redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Pengertian

Saat Sobat Pintar mendengar kata jerapah, tentunya kalian membayangkan leher jerapah yang panjang, bukan?

Jerapah yang kita jumpai sekarang mempunyai ciri khas berleher panjang. Dibalik semua itu, ternyata ada pelbagai pendapat mengenai asal mula jerapah berleher panjang. Pendapat-pendapat itulah yang kemudian menjadi suatu teori.

Evolusi adalah perubahan struktur tubuh makhluk hidup yang berlangsung secara perlahan-lahan dalam waktu yang sangat lama.

Bagaimanakah teori tentang asal mula jerapah  berleher panjang tersebut? Semua akan dibahas dalam bab ini Sobat Pintar.

Pencetus Teori Evolusi

Sobat Pintar, berikut beberapa tokoh pencetus teori evolusi.

Lamark (1774-1829)
Lamarck berpendapat bahwa perubahan yang terjadi pada organ hewan disebabkan karena beradaptasi dengan perubahan di alam.

Darwin (1809-1882)
Teori Evolusi Darwin tidak muncul begitu saja, namun berdasarkan hasil perjalanannya dengan kapal Beagle ke kepulauan Galapagos.

Charles Darwin mengemukakan teori evolusinya secara lengkap dalam buku yang berjudul On The Origin of Species by Means of Natural Selection (Asal mula spesies yang terjadi melalui seleksi alam) yang diterbitkan pada 24 November 1859. Dalam buku ini dikemukakan dua teori pokok, yaitu:

  • Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam.
  • Evolusi terjadi melalui seleksi alam.

Weismann (1934–1914)
Weismann berpendapat bahwa sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan dalam penurunannya, melainkan berdasarkan pada prinsip genetika.

Latihan 1

Jawablah soal di bawah ini!

Beberapa fakta yang terjadi di alam antara lain sebagai berikut.

  1. semua spesies memiliki potensi reproduksi yang tinggi
  2. terdapat variasi yang diturunkan antarindividu satu spesies
  3. terdapat banyak organ homolog
  4. ditemukannya hewan yang sama di tempat yang berbeda

Fakta yang menjadi dasar teori evolusi adalah....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Latihan 2

Yang di maksud inti teori Darwin adalah....

A. manusia bisa saja berasal dari monyet

B. homologi menjadi dasar makhluk hidup berevolusi

C. makhluk hidup dapat berubah sendiri secara spontan

D. hanya melalui mutasi makhluk hidup berubah bentuk dan berevolusi

E. makhluk hidup berubah bentuk karena seleksi dan adaptasi lingkungan

Teori dan Contoh Evolusi

Teori Evolusi yang dikemukakan oleh para ahli pada masanya, mendapat tanggapan dari berbagai kalangan baik yang berasal dari kelompok ilmuwan maupun kelompok lain.

Tanggapan yang muncul beragam, ada yang bersifat saling mendukung (pro) dan ada pula yang menolak (kontra). Tanggapan-tanggapan tersebut antara lain:

Lamarck vs Weismann
Weismann (1834-1912) adalah seorang ahli biologi dari Jerman yang menentang pendapat Lamarck mengenai diturunkannya sifat-sifat yang diperoleh dari lingkungan. Penolakannya terhadap teori Lamarck didukung oleh hasil percobaannya terhadap 2 ekor tikus yang dipotong ekornya kemudian dikawinkan.

Setelah diamati, keturunan yang lahir ternyata tetap berekor panjang. Berdasarkan pengamatan Weismann, keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan sampai 20 generasi. Pada akhirnya Weismann menyimpulkan bahwa perubahan sifat yang diperoleh dari lingkungan tidak diwariskan kepada keturunannya.

Pewarisan sifat akan diturunkan kepada generasi berikutnya apabila terjadi perubahan pada tingkat gen yaitu pada sel-sel gamet.

Lamarck vs Darwin
Keduanya berbeda pendapat mengenai fenomena jerapah berleher panjang. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, menurut Lamarck pada awalnya jerapah berleher pendek akan tetapi karena makanan yang berupa daun makin berkurang, maka dari generasi ke generasi leher jerapah semakin panjang untuk menjangkau daun yang semakin tinggi letaknya.

Sedangkan menurut Darwin, dalam populasi jerapah ada yang berleher panjang dan berleher pendek. Dalam kompetisi untuk mendapatkan makanan, jerapah berleher panjang tetap bertahan hidup sedangkan jerapah berleher pendek akan tersingkir secara perlahan-lahan. Dari fenomena ini muncullah gagasan Darwin tentang seleksi alam.

Untuk lebih memahami perbedaan konsep Teori Evolusi Darwin dan Lamarck, Sobat Pintar perhatikan Gambar berikut.

Latihan 3

Organ yang selalu digunakan dalam evolusinya akan mengalami perkembangan, sedangkan yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran. Teori tersebut dikemukakan oleh….

A. Darwin

B. Lamarck

C. Wallace

D. Cuvier

E. Mendel

Latihan 4

Teori evolusi mengemukakan bahwa sayap burung memiliki asal yang sama dengan….

A. kaki depan kuda

B. sirip belakang ikan

C. sayap belakang

D. sayap kupu-kupu

E. kaki monyet

Latihan 5

Menurut Lamarck, faktor yang berpengaruh pada evolusi organ adalah….

A. perubahan gen

B. perubahan kromosom

C. lingkungan

D. seleksi alam

E. bastar

Teori dan Contoh Evolusi

Berikut beberapa pendapat yang diungkapkan Darwin, Weismann, dan Wallace.

Darwin vs Weismann
Berbeda dengan tanggapannya mengenai gagasan Lamarck, gagasan Weismann lebih menjelaskan pandangan Darwin mengenai seleksi alam Weismann, evolusi menyangkut masalah bagaimana pewarisan gen melalui sel-sel kelamin, sehingga perubahan sifat-sifat karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunannya.

Jadi dengan jelas bahwa leher panjang atau pendek pada jerapah dikendalikan oleh gen. Gen untuk sifat leher panjang bersifat dominan, sedangkan gen untuk sifat leher pendek bersifat resesif.

Darwin vs Wallace
Kedua tokoh tersebut mempunyai persamaan gagasan dalam menanggapi masalah evolusi. Mereka sependapat bahwa evolusi terjadi melalui seleksi alam. Munculnya spesies baru berasal dari spesies sebelumnya.

Setiap individu anggota populasi mempunyai kemampuan untuk berkembang biak dan diantara individu-individu tersebut terdapat variasi. Dalam usahanya untuk mempertahankan hidup, individu yang tidak mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan akan tersingkir dan akhirnya punah.

Selain para ahli di atas, muncul juga pihak yang menentang Teori Evolusi dari sudut pandang yang berbeda. Pihak tersebut adalah kelompok agamawan (creationist) yang menolak teori evolusi dari sudut pandang ajaran agama. Kelompok ini dikenal sebagai kelompok yang menganut paham kreasionisme.

Paham kreasionisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa makhluk hidup dan segala jenisnya diciptakan oleh Tuhan, secara terpisah (tidak ada kesamaan leluhur, atau bahwa satu jenis makhluk hidup tidak diturunkan dari jenis makhluk hidup lain).

Gimana Sobat Pintar sudah paham kan perbedaannya? jika belum bisa langsung tanya di tombol diskusi ya....

Nah Sobat Pintar, setelah memahami penjelasan di atas kalian menjadi tahu mengapa jerapah memiliki leher yang panjang.

Faktor Yang Mempengaruhi Evolusi

Sobat Pintar, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi evolusi menurut Hardy dan Weinberg.

Hukum Hardy – Weinberg
Hukum ini menyatakan frekuensi alel atau gen dalam populasi dapat stabil dan berada dalam keseimbangan dari generasi kegenerasi berikutnya dengan syarat:

  • Jumlah populasi besar
  • Perkawinan secara acak atau random
  • Tidak ada mutasi maju atau balik
  • Tidak ada seleksi
  • Tidak ada migran

Frekuensi gen adalah perbandingan antara suatu gen atau genotipe dengan genotipe lainnya di dalam suatu populasi. Frekuensi gen dalam suatu populasi sering terjadi perubahan keseimbangan atau tidak stabil. Hal tersebut dipengaruhi faktor faktor sebagai berikut:

1. Perkawinan Tak Acak
Perkawinan umumnya dipengaruhi faktor pilihan misalnya ayam betina lebih memilih ayam jantan yang berbulu merah dan panjang dan manusia cenderung mengembang biakan hewan atau tanaman yang menguntungkan.

2. Individu Imigran
Individu imigran akan membawa alel yang baru maupun sebaliknya individu yang emigran akan membawa alel keluar. pergerakan alel ini antar populasi akan disebut arus gen.

3. Hanyutan Genetika
Hanyutan genetik ini dapat menyebabkan perubahan atau ketidakstabilan frekuensi gen dalam populasi.

4. Seleksi alam
Suatu organisme yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya jika memiliki fenotip yang sesuai dengan lingkungannya.

5. Rekombinasi dan seleksi
Bagian terpenting dalam mekanisme evolusi adalah rekombinasi gen dapat berlangsung melalui perkawinan.

Jenis Evolusi

Sobat Pintar, Apa yang kalian ketahui tentang fosil dan paleontologi?

Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fosil.

Fosil merupakan sisa-sisa organisme yang hidup di masa lampau, terawetkan secara alami, dan telah berumur jutaan tahun. Fosil dapat berupa tubuh yang utuh, bagian-bagian tubuh, jejak, ataupun kotoran (koprolit) dari makhluk hidup.

Menurut Darwin, fosil merupakan bukti evolusi yang menunjukkan kontinuitas perkembangan kehidupan. Para ahli paleontologi telah melakukan studi terhadap fosil-fosil yang ditemukan serta proses yang terjadi sampai munculnya fosil-fosil tersebut.

Di samping itu, ahli paleontologi juga mempelajari umur fosil tersebut dengan memperkirakan umur lapisan batuan tempat ditemukannya fosil. Salah satunya dengan menggunakan unsur radioaktif. Perkembangan kehidupan Kingdom Animalia dan Plantae dapat dijelaskan berdasarkan fosil yang ditemukan yang dikaitkan dengan spesies yang masih ada saat ini.

Di samping hubungan filogenetik yang ditunjukkan oleh fosil, beberapa fungsi lain juga dapat diperoleh dari studi tentang fosil. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  • Menunjukkan waktu pemunculan awal suatu organisme yang dapat mencerminkan terjadinya adaptasi secara umum.
  • Diketahuinya kecepatan evolusi berdasarkan perubahan fosil suatu kelompok organisme ke kelompok berikutnya.
  • Munculnya kecenderungan evolusi yang diperlihatkan dari perkembangan fosil. d. Memperlihatkan pola evolusi yang terjadi berdasarkan hasil studi  tentang kekerabatan fosil organisme.

Charles Lyell (1779-1875) menunjukkan sejumlah bukti geologis dan palaeontologis yang memiliki arti penting bagi Teori Evolusi Darwin.

Lyell berpendapat bahwa fosil-fosil yang berada di dalam strata (lapisan) tanah tertentu merupakan bagian kecil dari spesies hidup. Dia juga menunjukkan bahwa fosil-fosil tersebut berubah secara bertahap, jika diadakan penyelidikan secara perlahan dimulai dari lapisan tertua menuju lapisan yang lebih muda.

Yuk lanjutkan belajar kalian sobat pintar supaya lebih paham lagi. . .

Latihan 1

Salah satu petunjuk adanya evolusi diperlihatkan dengan adanya analogi pada organ-organ tubuh beberapa hewan, seperti....

A. tangan manusia dan sirip lumba-lumba

B. sayap pinguin dan sayap burung

C. kaki depan kuda dan tangan manusia

D. sirip ikan paus dan sirip ikan hiu

E. sayap kelelawar dan sayap ayam

Latihan 2

Organ-organ yang menunjukkan sifat analog adalah....

A. kaki depan katak dan sayap kupu-kupu

B. kaki depan katak dan kaki depan kadal

C. sayap kupu-kupu dan sayap kelelawar

D. kaki depan kadal dan sayap kelelawar

E. sayap burung dan sayap kelelawar

Latihan 3

Apakah alasan yang tepat bahwa eksperimen tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan evolusi?....

 

A. Fenotipe tersebut bersifat steril dan tidak stabil

B. Terjadi perubahan fenotip akibat desakan lingkungan

C. Fenotipe tersebut hanya muncul jika dipengaruhi sinar-X

D. Fenotipe tersebut di alam tidak adaptif sehingga tidak lolos seleksi alam

E. Fenotipe tersebut hanya berubah sesaat, ketika tidak dipengaruhi sinar X akan kembali normal

Latihan 4

Hal-hal tersebut dibawah ini yang tidak dapat menyebabkan timbulnya spesies baru adalah ….

A. domestikasi

B. isolasi

C. autogami

D. mutasi

E. seleksi

Latihan 5

Faktor luar yang mempengaruhi adanya variasi pada makhluk hidup adalah ….

A. kerja faal, kebiasaan, warna alami

B. makanan, penyakit, genetik

C. suhu, tanah, mutasi

D. ukuran, warna alami, genetik

E. tanah, makanan, suhu

Peta Belajar Bersama

Hai Sobat...

Apa saja ya yang akan kita pelajari di bab evolusi ini?

redesain-navbar Portlet