redesain-navbar Portlet

Blog

4 Cara Memilih Jurusan/Prodi saat SNMPTN 2021 – Tentukan Pilihanmu!

Pemilihan jurusan di SNMPTN mengikuti ketentuan LTMPT.

Cara Memilih Jurusan, photo by Jessica Ruscello on Unsplash

Sudah tahukah Sobat kalau ketentuan pemilihan jurusan SNMPTN tahun ini berbeda? Yup! Pemilihan jurusan atau prodi SNMPTN 2021 berbeda dari ketentuan pemilihan jurusan pada SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Nah loh, gimana tuh? Yuk, kepoin, Sobat!

 

Ketentuan Pilihan Program Studi dari LTMPT

Photo by evondue on Pixabay

Mengacu pada ketentuan LTMPT, ada tiga poin penting dalam pemilihan jurusan SNMPTN yang benar. Tiga poin yang wajib kita perhatikan yaitu:

1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

2. Jika memilih dua prgram studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Poin ketiga (lintas jurusan) dibahas tuntas di sini. Untuk sekarang, kita elaborate dua poin pertama tentang cara memilih jurusan di SNMPTN 2021 yuk, Sobat!

 

Tips Memilih Jurusan SNMPTN #1: Dua Prodi Berbeda di Satu PTN

Jika memilih dua jurusan di satu PTN, pastikan PTN tersebut berada di satu provinsi dengan sekolahmu saat ini. Misalnya, jika sekolahmu berada di Provinsi Jawa Timur, pemilihan jurusan SNMPTN yang benar yaitu:

Sekolah Asal: Jawa Timur

Pilihan 1: Kedokteran, Universitas Airlangga (Jawa Timur)

Pilihan 2: Kebidanan, Universitas Airlangga (Jawa Timur)

Atau

Pilihan 1: Psikologi, Universitas Airlangga (Jawa Timur)

Pilihan 2: Antropologi, Universitas Airlangga (Jawa Timur)

Jika Sobat memperhatikan cara mengurutkan jurusan SNMPTN di atas, tampak bahwa jurusan dengan keketatan yang lebih tinggi berada pada urutan pertama. Jurusan-jurusan populer biasanya cenderung difavoritkan dan dipilih oleh kebanyakan calon mahasiswa baru. Maka, peluang kita lolos SNMPTN pada jurusan-jurusan tersebut menjadi lebih kecil. But it's worth to try, isn't it Sobat?

Perhatikan pula, pilihan jurusan pada urutan kedua cenderung berada pada satu bidang ilmu dengan pilihan pertama. Misalnya Sobat Pintar tertarik dengan ilmu kesehatan, Jurusan/Prodi Kebidanan masih berada di lingkup ilmu yang sama dengan Kedokteran. It's not a must, tapi begitulah cara memilih jurusan SNMPTN yang tepat, Sobat Pintar.

 

Tips Memilih Jurusan SNMPTN #2: Dua Prodi Sama di Dua PTN Berbeda

Okay, cara memilih program studi SNMPTN di atas bisa diterapkan jika PTN incaranmu hanya satu. Tapi bagaimana cara membuat daftar jurusan SNMPTN pada dua PTN yang berbeda? Berikut ini contohnya, Sobat:

Sekolah Asal: DI Yogyakarta

Pilihan 1: Farmasi, Universitas Gadjah Mada (DI Yogyakarta)

Pilihan 2: Farmasi, Universitas Jember (Jawa Timur)

Atau

Pilihan 1: Psikologi, Universitas Gadjah Mada (DI Yogyakarta)

Pilihan 2: Psikologi, Universitas Udayana (Bali)

Dari contoh daftar jurusan SNMPTN di atas, PTN di urutan pertama berada satu provinsi dengan sekolah asal. Apakah itu harus? Enggak kok, Sobat. Cara mengurutkan jurusan SNMPTN seperti di bawah ini juga boleh:

Sekolah Asal: DKI Jakarta

Pilihan 1: Gizi Kesehatan, Universitas Gadjah Mada (DI Yogyakarta)

Pilihan 2: Gizi, UPN Veteran Jakarta (DKI Jakarta)

Jadi, PTN yang berada di satu provinsi dengan sekolah asal bisa di urutan pertama atau kedua. Yang penting, prodi SNMPTN pada pilihan kedua memiliki peluang lolos lebih besar daripada pilihan pertama.

 

Tips Memilih Jurusan SNMPTN #3: Dua Prodi Berbeda di Dua PTN Berbeda

Now, bagaimana kalau kita mengincar dua jurusan SNMPTN yang berbeda? Udah gitu, PTN-nya juga berbeda. The basic tips apply still, Sobat. First, pilihan kedua berpeluang lolos lebih besar. Second, salah satu PTN berada di satu provinsi dengan sekolahmu sekarang. Nah, seperti ini contohnya:

Sekolah Asal: Bali

Pilihan 1: Ilmu Gizi, Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat)

Pilihan 2: Biologi, Universitas Pendidikan Ganesha (Bali)

Atau

Pilihan 1: Manajemen, Universitas Udayana (Bali)

Pilihan 2: Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya (Jawa Timur)

 

Tips Memilih Jurusan SNMPTN #4: Satu Prodi (Satu Pilihan)

Ingin bebas memilih PTN tanpa terikat aturan kesamaan provinsi dengan sekolahmu sekarang? Bisa, Sobat. But then, you're subject to another condition. Apa itu? Kita boleh bebas memilih PTN asalkan mengisi satu pilihan saja di SNMPTN. Jadi, kosongkan pilihan prodi SNMPTN yang kedua ya, Sobat!

Contoh:

Pilihan 1: Teknologi Rekayasa Konversi Energi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Pilihan 2: (dikosongkan)

It's such a brave decision to have one option only, indeed! Tapi bukan nggak boleh kok, Sobat. Tentunya, perhitungkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk menggunakan cara memilih prodi SNMPTN yang terakhir ini, ya!

Kalau begitu, manakah cara memilih program studi SNMPTN yang akan Sobat gunakan nanti? Apapun pilihanmu, always wish you the best luck, deh!

2
170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
kalau anak smk jurusan multimedia, daftar ptn lewat jalur snm tapi mau masuk prodi psikolog, bagaimana itu, bisa apa?
00
jika saya dari jurusan mipa di SMA lalu mau daftar snmptn pilihan 1 Psikologi-Unhas, pilihan 2 management-Universitas Negeri Gorontalo apa peluang lolos kecil krn lintas jurusan?
00

CssBlog

metablog-web Portlet