redesain-navbar Portlet

Blog

Photo Credit: Working Together Teamwork Puzzle Concept, by Scott Maxwell, Flickr

4 Tips Kerja Kelompok Sukses

Tips Buat Kamu

Pernah enggak sih, kamu musti kerja kelompok sama temen yang nyebelin? Ada yang kerjaannya cuma ngatur-ngatur, ada yang dateng tapi entah pikirannya kemana, ada yang enggak paham-paham juga musti ngapain, ada yang cuma sibuk sama makanan, bahkan ada yang sibuk gosipan bukannya ngerjain tugas. Tahu yang lebih buruk? Saat ada temen yang sama sekali enggak muncul sedari awal sampai akhir – dilema gak, tuh?

Jadi apa aja sih yang harus dilakukan supaya tugas kelompok beres tanpa drama? Yuk simak tips kerja kelompok berikut ini.

 

1. Pilih Anggota Kelompok

Bila memungkinkan, pilihlah anggota kelompokmu. Jika tujuanmu adalah tugas kelompok beres atau presentasi lancar, maka yang kamu butuhkan adalah orang-orang yang dapat melengkapi kekuranganmu – mungkin seseorang yang pinter di kelas kalau kamu agak selow, yang mahir berbicara di depan kelas kalau kamu pendiam, dan seterusnya.

Meskipun kamu cocok ngobrol sama si A atau si X, belum tentu dia orang yang tepat untuk diajak kerja kelompok – karena kamu tahu dia suka menunda-nunda pekerjaan, barangkali. Demi kelancaran tugas, kesampingkan dulu preferensi perasaanmu.

 

2. Bisa Menyikapi Anggota Kelompok yang "Unik"

Lain lagi ceritanya kalau kamu tak bisa memilih anggota kelompok. Mau tak mau, kamu harus bisa bekerja dengan seluruh anggota kelompokmu. Mungkin kamu harus bertemu dengan orang yang enggak tahu sama sekali bagaimana caranya bikin Power Point, yang omdong, yang nunda-nunda pekerjaan sampai menit-menit terakhir, dan macem-macem lagi. Anggap saja kamu sedang berlatih bekerja dengan orang-orang "unik" ini.

Pinter-pinter menyikapinya aja. Kalau sama yang males, ya sering-sering aja diingetin. Kalau sama yang suka ngatur-ngatur, ya diajak omong baik-baik. Kalau sama yang suka nunda-nunda, kasih aja deadline lebih awal dari hari H. Dan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, bikin kesepakatan bersama diawal.

 

3. Bagi Tugas

Yang namanya kerja kelompok, tugasnya ya dikerjakan bareng-bareng. Kalau kerja mandiri, itu namanya bukan kerja kelompok. Betul, kan?

Sebab itulah, membagi tugas adalah sebuah keharusan. Usahakan masing-masing anggota mendapat tugas sesuai dengan keahliannya. Misalnya, si B lebih cepat menyusun Power Point, si Y lebih lancar bicara di depan kelas, mungkin kamu yang lebih mudah wira-wiri untuk photo copy, beli makanan ringan, atau yang lain karena ada kendaraan sendiri.

Bukan berarti anggota kelompok yang lain enggak membantu job desc masing-masing orang, ya! Kalau cuma si Y yang presentasi, apa anggota kelompok yang lain bisa dapat nilai bagus?

 

4. Atur Waktu Ketemuan

Supaya kerja kelompok bisa terlaksana, kalian semua harus punya jadwal untuk ketemu dan kerja. Membagi tugas bukan untuk mengerjakannya sendiri-sendiri, ya! Ibarat susunan puzzle, setiap anggota kelompok memegang sekeping puzzle. Artinya, kalian harus ketemu dan menyusun puzzle tersebut bareng-bareng.

Tak ada salahnya kalian bikin grup chat supaya komunikasi berjalan lancar. Toh, selesai kerja kelompok, grup chat-nya bisa dihapus.

Terakhir, yang paling penting adalah meningkatkan limit toleransimu. Bekerja bersama banyak orang dengan perbedaan karakter dan kemampuan bukan hal yang tanpa hambatan. Jadi, bersikaplah bijak untuk bertenggang rasa sembari menyelesaikan tugas.

Lebih masukan Blog

5 Cara Memanfaatkan Teknologi Untuk Belajar

Ngaku sebagai bagian dari generasi millennial? Salah satu ciri khas generasi ini adalah...

4 Alasan Kenapa Opsi SNMPTN Layak Dilirik

Kamu merasa tak punya peluang untuk ikut SNMPTN? Kenapa? Nilai rapormu naik turun seperti...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka