APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Bersama

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama Bahasa Indonesia di bab kedua.

Yuk, mulai belajar bersama!

Pengertian Iklan

PENGERTIAN IKLAN

Kata iklan pasti sudah tidak asing ditelinga kita. Pasalnya, kita sudah sering melihat iklan lewat televisi, bahkan juga lewat aplikasi sosial media.

Tapi apasih iklan itu?? Jadi pada umumnya teks iklan adalah suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada target masyarakat dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience.

Pasti sobat pintar sering kan melihat iklan-iklan yang menawarkan produk? Tujuan dari dilakukannya itu adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengkonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.

Tujuan dan Manfaat Iklan

TUJUAN DAN MANFAAT IKLAN

Tujuan Iklan

Dari pengertian iklan di atas, kita bisa tau apa tujuan dari iklan. Tujuan dari iklan diantaranya adalah:

1. Memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang atau jasa, merek, perusahaan, ataupun suatu ide. Iklan menggunakan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan produk/ jasa yang ditawarkan.
2. Mempengaruhi orang lain yang merupakan target market untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Manfaat Iklan

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi si pengiklan. Secara umum ada beberapa manfaat iklan yang bisa didapatkan oleh pengiklan, yaitu:

1. Produk yang diiklankan semakin terkenal oleh masyarakat luas yang menjadi calon konsumen produk tersebut.
2. Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk/ jasa yang diiklankan.
3. Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/ jasanya yang diiklankan.
4. Meningkatkan brand awareness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produknya.

Ciri-ciri Iklan dan Syarat Iklan

CIRI-CIRI TEKS IKLAN

Setiap teks pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri iklan pada umumnya:
1. Informasi dan pesan yang disampaikan dalam iklan bersifat komunikatif dan informatif.
2. Iklan menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif agar lebih menarik bagi orang lain.
3. Menggunakan pemilihan kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti oleh masyarakat atau target market.
4. Iklan berisi menjelaskan tentang produk dan cara kerja produk yang diiklankan.

 

KETENTUAN TEKS IKLAN

Iklan tidak boleh dibuat secara sembarangan. Ada ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan, diantaranya:
1. Iklan harus bersifat objektif, proporsional, dan jujur.
2. Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah difahami khalayak ramai.
3. Iklan sebaiknya dikemas sedemikian rupa agar menarik perhatian dan minat masyarakat.
4. Iklan seharusnya tidak menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/produk lain.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN

Kaidah kebahasaan teks iklan adalah aturan bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan. Kaidah kebahasaan di dalam teks iklan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal.

2. Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan.

Jenis-jenis Iklan

JENIS-JENIS IKLAN

Ada beberapa jenis-jenis dari teks iklan tergantung media yang menjadi perantara penyebaran iklan tersebut. 

Jenis-jenis iklan berdasarkan media publikasinya yaitu meliputi:

1. Iklan Media Cetak
Iklan media cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. Dalam iklan media cetak terdapat 2 jenis iklan diantaranya:

a. Iklan Baris
Iklan yang hanya dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya relatif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumnya disingkat, penuh makna, dan sederhana. Contohnya seperti gambar di bawah ini:


b. Iklan Kolom
Iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:\


2. Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.


3. Iklan Display
Iklan display atau yang bisa disebut juga dengan display advertisement adalah iklan bergambar di internet dengan format visual seperti gambar ataupun video yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk atau layanan jasa.

4. Iklan Elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang media publikasinya melalui media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi:

a. Iklan Radio
Iklan yang dipublikasikan melalui radio berupa kombinasi dari bunyi kata- kata (voice) dan efek suara (sound effect) dan iklan ini hanya bisa didengar.

b. Iklan Televisi
Iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak. Sehingga kita tidak hanya dapat mendengar suara dari iklan ini, tapi juga dapat melihat gambarnya di televisi.


Selain jenis-jenis iklan yang berdasarkan media publikasinya, ada juga jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya.

Jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya meliputi:

1. Iklan Komersial
Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklan taktis dan iklan strategis.

a. Iklan taktis
Iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli. Contoh iklan ini seperti iklan promo harga produk yang hanya berlaku selama sehari, seperti pada gambar berikut:

b. Iklan strategis
Iklan yang membangun merek dagang. Contohnya seperti pada gambar berikut:




2. Iklan Perusahaan
Iklan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut agar dibeli. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:


3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah di masyarakat yang harus dihadapi, yakni seperti kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Iklan ini bisa berisi tentang informasi seputar sebuah masalah dan bagaimana cara mengatasinya, atau bisa juga tentang layanan untuk masyarakat dari pemerintah. Contohnya seperti berikut:


 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini!

DIbawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri iklan adalah….

A. Informasi atau pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif

B. Iklan menggunakan kata-kata yang deskriptif 

C. Menggunakan kata-kata (diksi) atau bahasa yang tepat, logis, sopan, dan mudah dimengerti 

D. Iklan harus bersifat obyektif, proporsional, dan jujur.

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Iklan yang biasanya digunakan oleh untuk menyebarkan informasi tentang produk melalui suara dan gambar bergerak adalah….

A. Iklan radio

B. Iklan internet

C. Iklan kolom

D. Iklan televisi

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli adalah iklan....

A. strategis

B. taktis

C. elektronik

D. layanan masyarakat

Latihan Soal

Perhatikan iklan berikut!

(1) Kunjungilah pameran Buku Kiat Ujian!
(2) Peluang nilai ujian maksimal
(3) Harga buku murah terjangkau
(4) Pameran tanggal 2 Februari s.d. 10 Februari 2016 di Aula Serba Belajar.

Pernyataan yang berupa fakta pada iklan tersebut adalah....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Latihan Soal

Perhatikan iklan berikut!

Jamu pelangsing Savannah
Diet Cepat Cara Sehat
Tanpa Menyiksa diri

Maksud dari iklan di atas adalah....

A. Menawarkan alat pelangsing yang aman bagi tubuh

B. Jamu untuk melangsingkan badan dengan diet alami

C. Meminum jamu sama dengan menyiksa diri

D. Banyak cara melangsingkan badan tanpa diet

Pengertian Slogan

 


PENGERTIAN SLOGAN

Slogan adalah sebuah kalimat yang singkat, isinya menarik, dibuat dengan mencolok, dan tentunya mudah diingat oleh siapapun yang pernah mendengar atau membacanya. Meskipun kalimat dalam slogan tergolong singkat, namun didalamnya tersimpan makna yang sangat luas. Slogan biasanya terdiri dari beberapa kata saja.

Slogan dibuat untuk mengajak seseorang melaksanakan sesuatu, baik itu untuk membeli produk, menaati aturan, ataupun dengan tujuan persuasif lainnya. Tujuan utama slogan adalah untuk mengajak individu, maka dari itu sudah sepantasnya jika penggunaan kata dalam slogan perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Penggunaan kata dalam slogan hendaknya tidak terlalu panjang, gunakan beberapa kata saja agar mudah diingat dan familiar.

Ciri dan Tujuan Slogan

CIRI DAN TUJUAN SLOGAN


Slogan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Terdiri dari beberapa kata dan menarik karena tujuan utamanya adalah agar mudah diingat.
2. Menjelaskan tentang sesuatu, apakah termasuk produk maupun layanan masyarakat.
3. Slogan juga dapat berupa semboyan sebuah organisasi atau kumpulan masyarakat.

Kemudian, slogan juga memiliki tujuan sebagai berikut ini:
1. Menyampaikan informasi.
2. Mempengaruhi orang lain.
3. Menghimbau orang lain.
4. Memotivasi orang lain.
5. Menyadarkan masyarakat.

Slogan tidak hanya digunakan dalam iklan, namun juga banyak digunakan untuk hal lainnya. 
Fungsi slogan lainnya:

1. Slogan juga dapat digunakan sebagai sebuah kata-kata atau kalimat yang pendek yang biasanya begitu menarik, mencolok, dan juga mudah diingat untuk menjelaskan suatu ideologi organisasi tertentu misalnya perusahaan atau partai politik.
2. Slogan juga bisa digunakan sebagai motto atau frasa yang dipakai dalam berbagai macam konteks seperti politik, sosial, agama, komersial, dan lainnya sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan.

Macam-Macam Slogan Dan Contoh

MACAM-MACAM SLOGAN

Ada banyak slogan yang dapat kita temukan di sekitar kita. Macam-macam slogan itu diantaranya:

1. Slogan Pendidikan
Sebagai pelajar biasanya kita melihat slogan jenis ini menempel di dinding sekolah, mading, dan dinding kelas. Tujuan slogan pendidikan yakni mendorong dan memotivasi pelajar agar tambah giat menuntut ilmu dan menaati peraturan.
Contoh slogan pendidikan:


2. Slogan Kesehatan
Slogan dengan tema kesehatan biasanya sering ditemui di rumah sakit, puskesmas, atau di pinggir jalan. Tujuan slogan kesehatan biasanya mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan mengingatkan tentang pentingnya kesehatan.
Contoh slogan kesehatan:


3.  Slogan Lingkungan
Dalam lingkungan masyarakat sekitar, tak jarang juga ditemui slogan-slogan unik yang biasanya bertema kebersihan dan alam. Biasanya sering ditemukan di sekitar tempat pembuangan sampah, baliho, pinggir jalan dan tempat lain.

Tujuan slogan lingkungan biasanya mengajak masyarakat untuk menjaga dan mencintai lingkungan sekitar, karena dampaknya juga akan terasa kepada mereka.
Contoh slogan lingkungan:


4. Slogan Produk/Iklan
Dalam iklan juga sering digunakan slogan untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat.
Contoh slogan iklan:

 

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Berikut ini yang termasuk ke dalam tujuan dari adanya slogan, kecuali….

A. Untuk mempromosikan suatu produk

B. Untuk mempromosikan suatu organisasi

C. Untuk lebih mengenalkan suatu produk kepada masyarakat

D. Untuk menjelaskan suatu proses dari suatu kejadian

Latihan Soal

Perhatikan kutipan slogan berikut ini!

Ingat! Selalu pakai masker! Anda selamat, semua selamat.

Kutipan slogan di atas merupakan contoh dari slogan….

A. Slogan pendidikan

B. Slogan kesehatan

C. Slogan lingkungan

D. Slogan iklan

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Tiada hari tanpa prestasi. Slogan tersebut tepat digunakan dibidang….

A. Iklan

B. Promosi

C. Pendidikan

D. Kesehatan

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri slogan adalah....

A. Berisi kalimat yang panjang

B. Terdiri dari kalimat singkat yang mudah diingat

C. Menjelaskan sesuatu

D. Berupa seperti semboyan jika dalam suatu organisasi

Latihan Soal

Perhatikan slogan berikut!

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maksud dari slogan tersebut adalah....

A. Menyampaikan informasi tentang kesehatan

B. Menyampaikan tentang untuk menjaga lingkungan

C. Menyampaikan untuk menjaga kesehatan daripada mengobati

D. Menyampaikan untuk berobat jika sedang sakit

Pengertian Poster

PENGERTIAN POSTER

Sobat pintar pasti sudah sering melihat poster yang menempel di pinggir jalan. Poster sendiri adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai

Poster juga adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Pengaplikasiannya hanya dengan menempelkan poster di tempat-tempat yang tergolong strategis. Banyak poster yang ditempel di jalan-jalan karena di jalan dinilai merupakan tempat strategis yang sering dilewati banyak orang.

Lalu tahukah sobat pintar tentang apa tujuan dari poster itu??

Tujuan dari poster itu antara lain:

  • Media publikasi, seperti media untuk mengiklankan suatu produk ke masyarakat.
  • Tujuan komersial, seperti untuk perdagangan atau perniagaan.
  • Media informasi, seperti untuk menyebarkan seputar informasi kepada masyarakat.

Ciri-ciri dan Ketentuan Poster

CIRI-CIRI POSTER

Berikut ini adalah ciri – ciri umum dari sebuah poster:

  1. Desain dari poster memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
  3. Poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  4. Poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
  5. Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.


KETENTUAN DALAM POSTER

Dalam membuat poster tentu tidak boleh asal. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Beberapa ketentuan itu diantaranya:

  1. Wajib menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
  2. Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
  3. Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
  4. Harus mampu menarik minat khalayak.

Jenis-jenis Poster

 

JENIS-JENIS POSTER

Di sekitar kita ada banyak sekali jenis-jenis poster. Ada yang berdasarkan isinya, ada juga yang berdasarkan tujuannya.
Beberapa jenis poster berdasarkan isinya antara lain:

1. Poster Niaga
Berisi tentang urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.


2. Poster Kegiatan 
Berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dll.


3. Poster Pendidikan 
Berisi tentang informasi yang bersifat mendidik.


4. Poster Layanan Masyarakat 
Berisi tentang hal yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.


 


Lalu jenis Poster berdasarkan tujuannya antara lain :


1. Poster Propaganda

Poster yang memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.


2. Poster Kampanye
Bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.


3. Poster 'Dicari' 
Bertujuan untuk mencari orang hilang, hewan peliharaan hilang, atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.


4. Poster Cheesecake
Bertujuan untuk mempopulerkan sosok artis, legenda, atau seseorang yang memiliki pengaruh terhadap sekelompok masyarakat.

 

5. Poster Film
Bertujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.


6. Poster Komik
Poster yang tujuannya mempopulerkan buku-buku komik.

7. Poster Afirmasi 
Bertujuan untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.

8. Poster Riset 
Bertujuan untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.


9. Poster Kelas 
Biasanya ada di dalam kelas yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.


10. Poster Komersial 
Poster yang hampir sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

 

Cara Membuat Poster

CARA MEMBUAT POSTER

Membuat poster itu mudah! Di bawah ini adalah beberapa langkah umum dalam membuat poster: 

1. Tentukan Topik dan Tujuan
Sebelum membuat poster, sobat pintar harus menentukan topik atau tema dari poster yang akan sobat pintar buat. Apakah tentang lingkungan, pendidikan, atau kesehatan. 
Kemudian sobat pintar juga pertimbangkan apa tujuan dari sobat pintar membuat poster itu.

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.
Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik.
Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika sobat pintar membuat poster promosi produk).

3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.
Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.

4. Pilih Tempat yang Strategis
Dalam menempelkan poster, cari dan pilih tempat yang strategis. Tempat yang strategis adalah tempat yang banyak dilalui orang, contohnya seperti lobi sekolah, pasar, atau tempat-tempat umum.

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Dibawah ini yang bukan merupakan jenis poster berdasarkan isinya yaitu….

A. Poster propaganda

B. Poster Niaga

C. Poster Kegiatan 

D. Poster Pendidikan

Latihan Soal

Perhatikan gambar poster berikut ini!

Poster tersebut termasuk ke dalam poster….

A. Poster lingkungan

B. Poster niaga

C. Poster layanan masyarakat

D. Poster promosi

Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut!

Poster yang bertujuan untuk memperkenalkan komik terbaru adalah....

A. Poster propaganda

B. Poster komik

C. Poster film

D. Poster iklan

Latihan Soal

Pilihlah jawaban yang benar!

Poster afirmasi adalah....

A. Tujuannya memotivasi pembacanya

B. Tujuannya mempromosikan barang/jasa

C. Isinya berupa layanan masyarakat

D. Isinya mengajak masyarakat menjaga kebersihan

Latihan Soal

Perhatikan poster berikut!

Poster berikut merupakan poster....

Sumber: Kaskus.co.id

A. Iklan

B. Lowongan kerja

C. Lingkungan

D. Propaganda

redesain-navbar Portlet