APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yuk Intip Kehidupan "Social Butterfly," Si Supel yang Punya Banyak Teman!

Ada berbagai keuntungan menjadi, atau berteman dengan, seorang social butterfly.

Kamu pernah dengar istilah social butterfly, Sobat Pintar? Kira-kira kalau dengar istilah ini apa hal pertama yang terlintas di pikiranmu? Yup, pasti tidak jauh-jauh dari orang yang super ekstrover. Social butterfly memang dikenal sebagai seseorang yang aktif bersosialisasi, mudah bergaul, supel, dan memiliki kesan kharismatik tersendiri bahkan sering kali membuat orang lain terkagum-kagum.

Apakah kamu atau temanmu termasuk dalam kategori bisa mengoptimalkan karakteristik si supel ini untuk menjadi seorang yang sukses? Yuk, Sobat, simak karakteristik social butterfly di bawah ini!

 

Karakteristik Social Butterfly


Photo by Belle Co on Pexels

Seorang social butterfly biasanya memiliki lingkup pertemanan yang luas. Ia senang bertemu dan berinteraksi sosial dengan orang lain. Maka dari itu, kebanyakan social butterfly adalah orang-orang yang memiliki sifat ekstrover, yang mengisi energi dengan berinteraksi dengan orang lain.

Biasanya kita bisa langsung menilai apakah seseorang termasuk dalam kategori social butterfly atau tidak melalui caranya berinteraksi ketika berada dalam lingkungan sosial. Seseorang dengan karakteristik social butterfly akan terlihat supel dan lebih menyatu dengan lingkungan sosialnya. 

Selain itu, seorang social butterfly cenderung memiliki banyak teman karena kemampuannya untuk langsung mengakrabkan diri ketika bertemu dan berbincang dengan orang baru. Ini menjadi salah satu kelebihan yang bisa dimanfaatkan di kemudian hari, terutama bagi Sobat Pintar yang sedang membangun jaringan dan memperluas koneksi.

 

Berteman dengan Si Social Butterfly


Photo by fauxels on Pexels

Kamu seorang introver garis keras yang punya teman social butterfly? Enggak perlu takut bakal kewalahan menghadapi temanmu, Sobat, karena berteman dengan seorang ekstrover justru seru dan mengasyikkan, loh. Kamu hanya perlu saling menghargai kepribadian masing-masing, jangan sampai mengucapkan kata-kata yang bisa menyinggung. 

Jika kamu merasa interaksi sosial yang dilakukannya sudah melebihi kapasitas toleransimu, katakan saja dengan jujur tetapi tetap dengan bahasa yang baik dan tanpa menyinggung. Orang-orang ekstrover memang pada dasarnya senang bertemu dan berbincang dengan orang lain. Bila disampaikan dengan baik, orang-orang ekstrover sebenarnya dapat memaklumi jika ada beberapa orang yang kurang merasa nyaman untuk diajak banyak berbincang.

Nah, buat Sobat Pintar yang punya sifat introver, jangan khawatir. Kamu masih bisa belajar dan menggali pengalaman dari teman-teman ekstrover mengenai hal-hal yang penting atau urgent saja, seperti bagaimana gaya social butterfly menyerap informasi dari orang lain. Nantinya, informasi dan pengalaman tersebut bisa membantumu mencapai kesuksesan dengan menerapkan best practice yang sudah dipelajari.


 

Memanfaatkan Karakteristik Social Butterfly untuk Mendapatkan Beasiswa


Photo by fauxels on Pexels

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, menjadi social butterfly, atau setidaknya memiliki sebagian karakteristiknya, dapat memberikan berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah memiliki banyak koneksi dan disukai banyak orang. 

Jika kamu masih duduk di bangku sekolah, biasanya seorang social butterfly dikenal oleh para guru dan mendapatkan banyak dukungan untuk lebih berprestasi. Jika memiliki prestasi di sekolah, khususnya menginjak kelas 12 atau 3 SMA/SMK, biasanya kamu akan punya kesempatan untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). 

Hasil SNBP 2023 sendiri diumumkan pada 28 Maret lalu. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Apakah kamu lolos SNBP tahun ini? 

Buat kamu yang belum lolos SNBP, jangan berkecil hati yaa! Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) bisa memberimu beasiswa potongan 100% uang pangkal. Tidak lolos ke Perguruan Tinggi Negeri bukan halangan buatmu untuk bisa kuliah dengan biaya terjangkau. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, yuk akses mnp.ac.id atau langsung daftar di sini!

5
20

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00
astro.tea
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog