Kumpulan Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawabannya beserta Pembahasan
APSiswaNavbarV2
Tesssss Tesssss
CssBlog
redesain-navbar Portlet
metablog-web Portlet
Blog
Photo by Element5 Digital on Unsplash
Soal Matematika kelas 6 biasa dicari menjelang ujian alih-alih digunakan sebagai latihan harian. Matematika sendiri merupakan mata pelajaran wajib yang sering dianggap sebagai pelajaran yang abstrak, sulit, dan kurang relevan. Padahal, konsep dan prinsip matematika banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu contoh penggunaan materi pecahan dan rasio dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika berbelanja di pasar. Kita dapat mengetahui jumlah total belanjaan dan buah/sayur yang lebih murah di antara pedagang di pasar. Sementara itu, salah satu contoh penggunaan peluang dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk memprediksi hari ini hujan atau tidak.
Matematika di Sekolah Dasar melatih siswa untuk berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Pelajaran Mtk kelas 6 SD meliputi materi yang membutuhkan rumus hitung. Pada semester 1, siswa mempelajari pecahan, desimal, dan rasio. Pada semester 2, siswa mempelajari kubus, balok, dan peluang.
Untuk mendapatkan gambaran apa saja soal Matematika kelas 6 SD yang kemungkinan nanti akan keluar di ujian, berikut rangkuman soal Matematika kelas 6 semester 1 dan 2. Kunci jawaban dan pembahasan tersedia agar dapat dipelajari menjelang ujian.
Â
1. Hasil dari 30 x 15 : (105 - 60) adalah…
a. 10
b. 20
c. 30
d. 40
Jawaban: a
Pembahasan:
30 x 15 : (105 - 60) = 30 x 15 : 45
= 450 : 45
= 10
2. Hasil dari 0.8 + 12/10 adalah...
a. 1.3
b. 2
c. 2.4
d. 1.2
Jawaban: b
0.8 + 12/10
= 0.8 + 1.2 = 2
3. Hasil dari 0.65 + 0.5 x 3 = ...
a. 1.8
c. 2.15
d. 3
Jawaban: c
0.65 + (0.5 x 3)
= 0.65 + 1.5
= 2.15
4. Pecahan dari 0.6 adalah...
a. 6/10
b. 6/100
c. 6/1000
d. 10/6
Untuk mengubah desimal menjadi pecahan dengan melihat angka di belakang koma. Jika terdapat satu angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 10, jika terdapat dua angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 100, dan seterusnya. 0.6 maka terdapat satu angka di belakang koma sehingga pecahan dari 0.6 adalah 6/10.
5. Pecahan dari 0.12 adalah...
a. 12/10
b. 12/12
c. 12/100
d. 12/1000
Jawaba: c
0.12 memiliki 2 angka di belakang koma maka penyebut pecahan adalah 100 sehingga 0.12 adalah 12/100.
6. Bentuk desimal dari 12,5% adalah...
a. 0.125
b. 1.25
c. 12.5
d. 125
1% = 1/100
= 0.01.
12.5% = 12.5/100 = 0.125.
7. Sebuah pizza dipotong menjadi 5 bagian. Siti memakan 3 bagian. Berapa bagian yang dimakan oleh Siti dari keseluruhan pizza tersebut?
a. 4/5
b. 3/5
c. 3/10
d. 3/7
Pizza dipotong menjadi 5 bagian dan Siti memakan 3 bagian maka Siti memakan 3 bagian dari 5 bagian yaitu 3/5.
8. Jika siswa memiliki 2 tali pramuka dengan panjang 0.5 m dan 2 ½ m. Kedua tali tersebut akan digunakan untuk mengikat tongkat pramuka jika tali yang tersisa panjangnya 0.25 m. Berapa meter panjang tali yang digunakan untuk mengikat tongkat pramuka?
a. 2.75 m
b. 3 m
c. 2 m
d. 2.5 m
Tali pertama panjangnya 0.5 m.
Tali kedua panjangnya 2 ½ m= 2.5 m.
Total tali adalah 2.5 m + 0.5 m = 3 m.
Tali yang tersisa adalah 0.25, maka tali yang digunakan adalah total tali yang tersisa adalah 3 m - 0.25 m = 2.75 m.
Jadi tali yang digunakan adalah 2.75 m
9. Ibu membeli 3 kg terigu di pasar lalu ibu ingin membuat roti. Jika sisa terigu adalah 50% maka berapa kg terigu yang ibu gunakan?
a. 1 kg
b. 2 kg
c. 2.5 kg
d. 4.5 kg
Jawaban: d
Jika sisa terigu adalah 50% maka terigu yang digunakan adalah 100%- 50%= 50%.
Ibu membeli 3 kg terigu maka 50% x 3 kg = 150 % = 150/100 = 1.5 kg
10. Alleya berencana menabung uang saku Alleya di sekolah Rp. 20.000. Alleya berencana menabung 20% dari uang sakunya berapa hari tabungan Alleya mencapai 12.000?
a. 6 hari
b. 3 hari
c. 5 hari
d. 4 hari
Uang saku Alleya adalah Rp. 20.000.
Alleya menabung sebesar 20% x 20000 maka 20/100 x 20000 = 40000/100 = 4000.
Tabungan Alleya mencapai 12000 ketika 12000/4000 = 3 hari
11. Jika umur ayah adalah 44 tahun dan umur ibu adalah 22 tahun. Berapakah rasio umur ayah dan ibu?
a. 22 : 15
b. 22 : 17
c. 22 : 11
d. 22 : 16
Diketahui umur ayah 44 tahun dan umur ibu 22 tahun maka rasionya adalah 44 : 22.
Disederhanakan dengan membagi 2 kedua ruas menjadi 22 : 12.
12. Sekolah dasar Tadika memiliki 50 siswa. Siswa laki-lakinya ada 22 maka berapa rasio siswa laki-laki dan perempuan?
a. 22 : 50
b. 22 : 27
c. 11 : 14
d. 22 : 50
Diketahui jumlah siswa adalah 50 dan jumlah siswa laki-laki adalah 22 maka jumlah siswa perempuan = 50 - 22 = 28. Jadi rasio siswa laki-laki dan perempuan adalah 22 : 28 = 11 : 14.
13. Diketahui rasio uang saku Upin : Ipin = 4 : 5 dan uang saku Upin sebesar Rp. 20.000 maka berapakah uang saku Ipin?
a. 25.000
b. 20.000
c. 22.000
d. 23.000
Diketahui uang saku Upin adalah 20.000 dan rasio uang saku Upin : Ipin adalah 4 : 5.
Rasio uang saku Upin / Rasio uang saku Ipin = Uang saku Upin / Uang saku Ipin
4/5 = 20.000 / Uang saku Ipin
Uang saku Ipin = 20.000 x 5/4
= 25.000
14. Diketahui â…” uang kakak adalah 60.000 maka berapa total uang kakak?
a. 60.000
b. 80.000
c. 90.000
d. 50.000
Misalkan uang kakak = a maka â…” a = 60.000 jadi a = 60.000 : â…” atau 60.000 x 3/2 = 90.000.
15. Pada sebuah gudang terdapat 40 bola di antaranya 22 voli dan sisanya basket. Berapakah rasio bola voli terhadap jumlah seluruh bola?
a. 22 : 18
b. 22 : 30
c. 22 : 40
d. 22 : 25
rasio bola voli : Total bola adalah 22 : 40
16. Kota X mengadakan pertandingan lomba sekolah sehat. SD Tadika mencalonkan 2 orang untuk membantu membersihkan rumput di sekolah. Budi dapat memangkas rumput 200 m2 dalam 1 jam sedangkan Andi dapat memangkas rumput 300 m2 dalam 2 jam. Manakah yang tercepat di antara 2 orang itu?
a. Andi
b. Budi
Budi dapat memangkas rumput 200 m2 dalam 1 jam maka dalam 2 jam Budi dapat memangkas 400 m2 sedangkan Andi hanya dapat memangkas rumput 300 m2 . Jadi Budi lebih cepat dari Andi.
17. Ibu ingin membuat pie buah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 8 cangkir tepung, 4 kg telur, 2 cangkir krim untuk membuat 8 pie buah jika ibu ingin membuat 16 pie, berapa kg telur yang harus dibeli oleh ibu?
a. 4 kg
b. 8 kg
c. 16 kg
d. 10 kg
Untuk membuat 8 pie buah dibutuhkan 4 kg telur maka untuk 16 pie buah dibutuhkan 8 kg telur.
Photo by Robo Wunderkind on Unsplash
Itulah gambaran soal Matematika kelas 6 semester 1. Sekarang kita akan berlatih soal Matematika kelas 6 semester 2. Dengan berlatih dan mengetahui perbedaan materi semester 1 dan 2, kita dapat mengetahui gambaran soal-soal yang akan keluar di ujian sekolah nanti.
Materi Matematika untuk kelas 6 SD semester 2 yaitu kubus, balok, dan peluang. Bangun datar hanya memiliki ukuran panjang dan lebar, seperti persegi, persegi panjang, dan lain-lain. Sedangkan bangun ruang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Dalam bangun ruang, kita dapat menghitung volume dan luas permukaan bangun. Kubus adalah bangun ruang, gabungan dari bangun datar persegi. Sedangkan balok adalah gabungan dari bangun datar, yakni persegi dan persegi panjang.
18. Suatu bangun ruang diketahui memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Bangun ruang manakah yang memiliki ciri-ciri diatas?
a. Kubus
b. Balok
c. Kerucut
d. Limas
Bangun ruang yang memiliki 12 rusuk sama panjang adalah kubus.
19. Suatu bangun ruang diketahui memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Bangun ruang manakah yang memiliki ciri-ciri di atas?
Bangun ruang yang memiliki 4 sisi persegi panjang adalah balok.
20. Diketahui kubus ABCD EFGH memiliki panjang rusuk 5 cm maka berapakah volumenya?
a. 125 cm3
b. 250 cm3
c. 145 cm3
d. 175 cm3
Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk = rusuk3
Diketahui rusuk = 5 cm maka volume kubus = 5 x 5 x 5 = 125 cm3
21. Kubus merupakan bangun ruang yang sisinya berbentuk...
a. Persegi
b. Persegi panjang
c. Lingkaran
d. Trapesium
Kubus merupakan bangun ruang yang sisinya berbentuk persegi dan semua rusuknya sama panjang.
22. Diketahui kubus ABCD EFGH memiliki rusuk 3 cm maka luas permukaan kubus tersebut adalah...
a. 54 cm2
b. 18 cm2
c. 81 cm2
d. 60 cm2
Luas permukaan kubus = 6 x (s x s)
Diketahui rusuk/sisi kubus = 3 cm
Luas permukaan kubus = 6 x (3 cm x 3 cm) = 6 x 9 = 54 cm2
23. Sebuah kotak kapur di sekolah memiliki sisi 10 cm. Berapakah keliling dari kotak kapur tersebut?
a. 100 cm
b. 120 cm
c. 130 cm
d. 140 cm
Kotak kapur memiliki bentuk kubus.
Keliling kubus = 12 x sisi.
Diketahui sisi kotak kapur = 10 cm maka keliling kubus = 12 x 10 cm = 120 cm.
24. Balok adalah bangun ruang datar yang sisinya berbentuk...
b. Persegi dan lingkaran
c. Persegi dan persegi panjang
d. Persegi panjang dan lingkaran
Jawaban : c
Pembahasan :
Balok merupakan bangun ruang yang memiliki sisi berupa persegi dan persegi panjang.
25. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Volume balok tersebut adalah...
a. 1220 cm3
b. 1320 cm3
c. 1330 cm3
d. 1430 cm3
Volume balok = panjang x lebar x tinggi.
Diketahui panjang = 15 cm, lebar = 11 cm, dan tinggi = 8 cm maka volume balok = 15 cm x 11 cm x 8 cm = 1320 cm3
26. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Berapakah luas permukaan balok tersebut?
a. 745 cm2
b. 747 cm2
c. 748 cm2
d. 746 cm2
Luas permukaan balok = 2 x (panjang x lebar + panjang x tinggi + lebar x tinggi).
Diketahui panjang = 15 cm, lebar = 11 cm, dan tinggi = 8 cm maka luas permukaan balok = 2 x ( 15 cm x 11 cm + 15 cm x 8 cm + 11 cm x 8 cm) = 2 x 373 = 746 cm2
27. Sebuah balok memiliki panjang 15 cm lebar 11 cm dan tingginya 8 cm. Berapakah luas alas dari balok tersebut?
a. 160 cm2
b. 165 cm2
c. 170 cm2
d. 175 cm2
Sebuah balok memiliki alas persegi panjang maka luas alas balok adalah panjang x lebar.
Luas alas balok = 15 x 11 = 165 cm2
28. Siti ingin membeli akuarium untuk memindahkan ikan-ikannya. Akuarium tersebut berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 10 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah volume akuarium tersebut?
a. 1500 cm3
b. 1200 cm3
c. 1300 cm3
d. 1400 cm3
Volume akuarium = 15 x 10 x 8 = 1200 cm3
29. Rozi memiliki uang koin, lalu Rozi melempar uang koin tersebut. Berapa peluang munculnya gambar pada koin?
a. ½
b. â…“
c. ¼
d. â…•
Uang koin memiliki 2 sisi yaitu gambar dan angka sehingga peluang munculnya gambar pada uang koin tersebut adalah ½ .
30. Upin dan Ipin bermain monopoli bersama ipin melemparkan dadu. Berapa peluang munculnya mata dadu 4?
a. â…™
d. ½
Hasil yang mungkin dari pelemparan mata dadu adalah 1, 2, 3 ,4, 5, dan 6. Jadi ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} sehingga banyak ruang sampel n(S) = 6. Misal A adalah kejadian muncul mata dadu 4 maka A = {4} sehingga n(A) = 1.
P(A) = n(A)/n(S) = â…™ .
31. Ipin melemparkan dadu peluang munculnya mata dadu ganjil adalah...
a. 2/6
b. 3/6
c. 4/6
d. â…š
Hasil yang mungkin dari pelemparan mata dadu adalah 1, 2, 3 ,4, 5, dan 6. Jadi ruang sampelnya adalah S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} sehingga banyak ruang sampel n(S) = 6. Misal A adalah kejadian muncul mata dadu ganjil maka A = {1, 3, 5} sehingga n(A) = 3.
P(A) = n(A)/n(S) = 3/6.
32. Upin dan Ipin melemparkan 2 dadu secara bersama-sama. Peluang munculnya mata dadu berjumlah 6 adalah...
a. 5/36
b. 6/36
c. 7/36
Dua buah dadu dilemparkan bersama-sama maka ruang sampelnya adalah 6 x 6 = 36.
Misal A adalah kejadian muncul kedua mata dadu berjumlah 6 maka A = {(1,5), (2,4), (3,3), (4,2), (5,1)} sehingga n(A) = 5.
P(A) = n(A)/n(s) = 5/36.
33. Dalam sebuah kotak terdapat 3 bola yaitu bola berwarna merah, kuning dan hijau. Berapakah siswa mengambil bola tersebut berwarna hijau?
a. ¼
c. ½
d. 1
Misal S adalah ruang sampel dalam kotak tersebut maka S= {merah, kuning, hijau} sehingga n(S) = 3.
Misal A adalah kejadian muncul bola berwarna hijau maka A = {hijau} sehingga n(A) = 1.
P(A) = n(A)/n(S) = â…“.
34. Sebuah kantong berisi 20 kelereng yaitu 8 kelereng hijau, 12 kelereng biru. Peluang muncul kelereng berwarna biru yaitu...
a. 12/20
b. 8/20
c. 12/8
d. 12/12
Jumlah kelereng adalah 20 dan kejadian muncul kelereng berwarna biru adalah 12 maka peluang muncul kelereng warna biru adalah 12/20.
35. Jika dalam sebuah kotak terdapat 5 bola voli, 12 bola basket dan 3 bola sepak. Berapakah peluang siswa mendapatkan bola voli dan bola basket?
a. 17/20
b. 12/20
c. 15/20
d. 3/20
Kejadian terambilnya bola voli dan basket adalah 12+5 = 17.
Total seluruh bola adalah 5+12+3 = 20 maka peluang terambil bola voli dan basket adalah 17/20.
Demikianlah soal matematika kelas 6 dan kunci jawabannya. Dari kumpulan contoh soal Matematika kelas 6 di atas, diharapkan siswa mendapatkan gambaran soal ujian Matematika kelas 6. Selanjutnya, di kelas 7 SMP akan dijumpai materi Perbandingan. Download aplikasi Aku Pintar untuk mempelajari materi selengkapnya.
Penulis: Ira Rosita
Penyunting: Deni Purbowati
ArtikelTerkaitV3
Ini Dia Alasan Mengapa Tes Minat Bakat Jurusan SMK Penting B
Daftar 40+ Jurusan SMK di Indonesia Sobat Pintar, tahukah kamu bahwa di Indonesia terdapat lebih dari 40 jurusan SMK yang bisa kamu ambil? Tentu kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan skill yang kamu minati. Untuk memberikan kamu referensi menge...
Baca Selengkapnya
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG): Melahirkan Guru Profe
Tentang Program Pendidikan Profesi (PPG) Sobat Pintar, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program studi yang dirancang untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/DIV Non Kependidikan menjadi guru profesional. Program ini bertujuan meng...
Wajib Diperhatikan! Ini Daftar 10+ Alasan dan Motivasi Saat
Tentang OSIS: Sejarah Singkat dan Kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS adalah organisasi resmi di dalam sekolah. Organisasi ini sudah ada sejak tahun 1923 dengan nama PPIB (Perhimpunan Pelajar Indonesia Baru). Lalu pada tahun 1964, PPIB ...
Hai Sobat Pintar,
Yuk Cobain Aplikasi Aku Pintar Sekarang Juga!
Jutaan siswa sudah menemukan minat, bakat dan kampus impian bersama Aku Pintar. Sekarang giliran kamu Sobat!
BannerPromoBlog