APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Webometrics: Peringkat 10 PTN dan PTS di Indonesia

Pemeringkatan Webometrics dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk memperkaya sudut pandang dalam memilih kampus kuliah.

PTN dan PTS di Indonesia, image via www.studiosity.com

Mencari ranking universitas swasta di Indonesia itu sulit? Ah, siapa bilang, Sobat Pintar. Terkadang kita memang bisa menggunakan ranking atau urutan PTS terbaik di Indonesia untuk memilih kampus swasta, padahal ranking universitas juga berlaku untuk kampus negeri.

Ngomongin soal peringkat universitas di Indonesia, ada berbagai versi nih, Sobat. Setiap versi pemeringkatan punya tolok ukur atau standarnya masing-masing. Kemenristekdikti, ketika masih mengelola pendidikan tinggi di Indonesia, sempat membuat ranking PTN dan PTS terbaik di Indonesia.

Bagaimana dengan universitas-universitas di dunia? Apakah ada badan penyusun ranking-nya juga? Ada dong, Sobat Pintar. Salah satu pemeringkatan atau penyusunan ranking universitas di dunia dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah badan penelitian publik di Spanyol. Dikenal sebagai Webometrics Ranking of World Universities, pemeringkatan dilakukan berbasis web universitas, termasuk untuk PTN dan PTS terbaik di Indonesia.

 

Indikator Webometrics Ranking

universitas swasta terbaik

Photo by Burst on Pexels

Sebagaimana jamaknya pemeringkatan, dibutuhkan kriteria tertentu sebagai standar acuan untuk menentukan siapa yang berada pada peringkat pertama, kedua, dan seterusnya. Begitu pula dengan urutan PTN dan PTS terbaik di Indonesia dalam pengurutan ranking Webometrics. Saat ini ada tiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan Webometrics:

- Visibility, yaitu jumlah subnet yang memiliki link kepada laman web institusi, memiliki bobot 50%

- Transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 310 peneliti terbaik, memiliki bobot 10%

- Excellence, yaitu jumlah naskah yang paling sering dikutip periode 2018 – 2022, memiliki bobot 40%.

Berdasarkan indikator-indikator di atas, kita mendapatkan tak hanya susunan ranking universitas negeri, tetapi juga ranking universitas swasta di Indonesia. Nah, kita kepoin yuk, apa saja kampus terbaik di Indonesia di tahun 2023-2024 versi Webometrics.

 

10 PTN Terbaik di Indonesia 2023 versi Webometrics

ranking universitas di indonesia

Photo by Bru-nO on Pixabay

Sebelum melihat urutan kampus swasta terbaik, kita lihat dahulu urutan kampus negeri terbaik versi Webometrics. Catat ya, Sobat, barangkali kampus impianmu ada dalam daftar di bawah ini.

1. Universitas Indonesia

Universitas negeri dengan akreditasi A BAN-PT ini berada di urutan ke-561 dunia. Berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat, UI hadir sebagai kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya dan humanis dengan disiplin ilmu yang luas. Kunjungi Universitas Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada

UGM juga mengantongi akreditasi A BAN-PT. Runner up universitas negeri terbaik di Indonesia ini berada di urutan ke-694 dunia. Tau ngga, Sobat. UGM adalah universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah kemerdekaan, loh. Lokasi kampus ini berada di wilayah Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Kunjungi Universitas Gadjah Mada.

3. Institut Teknologi Bandung

ITB meraih akreditasi Unggul BAN-PT dan berada di urutan ke-786 dunia. Ganesa adalah kampus utamanya, yang memang terletak di kawasan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat. Dua kampus lainnya berada di Jatinangor dan Cirebon. Kunjungi Institut Teknologi Bandung.

4. Universitas Brawijaya

UB, begitu universitas negeri di Kota Malang, Jawa Timur, ini dikenal, telah terakreditasi Unggul BAN-PT. Selain akreditasi institusi tersebut, UB juga meraih beberapa akreditasi lain seperti akreditasi A IATUL untuk perpustakaan, ACCA untuk Prodi Akuntansi, serta IFT untuk Prodi Teknologi Hasil Pertanian. Di tahun 2023, peringkat dunia UB berada di urutan ke-797. Kunjungi Universitas Brawijaya.

5. Universitas Airlangga

Menjadi satu dari 10 terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics, tepatnya di urutan ke-865, tentu saja Unair juga memiliki akreditasi A BAN-PT. Salah satu universitas negeri kebanggaan Kota Surabaya, Jawa Timur, ini menaungi 14 fakultas S1, satu fakultas S2, satu fakultas vokasi, dan satu               program studi di luar kampus utama. Kunjungi Universitas Airlangga.

6. IPB University

IPB berada di ranking 911 Webometrics. IPB merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak melakukan inovasi dalam kurun waktu 2008-2018 menurut penilaian Business Innovation Center Kemenristekdikti. Tak heran bila kampus negeri di Kota Bogor, Jawa Barat, ini juga meraih akreditasi A BAN-PT. Kunjungi IPB University

7. Universitas Sebelas Maret

Memiliki akreditasi A di dalam negeri, UNS berada di urutan ke-1037 dunia. Kampus UNS berlokasi Kota Surakarta, Jawaw Tengah, menaungi 11 fakultas S1 dan satu fakultas S2. Kunjungi Universitas Sebelas Maret.

8. Universitas Diponegoro

Salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia ini berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lebih dikenal dengan singkatan Undip, kampus negeri ini unggul di berbagai program studi, terutama di bidang ilmu teknik, sosial, dan alam. Akreditasi institusinya saat ini berstatus Unggul, dengan peringkat Webometrics di urutan ke-1156. Kunjungi Universitas Diponegoro.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS menduduki ranking 1163 dalam daftar Webometrics 2023. Bersama Unair, ITS juga menjadi kebanggaan Kota Surabaya, Jawa Timur. Akreditasi institusinya A, terdiri dari Kampus Sukolilo, Kampus Manyar untuk D3 dan D4 Teknik Sipil, dan Kampus Cokroaminoto untuk Prodi Magister Manajemen. Kunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

10. Universitas Pendidikan Indonesia

Berkampus di Bandung, Jawa Barat, UPI, begitu kependekan universitas ini lebih dikenal, memiliki reputasi yang tak terbantahkan di bidang pendidikan, terutama penelitian dan pengembangan kurikulum. Ada berbagai program studi di bidang pendidikan, ilmu sosial, ilmu humaniora, dan sains di UPI. Peringkat Webometrics 2023 kampus negeri ini adalah di urutan ke-1182. Kunjungi Universitas Pendidikan Indonesia.

 

10 PTS Terbaik di Indonesia 2023 versi Webometrics


 

Sudah tahu urutan ranking universitas negerinya, sekarang kita lihat ranking universitas swasta di Indonesia. Tandai kampus impianmu dalam daftar di bawah ini, ya!Top of Form

1. Telkom University

Telkom University berada di urutan ke-1268 dalam pemeringkatan Webometrics 2023. Terakreditasi Unggul BAN-PT, salah satu kampus swasta terbaik ini pada awalnya berdiri sebagai gabungan dari empat perguruan tinggi swasta, yakni Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), dan Politeknik Telkom. Kunjungi Telkom University.

2. Univesitas Bina Nusantara

Lebih dikenal dengan kependekan Binus, Universitas Bina Nusantara adalah salah satu PTS terbaik di Indonesia, terutama di bidang teknologi informasi, bisnis, seni, dan humaniora. Kampus utamanya berlokasi di Jakarta dan Tangerang. Binus dikenal karena pendekatannya yang inovatif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, kemitraannya dengan industri, dan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam. Saat ini Binus berada di urutan ke-1531 dalam pemeringkatan Webometrics 2023 dengan status akreditasi institusi Unggul. Kunjungi Universitas Bina Nusantara.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, atau lebih dikenal dengan UMY, berada di Yogyakarta, Indonesia. UMY menjadi salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia dengan berbagai program studi seperti ilmu teknik, ekonomi, kedokteran, dan humaniora. UMY dikenal fokus pada pendidikan dan penelitian yang berorientasi pada nilai-nilai Islam dan kebudayaan. Urutan peringkat dunianya di Webometrics saat ini adalah 1947, dengan akreditasi institusi berstatus Unggul. Kunjungi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

4. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang, yang dikenal dengan UMM, adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang terletak di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Ada banyak program studi di UMM, mencakup beragam disiplin ilmu seperti ilmu sosial, teknologi, ekonomi, dan kedokteran. Sebagaimana universitas Muhammadiyah lainnya, UMM juga dikenal akan komitmennya terhadap pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada nilai-nilai Islam. Ranking universitas swasta di Indonesia ini adalah yang ke-4 dan di Webometrics berada di urutan ke-2263, dengan status akreditasi institusi Unggul. Kunjungi Universitas Muhammadiyah Malang.

5. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah salah satu PTS terbaik di Indonesia yang ada di Jakarta. Universitas swasta ini memiliki reputasi di berbagai bidang ilmu, seperti teknik, bisnis, seni, dan komunikasi. Universitas Mercu Buana mengutamakan pendidikan berbasis praktik dan koneksi dengan industri, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dan persiapan yang baik di dunia kerja. UMB, begitu singkatan nama kampus swasta ini, juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan sosial yang berkontribusi pada pengembangan karakter dan leadership mahasiswanya. UMB berada di urutan ke-2315 dalam daftar Webometrics 2023, dengan status akreditasi institusi Unggul. Kunjungi Universitas Mercu Buana.

6. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lokasi kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, atau lebih sering disingkat UMS, berada di Surakarta, Jawa Tengah. Salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia ini juga memiliki reputasi di berbagai bidang ilmu, seperti kedokteran, ekonomi, seni, dan teknologi. UMS dikenal akan komitmennya yang kuatnya terhadap pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam dan penerapan pengetahuan dalam masyarakat. Dengan status akreditasi institusi Unggul, UMS menduduki peringkat dunia di urutan ke-2719. Kunjungi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

7. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan adalah salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Nama salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ini diambil dari nama pendiri organisasi Islam Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan. Universitas ini membuka program studi di berbagai bidang, antara lain ilmu sosial, teknologi, bisnis, dan kedokteran. Universitas Ahmad Dahlan dikenal dengan pendekatan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam, pengembangan karakter, dan pengabdian masyarakat. Peringkatnya di dunia saat ini berada di urutan ke-2019. Kunjungi Universitas Ahmad Dahlan.

8. Universitas Gunadarma

Universitas swasta ini terletak di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Universitas Gunadarma membuka berbagai program studi di bidang teknologi informasi, ekonomi, seni, ilmu sosial, dan lain-lain. Menjadi bagian dari kampus swasta terbaik di Indonesia, Universitas Gunadarma fokus pada pengembangan teknologi dan inovasi dalam pendidikan serta koneksi yang erat dengan industri. Terakreditasi Unggul sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, urutan peringkat Universitas Gunadarma di dunia adalah 2934. Kunjungi Universitas Gunadarma.

9. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Kampus Unusa, atau Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, terletak di Surabaya, Jawa Timur. Misi Unusa adalah menyebarkan pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan budaya lokal. Program studi yang ada di Unusa mencakup berbagai bidang, seperti ilmu sosial, teknologi, bisnis, dan kedokteran. Status akreditasi institusinya saat ini B, dengan ranking universitas swasta di Indonesia berada pada urutan ke-9 dan ranking dunia di Webometrics pada urutan ke-3168. Kunjungi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

10. Universitas Islam Indonesia

Kita punya satu lagi kampus swasta terbaik di Yogyakarta, yakni Universitas Islam Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan UII. Fokus pada pendidikan tinggi berbasis Islam, universitas ini membuka studi pada berbagai disiplin ilmu, antara lain ilmu sosial, ekonomi, teknologi, dan humaniora. Status akreditasi institusinya saat ini adalah Unggul, dengan peringkat dunia di urutan ke-3602. Kunjungi Universitas Islam Indonesia.

Pemeringkatan PTN dan PTS terbaik di Indonesia di atas dilakukan dengan berbagai kriteria atau indikator. Meski begitu, sebaiknya kita tidak menjadikan pemeringkatan sebagai satu-satunya acuan dalam memilih kampus. Informasi peringkat PTN dan PTS, seperti yang disajikan oleh Webometrics di atas, dapat kita gunakan sebagai tambahan sudut pandang sebelum memilih tempat kuliah. Semakin banyak dan baik informasi yang kita peroleh, harapannya semakin tepat dan baik pula keputusan yang dapat kita ambil. Iya ngga, Sobat Pintar?

120

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
jadul bgt data nya min
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00
ps.store.test
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog