosial lainnya.

Cara membuat presensi di google form mudah sekali, bukan? Buat absen di google form membuat kegiatan mengabsen kehadiran siswa lebih hemat waktu dan lebih efektif tentunya.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog