redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Rekayasa Pertanian

Rumpun Ilmu Ilmu Pertanaman
Pelajaran Terkait Ilmu Pertanaman
astro-jurusan

Apa itu Rekayasa Pertanian ?

Rekayasa Pertanian merupakan program studi di bidang pertanian yang fokus pada penggunaan teknologi biosistem dan ilmu pengetahuan dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi pertanian. Jurusan Rekayasa Pertanian memiliki peran yang penting dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian, serta membantu memenuhi kebutuhan pangan dan bahan baku industri secara berkelanjutan.

Mengapa harus

Jurusan Rekayasa Pertanian ?

  • Kontribusi pada bidang ketahanan pangan
  • Jurusan rekayasa pertanian mempelajari teknologi dan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan produksi pertanian, sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan.

  • Keterlibatan dalam pengembangan teknologi pertanian
  • Jurusan ini mempelajari teknologi pertanian terbaru, seperti penggunaan teknologi digital, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi dan meminimalkan dampak negatif pada lingkungan.

  • Prospek kerja yang menarik
  • Lulusan jurusan rekayasa pertanian memiliki peluang karir yang baik di berbagai industri terkait dengan pertanian, seperti perusahaan perkebunan, perusahaan pengolahan makanan, lembaga pemerintah, dan lembaga penelitian.

  • Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan isu sosial
  • Dalam jurusan rekayasa pertanian, mahasiswa juga mempelajari isu-isu global yang terkait dengan pertanian, seperti perubahan iklim, keberlanjutan, dan perdagangan internasional. Hal ini dapat membuka wawasan dan mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di skala global.

Apa yang dipelajari?

Rekayasa Pertanian mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Jurusan ini mempelajari berbagai macam aspek teknologi dan ilmu pengetahuan yang terkait dengan pertanian, seperti pengolahan tanah, penggunaan pestisida dan pupuk, pengendalian hama, teknologi pertanian terbaru, dan sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memahami berbagai teknologi yang dapat diterapkan dalam pertanian, seperti teknologi digital, sensorik, dan kecerdasan buatan.
  • Memahami proses pengolahan dan pemrosesan hasil pertanian, seperti pengolahan pangan, pengolahan bahan bakar nabati, dll.
  • Memahami prinsip-prinsip manajemen pertanian, seperti perencanaan produksi, pengelolaan lahan dan air, pengendalian hama, dll.
  • Memahami pentingnya keberlanjutan lingkungan dalam produksi pertanian.
  • Mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait dalam memecahkan masalah yang kompleks dalam produksi pertanian.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Pengantar Rekayasa dan Desain

icon mata kuliah

Pengantar Sains dan Teknologi Hayati

icon mata kuliah

Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan

icon mata kuliah

GENETIKA PERTANIAN

icon mata kuliah

AGROKLIMATOLOGI

icon mata kuliah

Ilmu Pengetahuan Lingkungan

icon mata kuliah

KIMIA PERTANIAN

icon mata kuliah

AGROEKOLOGI

icon mata kuliah

Media Tumbuh

icon mata kuliah

Ilmu danTeknologi Benih

icon mata kuliah

Statistika untuk Pertanian

icon mata kuliah

Biologi Hewan Ternak

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Rekayasa Pertanian

redesain-navbar Portlet