redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Ilmu bahan-bahan

Rumpun Ilmu Teknik Material dan Metalurgical
Pelajaran Terkait Teknik Material dan Metalurgical
astro-jurusan

Apa itu Ilmu bahan-bahan ?

Ilmu Bahan-Bahan merupakan sebuah program studi pada jenjang S3. Kalau Sobat Pintar tertarik belajar tentang ilmu bahan-bahan setelah lulus sekolah, harus ke mana, nih? Ini dia, jurusan tempat Sobat belajar tentang bahan-bahan. Bukan bahan-bahan bangunan atau masakan, ya! Tapi di jurusan ini Sobat bakal belajar tentang logam, keramik, plastik, komposit, beton, gas, maupun polimer. Di jenjang D3, kita mengenalnya sebagai Teknologi Metalurgi atau Manajemen Logistik dan Material. Sedangkan pada jenjang S1, jurusan ini bernama Teknik Metalurgi, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Material dan Metalurgi, atau Teknik Material. Di jurusan-jurusan inilah kita belajar tentang bahan-bahan yang telah disebutkan di awal.

Mengapa harus

Jurusan Ilmu bahan-bahan ?

  • Hampir semua bidang industri membutuhkan insinyur yang tahu betul tentang ilmu bahan-bahan.
  • Ilmu tentang bahan-bahan merupakan bagian penting di berbagai jurusan teknik, terutama Metalurgi, Logistik, dan Material. Mulai dari sektor pembangunan infrastruktur yang masif hingga bidang penelitian bahan nano, semua berada dalam cakupan ilmu bahan-bahan. Industri pertambangan, pabrik semen, pabrik pupuk, manufaktur otomotif, perusahaan migas, perusahaan elektronik, dan industri ekstraksi logam hanyalah sebagian dari bidang-bidang yang membutuhkan penguasaan tentang ilmu bahan-bahan.

  • Belajar tentang ragam bahan-bahan dan bagaimana mengolah serta memanfaatkannya
  • Ilmu tentang bahan-bahan telah ada jauh sebelum masa industri modern. Semenjak revolusi industri, ilmu bahan-bahan justru semakin penting. Di masa ketika teknologi menguasai berbagai aspek kehidupan seperti sekarang, pengetahuan tentang bahan-bahan dapat membuka kerangka berpikirmu, berinovasi dengan hal-hal baru, karena ilmu bahan-bahan semakin dibutuhkan di berbagai bidang.

  • Ilmu bahan-bahan di Indonesia berpeluang besar untuk terus berkembang
  • Jika dibandingkan dengan negara-negara maju, pengetahuan tentang bahan-bahan di Indonesia, terutama pada bahan nano, masih sangat tertinggal. Bahkan di Asia saja, seperti Jepang, Taiwan, maupun Korea Selatan, penguasaan dan pengembangan ilmu bahan-bahan hingga penelitiannya sudah berkembang jauh lebih pesat. Memilih jurusan kuliah yang tepat untuk belajar tentang bahan-bahan bakal membuka berbagai peluang di masa depanmu, Sobat.

  • Belajar tentang proses
  • Belajar tentang ilmu bahan-bahan membuatmu lebih menghargai bagaimana sesuatu berproses hingga menjadi sesuatu yang lain. Misalnya, bijih besi menjadi sebuah alat pertukangan dengan wujud yang sepenuhnya berbeda dan bermanfaat. Bukan hanya belajar tentang bagaimana suatu bahan diubah menjadi produk lain, Sobat Pintar juga akan belajar bagaimana segala sesuatu berproses dan menghargai proses tersebut.

Apa yang dipelajari?

Meskipun kurikulum tiap kampus berbeda, tapi biasanya ilmu tentang bahan-bahan ini dipelajari di jurusan teknik, baik Teknik Metalurgi, Teknik Material, dan lain-lain. Belajar tentang ilmu bahan-bahan saat kuliah berarti Sobat akan belajar tentang sifat-sifat kimia, interaksi, karakteristik, maupun strukturnya. Mahasiswa jurusan teknik ini belajar bagaimana suatu bahan digunakan dalam kehidupan, seperti otomotif, elektronik, pertambangan, penerbangan, transportasi, semen, hingga pupuk.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Ketelitian dalam kegiatan observasi dan penelitian bahan-bahan
  • Kemampuan menganalisis bahan-bahan yang dipelajari
  • Kecakapan melakukan penelitian tentang bahan-bahan
  • Kemampuan multidisipliner dalam penggunaan bahan-bahan
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

MEKANIKA TEKNIK

icon mata kuliah

Termodinamika Material

icon mata kuliah

PEMROGRAMAN KOMPUTER

icon mata kuliah

ELEMEN MESIN

icon mata kuliah

Matematika Rekayasa

icon mata kuliah

KARAKTERISASI MATERIAL

icon mata kuliah

TEKNOPRENEUR

icon mata kuliah

MATERIAL POLIMER

icon mata kuliah

METODE ELEMEN HINGGA

icon mata kuliah

Fenomena Transport

icon mata kuliah

MANAJEMEN PRODUKSI

Daftar Alumni Penting

Putri Pariwisata Indonesia 2013

alumni

Nabilla Shabrina

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Ilmu bahan-bahan

redesain-navbar Portlet