PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

PTN dengan Pendaftar Terbanyak, photo via blog.cicil.co.id

2 PTN dengan Pendaftar Terbanyak pada SBMPTN 2019

Beberapa PTN menjadi pilihan favorit pada SBMPTN 2019

Masa-masa pendaftaran SBMPTN telah kita lalui. There isn't much to do now, but to keep your hope and pray. Still, don't you get curious on what was going on during the previous two weeks? Khususnya, PTN mana yang menjadi favorit para pendaftar SBMPTN 2019?

 

1. Universitas Brawijaya, Malang

Universitas Brawijaya (UB) menjadi PTN dengan peminat tertinggi selama SBMPTN 2019. Seluruhnya, terdapat 55.871 pendaftar – were you one of them, Sobat?

Pada rumpun Saintek, pendaftar SBMPTN UB sejumlah 33.987 orang. Dari jumlah tersebut, sejumlah 18.423 pendaftar menempatkan UB pada urutan pertama dan 15.564 orang menempatkan UB pada urutan kedua.

Pada rumpun Soshum, terdapat 21.884 pendaftar. Sejumlah 12.580 diantaranya menempatkan UB sebagai pilihan pertama dan 9.304 menjadikannya pilihan kedua.

Faktor banyaknya pilihan jurusan atau program studi di UB menjadi salah satu penyebab tingginya jumlah pendaftar. Selain itu, UB hanya menerapkan seleksi calon mahasiswa baru berdasar pada nilai UTBK – tanpa portofolio prestasi. Bagi sebagian pendaftar, kebijakan tersebut bisa menjadi kemudahan yang cukup menarik.

Bagi orang tua, meskipun tak seluruhnya, suasana Kota Malang dinilai cukup baik untuk melepas putra-putrinya merantau. Alhasil, UB pun menjadi PTN dengan pendaftar terbanyak pada SBMPTN 2019.

Disisi lain, kuota SBMPTN UB tak mengalami perubahan signifikan bila dibandingkan dengan angka pendaftar yang begitu besar. Daya tampung Saintek hanya 3.627 kursi, sedangkan daya tampung Soshum sebanyak 1.988 kursi.

 

2. Universitas Sebelas Maret, Solo

Diurutan kedua, Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima pendaftar sejumlah 48.735 orang. Dari angka tersebut, 24.293 pendaftar memilih jurusan Saintek dan 24.442 pendaftar berada pada rumpun Soshum. UNS sendiri menentukan 50% mahasiswa barunya pada tahun akademik 2019/2020 masuk melalui jalur SBMPTN.

Pengelolaan Hutan, satu jurusan baru di UNS, berpeluang menjadi salah satu faktor penyebab begitu banyaknya jumlah pendaftar SBMPTN. Akan tetapi, Kedokteran UNS diperkirakan menjadi jurusan terfavorit dengan pendaftar terbanyak dibanding jurusan-jurusan lain.

 

Itulah dua PTN dengan jumlah pendaftar SBMPTN terbanyak pada tahun ini. Setiap pendaftar tentulah memiliki alasan pribadi masing-masing dalam menentukan pilihan jurusan dan PTN-nya. Namun mengingat kedua PTN diatas dipilih oleh mayoritas peserta SBMPTN, mungkin ada faktor-faktor serupa yang mempengaruhi kesamaan pilihan tersebut.

Lebih masukan Blog

5 Manfaat Bermain Game

Kapan terakhir kali Sobat Pintar bermain game? Berapa lama rata-rata Sobat memainkan game ...

Perbaiki Kualitas Tidurmu, Hindari 4 Kebiasaan Ini

What do you do before you close your eyes every night? Playing your favorite game?...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru