redesain-navbar Portlet

Blog

Tips Lolos SBMPTN , image via www.predictiveindex.com

4 Tips Lolos SBMPTN 2020

Memperbesar peluang lolos SBMPTN dapat dilakukan melalui beberapa langkah mudah.

SBMPTN 2020 masih jauh! Eitts, siapa bilang? Karena kita sibuk dengan jadwal sekolah dan berbagai aktivitas lain, tiba-tiba UTBK dan SBMPTN sudah didepan mata. Apalagi, Kemendikbud sudah merilis jadwal registrasi LTMPT. Berarti, SBMPTN sudah dekat, nih! Lantas, apa yang sudah disiapkan untuk menghadapinya, Sobat?

 

1. Jangan Cuma Diperbanyak Latihan Soal, Pahami Juga Konsepnya

Bukan rahasia lagi, latihan soal-soal ujian masuk PTN menjadi tugas mutlak yang harus kita kerjakan kalau ingin lolos SBMPTN. Soal-soal ujian dari tahun ketahun memiliki pola yang tak terlalu jauh berbeda. Semakin banyak kita bertemu soal latihan, semakin kenal pula kita pada pola yang sering muncul.

Sebaiknya berlatih soal dalam bentuk hard copy atau soft copy? Keduanya sama-sama berguna, bahkan kita dapat memilih salah satunya sesuai dengan keadaan. Misalnya membaca buku latihan soal kesannya terlalu aneh saat menunggu menu pesanan makanan disajikan, kita dapat menyimpan latihan soal dalam file dokumen di ponsel.

Selain belajar mandiri, latihan soal juga dapat dipelajari dengan berbagai cara lain seperti les privat atau mengikuti bimbel. Belajar mandiri memang lebih menantang karena kita harus mampu disiplin mengatur waktu belajar. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat khusus untuk berlatih soal ujian masuk PTN.

Kita juga harus mampu mencermati materinya. Pelajari dulu dari soal-soal yang mudah, baru kemudian beranjak pada soal-soal yang lebih sulit. Hal ini pun berlaku pada soal-soal latihan IPC bila kita memutuskan untuk lintas jurusan pada UTBK 2020.

 

2. Rajin Ikut Try Out dan Cermati Skor yang Diperoleh

Ingin tahu hasilnya belajar dan berlatih soal-soal ujian masuk PTN? Wajib mengikuti Try Out, Sobat. Selama lokasi dan jadwalnya masih terjangkau, usahakan untuk mengikuti setiap Try Out yang ada.

Ingin mengikuti Try Out tanpa terikat tempat dan waktu? Nah! Aplikasi Aku Pintar jawabannya. Kita bisa belajar soal-soal Try Out di manapun dan kapanpun berada – bahkan, saat di angkutan umum menuju sekolah, misalnya.

Selain mengakrabkan diri dengan soal-soal ujian, mengikuti Try Out juga diperlukan agar kita terbiasa dengan suasana ujian. Karena ujian masuk PTN bukan lagi ­paper-based sejak 2019, mengikuti Try Out yang computer-based dapat membantu kita mengakrabkan diri dengan suasana ujian berbasis komputer.

Yang tak kalah penting adalah hasil Try Out. Sudah seberapa dekat skor Try Out yang diperoleh dengan skor minimal yang lolos SBMPTN pada jurusan dan PTN yang kita targetkan?

 

3. Mencari Informasi Sedetail dan Sebanyak Mungkin tentang UTBK 2020

Sebelum benar-benar menghadapi ujian, kita perlu mengumpulkan informasi tentang UTBK. Pastinya, kita takkan bisa mengikuti SBMPTN tanpa lolos UTBK. Padahal, tak ada aturan yang mengharuskan UTBK setiap tahun pasti sama. Bahkan bisa jadi, ujian masuk PTN pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Misalnya saja, seperti telah disebutkan diatas, ada pilihan IPC pada UTBK 2020 bagi mereka yang ingin lintas jurusan. Sebagaimana telah kita ketahui, peserta UTBK 2019 yang lintas jurusan harus menempuh ujian dua kali. Nah, berbeda sekali bukan?

Selain jumlah ujian yang dapat kita ikuti, perbedaan antara UTBK pada tahun 2019 dan 2020 juga terletak pada jumlah sesi ujian. Jadwal registrasi, pendaftaran, pelaksanaan, hingga pengumuman UTBK 2020 juga berbeda dari tahun sebelumnya. Bahkan, sistematika penilaian ujian pada tahun 2018 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Cermati juga dokumen apa saja yang diperlukan, baik untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian. Jangan sampai teledor memastikan hal-hal detail seperti ini ya, Sobat. Sayang sekali bila kita tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian hanya karena ketinggalan kartu peserta, misalnya.

 

4. Pantau Peluang pada Jurusan dan PTN Incaran, Petakan Persaingan

Setelah UTBK usai, perjuangan belum usai. Sembari menunggu jadwal pendaftaran SBMPTN, kita dapat memanfaatkan waktu dengan melakukan riset kecil-kecilan. Apa yang diriset, Sobat?

Iya! Segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kita incar. Selain skor minimal yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, tak ada salahnya bila kita mencari tahu berapa banyak kuota mahasiswa baru yang tersedia, berapa jumlah peminat, dan berapa yang diterima.

Kalau perlu, kita dapat memetakan persaingan masuk PTN dengan lebih baik lagi – misalnya dengan melihat tren tiap tahun pada jurusan tertentu di suatu PTN. Dua jurusan pilihan teratas untuk SBMPTN layak mendapat prioritas riset kita ini, Sobat. Dan bila memungkinkan, atau sekedar ingin tahu, kita juga bisa membandingkan jurusan-jurusan di PTN lain.

Kekepoan ini sebenarnya cukup penting untuk melihat peluang kita lolos SBMPTN. Dengan pemetaan yang baik, kita dapat menimbang dimana posisi kita diantara para peserta SBMPTN lain. Siapa tahu, sambil menunggu masa pendaftaran SBMPTN, ternyata pilihan jurusan dan PTN berubah karena data pemetaan yang kita pegang tersebut.

 

Nah, sudah siap menghadapi SBMPTN 2020, Sobat? Sampai sejauh mana persiapanmu?

Lebih masukan Blog

Keperawatan: D3, D4, atau S1?

Hingga pertengahan tahun 2019 ini, permintaan pemerintah Jepang akan tenaga perawat dari...

Kuliah Teknik Kimia? Ini 6 PTN Rekomendasi Untukmu

Sosok Merlin diceritakan sebagai seorang penyihir dalam kisah Raja Arthur. Versi sosok...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka