redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Hukum Keluarga Islam

Rumpun Ilmu Hukum
Pelajaran Terkait Hukum
astro-jurusan

Apa itu Hukum Keluarga Islam ?

Hukum Keluarga Islam merupakan jurusan yang mempelajari tentang hukum keluarga yang berlandaskan prinsip-prinsip islam meliputi hukum pernikahan, hukum cerai (talak), hak asasi manusia dan hukum keluarga islam, hukum waris, serta bagaimana hukum-hukum tersebut dapat diadaptasikan dalam perkembangan masyarakat dan perubahan sosial. Mahasiswa jurusan ini juga belajar tentang ajaran agama Islam yang berkaitan dengan keluarga dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa harus

Jurusan Hukum Keluarga Islam ?

  • Minat terhadap hukum keluarga Islam
  • Bagi sobat pintar yang memiliki minat di bidang hukum, maka tidak ada salahnya jurusan ini menjadi salah satu pertimbangan. Sebab banyak orang muslim yang tertarik dengan hukum keluarga Islam karena merasa bahwa hukum ini lebih sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam dan kepercayaannya.

  • Pengetahuan tentang hukum keluarga Islam
  • Sobat pintar yang memilih jurusan ini dapat memahami pengetahuan tentang hukum keluarga Islam, misalnya tentang masalah-masalah hukum keluarga, seperti pernikahan, talak, waris, dan sebagainya.

  • Prospek kerja yang menjanjikan
  • Jurusan hukum keluarga Islam dapat memberikan kesempatan kerja yang menjanjikan bagi lulusannya, terutama di lembaga-lembaga hukum yang berhubungan dengan hukum keluarga Islam, seperti kantor notaris, kantor advokat, atau lembaga-lembaga pemerintah yang berhubungan dengan hukum keluarga.

  • Menguasai berbagai keterampilan
  • Jurusan hukum keluarga islam juga dapat membantu seseorang dalam mengembangkan keterampilan seperti kemampuan analisis, komunikasi, dan negosiasi, yang dapat bermanfaat dalam berbagai bidang pekerjaan.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Hukum Keluarga Islam mempelajari bidang Hukum Keluarga yang berwawasan dan multidisipliner dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia dalam penegakan hukum dan keadilan serta mempersiapkan sumber daya lulusan yang mampu menjadi inisiator dan fasilitator pemberdayaan hukum dalam masyarakat.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Mampu memahami tentang hukum keluarga Islam, termasuk prinsip-prinsip dasar hukum keluarga Islam, peraturan hukum keluarga islam
  • Mampu menganalisis dan menginterpretasikan hukum keluarga Islam sesuai dengan konteks dan situasi yang dihadapinya.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu memberikan saran dan solusi yang tepat dalam masalah-masalah hukum keluarga Islam.
  • Mampu memfasilitasi proses negosiasi dalam masalah-masalah hukum keluarga Islam.
  • Mampu bekerja sama dengan baik dengan orang lain dalam tim, serta mampu menjalankan tugas-tugas dengan efisien dan efektif.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

TEOLOGI ISLAM

icon mata kuliah

FIQH MUNAKAHAT

icon mata kuliah

Pengantar Ilmu Hukum

icon mata kuliah

AL ISLAM (FIQH MUAMALAH)

icon mata kuliah

FIQH (FIQH IBADAH)

icon mata kuliah

Fikih dan Ushul Fiqh

icon mata kuliah

Fiqh Mawaris

icon mata kuliah

FIQH SIYASAH

icon mata kuliah

FIQH JINAYAH

icon mata kuliah

Hukum Perdata

icon mata kuliah

Hukum Pidana

icon mata kuliah

FILSAFAT ILMU

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Hukum Keluarga Islam

redesain-navbar Portlet