redesain-navbar Portlet

Blog

4 Cara Meningkatkan Soft Skill yang Mudah untuk Dilakukan

Jangan puas dengan hard skills, perkaya diri dengan soft skills.

cara meningkatkan soft skill, photo by Dziana Hasanbekava on Pexels

Apa itu soft skill? Softskill adalah berbagai keterampilan dan kecerdasan yang kita perlukan agar berhasil di dunia kerja. Meskipun soft skills amat berperan penting di dunia kerja, kita hanya mendapatkan hard skills dari bangku kuliah. Padahal, hardskill dan softskill sama-sama kita butuhkan agar bukan hanya pekerjaan yang beres, tapi kita juga memiliki relasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja.

Oke, kita sudah tahu tentang pengertian softskill. Kalau begitu, apa saja soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Bagaimana pula cara meningkatkan soft skill? Yuk, kita bahas bareng, Sobat.

 

Soft Skills dalam Dunia Kerja

apa itu soft skill
Photo by StartupStockPhotos on Pixabay

Soft skills tak berwujud, sehingga tak dapat diukur. Akan tetapi, soft skills mempengaruhi seberapa baik kita beradaptasi dan berprestasi di lingkungan kerja. Peoplescout menyebutkan beberapa contoh soft skill, seperti:

attitude

komunikasi

etos kerja

teamwork

leadership

manajemen waktu

decision making

resolusi konflik

critical thinking

networking

empati

problem solving.

Softskill adalah kombinasi dari serangkaian atribusi di atas. Keterampilan sosial, kepribadian, tingkah laku, hingga kecerdasan emosi kita memiliki peran yang sama pentingnya dengan, atau bahkan lebih penting ketimbang hard skills di dunia kerja.

Saat bekerja, kita tak bisa lepas dari interaksi dengan orang lain. Leadership dan teamwork merupakan kemampuan soft skill yang penting bagi fresh gradute seiring dengan semakin banyaknya perekrut karyawan yang menginginkan kedua atribusi tersebut. Bagi mereka, sulit untuk menemukan calon karyawan dengan kemampuan soft skill yang tepat.

Maka tak heran bila hari-hari ini banyak pelatihan pegawai yang lebih menekankan pada cara melatih softskill. Soft skills memang sangat dibutuhkan, bahkan pada bidang pekerjaan yang terhitung teknis sekalipun, seperti teknologi informasi maupun kesehatan.

 

Cara Melatih dan Meningkatkan Soft Skills


Photo by Gustavo Fring on Pexels

Nah, kita bisa curi start nih, Sobat. Mumpung masih ada waktu sampai berstatus sebagai fresh graduate, kita bisa mengasah kemampuan soft skill sedari sekarang. Bagaimana cara mengasah soft skill itu?

1. Perbanyak Interaksi dengan Orang Lain

Cara mengembangkan soft skill yang terbilang cukup mudah adalah dengan meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Seiring berjalannya waktu, kita akan mulai dapat memahami perilaku maupun sikap orang lain. Pada saat yang sama, kita bisa mendapatkan feedback atas perilaku dan sikap kita – entah secara langsung maupun melalui kontemplasi diri.

2. Fokus pada Keterampilan yang Ingin Dikuasai

Setelah berkontemplasi atau merenung sekian lama, biasanya kita mampu menyadari soft skills apa yang masih harus ditingkatkan lagi. Misalnya, Sobat Pintar terlalu mudah merasa marah. Padahal, ada banyak hal di dunia kerja yang membutuhkan kesabaran – yang juga merupakan salah satu contoh soft skill penting. Dengan menyadari kemampuan soft skill tertentu yang ingin dikuasai, kita bisa secara aktif melatih diri sendiri atau menggunakan bantuan jasa profesional.

3. Aktif di Organisasi

Salah satu cara mengasah soft skill yang bisa dikerjakan secara mandiri yaitu manajemen waktu. Selama belajar dari rumah, Sobat Pintar tentu sudah menguasai beberapa trik mudah untuk mengatur waktu. Jika ingin meningkatkan lagi keterampilanmu dalam mengatur waktu, cobalah bergabung dengan organisasi, kegiatan ekstrakurikuler sekolah, atau kegiatan/himpunan mahasiswa. Selain mengelola waktu antara belajar dan aktif di komunitas tersebut, Sobat Pintar juga berkesempatan untuk melatih berbagai soft skill contohnya networking, komunikasi, atau yang lain.

4. Mengikuti Pembelajaran

Karena hard skills sudah diperoleh melalui pendidikan formal, jangan sampai menutup mata bila membutuhkan bantuan profesional untuk mengembangkan soft skills, Sobat. Contoh kemampuan dan keterampilan yang bisa kita peroleh melalui pembelajaran nonformal yaitu menulis esai, public speaking, fotografi, bahasa asing, koreografi, coding, vokal, animasi, painting, desain grafis, manga drawing, dan lain-lain.

Di masa digital seperti sekarang, pembelajaran nonformal dapat dengan mudah kita peroleh tanpa harus jauh-jauh pergi ke kota lain. Kursus Pintar, misalnya, dapat membantumu mengembangkan soft skills dan kemampuanmu pada bidang tertentu yang secara spesifik sudah Sobat incar selama ini. Kursus Pintar menyediakan berbagai pilihan skills yang ingin Sobat ikuti pada berbagai institusi terpercaya seperti Global Millennial Group, KAHHA Photography, Aki Noo Sora, Cakap, Schooters, Virtu Education, dan masih banyak lagi.

cara mengembangkan soft skill
Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Tentukan kelas atau paket yang ingin diikuti di Kursus Pintar, kemudian lakukan registrasi. Sambil berlatih mengatur waktu di tengah kesibukanmu belajar saat ini, Sobat Pintar bisa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan soft skill lain dengan para praktisinya langsung. Mudah, enggak pakai ribet, kan?

0
50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet